3-12 BULAN
9 Oktober 2020

6 Produk Ini Harus Dimiliki Saat Bayi Pilek, Ini Dia, Moms!

Produk-produk ini harus ada di dalam rumah untuk menghadapi bayi yang terkena pilek
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Dina Vionetta

Memang, pilek akan menyerang bayi tanpa mengenal musim. Tapi saat cuaca mulai mendingin, bayi akan lebih rentan terkena pilek. Menurut data Centers for Disease Control and Prevention (CDC) Amerika, sejauh musim ini setidaknya ada 2,6 juta penyakit flu, 23.000 dirawat di rumah sakit dan 1.300 kematian akibat flu.

Menurut HealthyChildren, saat bayi pilek yang terbaik yang dapat Moms lakukan adalah membuat bayi nyaman dsmbil memastikan Si Kecil mendapat istirahat tambahan dan minum air atau cairan lain.

Jangan tergoda untuk memberi sembarang obat pada bayi. Sebuah penelitian Philadelphia 2007, yang diterbitkan dalam Journal of Forensic Science, melaporkan 16 kematian bayi selama enam tahun terkait dengan obat flu. Dan penelitian lain pada 2005 dari CDC menemukan lebih dari 1.500 bayi dan balita berada di UGD karena efek samping dari obat flu.

Henry Ukpeh, seorang dokter anak di Trail, BC, mengatakan untuk memperhatikan berapa lama pilek berlangsung.

"Pilek disebabkan oleh virus. Mereka biasanya terjadi selama lima hingga tujuh hari. Tetapi anak-anak dapat mulai dengan pilek dan berakhir dengan infeksi bakteri yang pasti membutuhkan perawatan. Jika gejala flu anak bertahan lebih dari 10 hari, pastikan untuk mengunjungi dokter," kata dia.

Produk untuk Bayi Pilek

Segera siapkan beberapa produk untuk bayi ini yang akan membantu Moms menangani pilek saat Si Kecil terlihat memiliki gejalanya.

Baca Juga: 6 Fakta Tentang Vaksin Influenza untuk Bayi, Wajib Tahu!

1. Humidifier

6 Produk Ini Harus Dimiliki Saat Bayi Pilek -1

Foto: Orami Photo Stock

Humidifier diperlukan agar menambah kelembapan pada kamar tidur, sehingga hidung bayi yang tersumbat akan lebih mudah bernapas. Menambahkan humidifier sebagai produk untuk bayi saat pilek akan membantu Si Kecil dan Moms agar tidak memiliki waktu tidur yang terganggu.

Moms juga bisa memilih aroma yang hangat namun menenangkan untuk dimasukkan ke dalam humidifier.

Baca Juga: Ini 4 Manfaat Humidifier untuk Bayi yang Penting Diketahui

2. Termometer

6 Produk Ini Harus Dimiliki Saat Bayi Pilek -2

Foto: Orami Photo Stock

Banyak tersedia berbagai jenis termometer untuk bayi. Ada yang bisa digunakan pada ketiak, kening, telinga, hingga dubur.

Meski pilek, Moms harus memantau suhu tubuhnya karena biasanya saat pilek, akan dibarengi suhu yang meningkat pada bayi.

Suhu dubur bayi lebih baik dalam hal akurasi, Moms bisa memilihnya jika masih memiliki newborn.

Baca Juga: Agar Pengukuran Suhu Akurat, Ketahui 4 Tips Membeli Termometer Ini

3. Salep Hangat

6 Produk Ini Harus Dimiliki Saat Bayi Pilek -3.jpg

Foto: Parenting.firtscry.com

Ratakan di dada, leher, atau punggung bayi sebagai cara alami untuk membuka saluran hidung yang pengap dan menenangkannya dengan aroma yang menyenangkan dan efek bahagia dari pijatan Moms. Pilek akan mereda dan tidurnya akan pulas.

Salep biasanya memiliki bentuk yang kecil, sehingga mudah dibawa kemana saja karena gejala pilek pada bayi bisa terjadi kapan pun. Salep akan menjadi produk untuk bayi saat pilek yang akan berguna di mana saja.

Baca Juga: 5 Tips Memilih Salep Eksim untuk Bayi, Sudah Tahu?

4. Tisu Basah

6 Produk Ini Harus Dimiliki Saat Bayi Pilek -4

Foto: Orami Photo Stock

Bayi akan kesulitan bernafas saat pilek. Tisu basah akan membantu Moms membersihkan lendir di hidung bayi agar Si Kecil tidak memiliki kotoran yang menutupi saluran pernafasannya.

Moms bisa memilih tisu berbahan lembut, serta tambahan alami lainnya seperti chamomile, lidah buaya, dan vitamin E yang juga akan menenangkan dan merawat kulit yang lembab dengan hati-hati.

Bersihkan hidung bayi dengann gerakan ke bawah untuk membantu menghilangkan lender dan kerak dari hidungnya.

Baca Juga: 3 Cara Cepat Atasi Hidung Bayi Tersumbat, Simak Yuk!

5. Vapor Baby Bath

6 Produk Ini Harus Dimiliki Saat Bayi Pilek -5

Foto: Orami Photo Stocks

Mandi air hangat sudah menjadi salah satu cara terbaik untuk menenangkan anak yang rewel dan sakit, tetapi dengan menambahkan vapor baby bath akan membantu menghilangkan pengap pada Si Kecil.

Pilih bath drop yang memiliki bahan dan aroma alami seperti kayu putih dan rosemary, serta formula non-alergenik yang tidak akan mengiritasi kulit sensitif pada bayi.

Baca Juga: Bagaimana Cara Merawat Kulit Bayi yang Mengelupas?

6. Tetes Hidung atau Semprotan

6 Produk Ini Harus Dimiliki Saat Bayi Pilek -6

Foto: Orami Photo Stock

Gunakan air garam (saline) sebagai tetes hidung. Gunakan 1 sampai 2 tetes di setiap lubang hidung atau semprotkan semprotan 1-2 kali lubang di setiap lubang hidung.

Ini akan mengeluarkan lendir yang tersumbat dari hidung dan akan membantu bayi bernafas. Moms akan menemukan bahwa ini bekerja paling baik ketika bayi berusia di bawah 6 bulan.

Simpan produk untuk bayi saat pilek ini dalam kotak P3K agar Moms mudah mencarinya.

Artikel Terkait