KESEHATAN
17 Juli 2019

Pria Juga Perlu Mengonsumsi Asam Folat, Ini Alasannya!

Sama-sama harus memperbanyak konsumsi asam folat ya Moms!
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Asam folat adalah vitamin B kompleks yang memiliki fungsi penting dalam memproduksi sel-sel baru di tubuh.

Calon Ibu hamil dianjurkan untuk memperbanyak asupan asam folat agar mencegah risiko kecacatan pada otak dan saraf bayi. Dikutip dari Mother&Baby, Moms akan diminta mengonsumsi asam folat sebanyak 400 mikrogram per hari sejak saat menjalani program hamil hingga sepanjang trimester pertama.

Ternyata, selain penting bagi calon Ibu hamil, konsumsi asam folat yang cukup juga penting bagi calon Ayah. Maka, pria perlu mengonsumsi asam folat.

Pria Perlu Mengonsumsi Asam Folat

asam folat

Foto: pexel.com

Berdasarkan studi yang dilakukan oleh para ahli dari University of California di Berkeley, kelompok pria yang sehari-hari mengonsumsi asam folat lebih sedikit (dibandingkan kelompok pria lain), memiliki tingkat kromosom abnormal yang lebih tinggi pada sperma mereka.

Dikutip dari situs web The Independent, para peneliti menganalisis sampel sperma dari 89 pria dan mewawancarai mereka tentang asupan makan dan suplemen harian mereka. Pria yang mengonsumsi antara 722 dan 1.150 mikrogram asam folat memiliki penurunan risiko sperma abnormal sebesar 20-30 persen.

Baca Juga: Manfaat Makanan Sumber Asam Folat untuk Ibu Menyusui dan Bayi

Dengan demikian, pria perlu mengonsumsi asam folat untuk mencegah timbulnya abnormalitas pada sperma. Hasil studi para peneliti University of California tersebut telah diterbitkan di jurnal Human Reproduction.

Abnormalitas pada sperma dapat membahayakan kehamilan karena ketika sperma dengan kromosom abnormal membuahi sel telur, terdapat kemungkinan terjadi keguguran atau bayi akan terlahir cacat.

Dikutip dari situs web Parents, lebih dari separuh kejadian keguguran di trimester pertama disebabkan oleh adanya kromosom abnormal pada embrio.

Anjuran Pria Mengonsumsi Asam Folat

asam folat

Foto: conceptionkit.com

Anjuran pria perlu mengonsumsi asam folat sebenarnya sudah pernah dilakukan. Ini karena menurut Brenda Eskenazi, salah satu peneliti yang terlibat dalam studi tersebut, berbagai penelitian sebelumnya telah membuktikan bahwa asupan mikronutrien yang cukup oleh calon Ayah dapat meningkatkan kualitas sperma, sehingga memperbesar peluang keberhasilan pembuahan.

Baca Juga: Pentingnya Asam Folat Untuk Ibu Hamil

Eskenazi adalah dosen bidang Kesehatan Ibu dan Anak dan Epidemiologi, serta Direktur Pusat Kesehatan Lingkungan Anak di University of California di Berkeley. Ia juga mengungkapkan, “Penelitian ini adalah yang pertama menunjukkan bahwa pola makan calon Ayah turut berperan penting dalam pertumbuhan keturunan yang sehat.”

Walaupun pria perlu mengonsumsi asam folat, namun, bukan berarti mereka harus mengonsumsi suplemen asam folat seperti calon Ibu hamil.

Menurut Heidi Murkoff, penulis buku best-seller What to Expect when You’re Expecting, kebutuhan asam folat dapat dipenuhi dengan mengonsumsi sayuran berwarna hijau, gandum utuh, buah golongan sitrus, dan berbagai produk makanan yang telah diperkaya folat.

Artikel Terkait