KEHAMILAN
10 Agustus 2020

Persiapan Program Hamil Anak Ketiga, Ini Hal yang Wajib Moms Ketahui

Seperti apa program hamil anak ketiga yang harus dijalani jika ingin cepat berhasil?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Serenata Kedang
Disunting oleh Dina Vionetta

Mom and Dad sedang ingin merencanakan program hamil anak ke-3? Sudah tahu apa yang perlu disiapkan?

Jangan salah ya Mom, meski sudah pernah program hamil anak ke-1 dan ke-2, rupanya program hamil anak ke-3 tetap berbeda dan perlu persiapan yang baik, lho.

Apa saja sih persiapan yang perlu dilakukan dan perbedaan program hamil anak ke-3?

Yuk simak persiapan yang harus dilakukan dan ketahui perbedaan hamil anak ke-3 dari yang sebelumnya.

Program Hamil Anak Ketiga

Program Hamil Anak Ketiga 2.jpg

Foto: freepik.com

Di luar Indonesia terutama Eropa, memiliki bayi ke-3 terkesan menyeramkan.

Namun, meski demikian memiliki tiga anak memiliki banyak manfaat, di antaranya ialah keluarga terlihat kompak dengan formasi berlima dan secara psikologis orang tua akan lebih merasa memiliki kemampuan dan ketangkasan yang cukup dalam menjadi orang tua.

Dilansir dari situs web Centers for Disease Control and Prevention, ada beberapa hal yang harus diperhatikan apabila Moms mau program hamil, yakni:

  1. Buat rencana yang matang dan laksanakan.
  2. Konsultasi dengan dokter terkait kondisi medis, gaya hidup, pengobatan, dan vaksin.
  3. Perbanyak konsumsi folic acid setiap hari (400 microgram).
  4. Berhenti konsumsi alkohol, merokok, dan menggunakan obat-obatan.
  5. Hindari lingkungan yang toxic.
  6. Raih dan kelola berat badan ideal.
  7. Jika mendapatkan kekerasan, segera cari pertolongan karena kekerasan akan berdampak buruk bagi kehamilan dan anak di masa depan.
  8. Pelajari sejarah dan silsilah keluarga Moms.
  9. Usahakan agar mental selalu sehat.
  10. Jalani kehamilan yang sehat seperti selalu mengunjungi dokter kandungan dan rutin konsumsi vitamin yang diberikan.

Nah, apabila Moms mau program hamil anak ketiga ini berjalan lancar, tentu ada beberapa kesalahan yang harus dihindari seperti hubungan intim yang kurang teratur, mengecek tanggal ovulasi, mengonsumsi gaya hidup sehat, dan tentu saja konsultasi ke dokter kandungan untuk hasil yang lebih maksimal.

Baca Juga: 10 Makanan Berserat Tinggi untuk Program Hamil

Persiapan Hamil Anak Ketiga

Walaupun Moms sudah pernah melahirkan anak kesatu dan kedua, namun kehamilan masing-masing anak tentu punya rintangannya tersendiri.

Nah, sebelum program hamil anak ketiga, pastikan dulu Moms dan Dads sudah mengambil keputusan dengan matang, ya.

Berikut persiapan hamil anak ketiga yang bisa diterapkan.

1. Pastikan Ini Keputusan Bersama

Program Hamil Anak Ketiga 2.jpg

Foto: freepik.com

Menambah anggota keluarga baru ke dalam keluarga tentu bukan keputusan yang mudah. Untuk itu, sebaiknya diskusikan lebih dulu dengan pasangan apabila Moms mau melaksanakan program hamil anak ketiga.

Sebab, saat lahir nanti, anak pun akan diurus bersama dengan pasangan. Sehingga, perlu persetujuan pula dari pasangan untuk memprogram kehamilan lagi.

Apabila memungkinkan, Moms juga bisa bertanya pada anak pertama dan kedua perihal keberadaan anak ketiga ini. Jangan sampai program hamil anak ketiga Moms malah membuat anak-anak lain jadi merasa resah dan tidak diinginkan.

2. Pastikan Kondisi Kesehatan Memungkinkan

Saat hamil anak pertama dan kedua mungkin usia Moms masih terbilang cukup muda. Namun, biasanya saat hamil anak ketiga, usia wanita sudah memasuki angka 30-an.

Melansir situs web University of Rochester Medical Center, hamil di atas usia 30-an memiliki beberapa risiko kesehatan seperti keguguran, cacat lahir, kembar, tekanan darah tinggi, diabetes gestasional, dan persalinan yang sulit.

Untuk itu, pastikan Moms sudah berkonsultasi lebih dulu dengan dokter perihal program hamil anak ketiga ini, ya.

Baca Juga: 5 Mitos Seputar Keguguran

3. Konsumsi Suplemen Prenatal

Program Hamil Anak Ketiga 3.jpg

Foto: freepik.com

Jennifer Wider, MD, penulis The New Mom's Survival Guide dan penasihat medis untuk Society for Women's Health Research mengatakan, “Setiap wanita yang berencana untuk hamil dalam tiga hingga enam bulan ke depan harus mulai mengonsumsi multivitamin setiap hari yang mengandung 400 mikrogram asam folat.”

Menurut situs web March of Dimes, mendapatkan cukup vitamin B dari asam folat pada saat sebelum dan di awal kehamilan dapat mengurangi cacat lahir otak dan tulang belakang hingga 70 persen.

Multivitamin ini sendiri umumnya dikemas berbarengan dengan nutrisi lain yang tak kalah pentingnya bagi kehamilan Moms, seperti zat besi untuk mencegah anemia dan kalsium untuk gigi dan tulang yang kuat.

Apabila Moms mau mengonsumsi asam folat dari bahan-bahan alami, Moms bisa mendapatkannya dari avokad, brokoli, sayuran hijau, jagung, wortel, dan buah-buahan sitrus.

4. Konsumsi Makanan Sehat

Salah satu persiapan hamil anak ketiga yang tak kalah pentingnya ialah mengonsumsi makanan sehat. Mendapatkan janin yang sehat tidak dimulai ketika kehamilan terjadi, melainkan dimulai sejak program hamil itu sendiri.

Mengonsumsi makanan sehat bisa membantu tubuh mempersiapkan kehamilan dengan memberi simpanan nutrisi yang cukup penting bagi janin seperti kalsium, protein tanpa lemak, biji-bijian, susu, dan sumber lemak sehat.

Menurut penelitian yang dilakukan European Journal of Pediatrics, beberapa nutrisi yang sangat penting dalam kehamilan ialah protein, lemak, karbohidrat, serat, zat besi, yodium, kalsium, vitamin, D, dan asam folat.

5. Kurangi Olahraga Berat

Program Hamil Anak Ketiga 4.jpg

Foto: freepik.com

Memang betul Moms, aktif berolahraga setiap hari memang bisa membantu tubuh dalam mempersiapkan kehamilan dan persalinan. Namun, terlalu banyak berolahraga atau melakukan olahraga berat malah dapat mengganggu ovulasi, lho.

Dr. Mary Ellen Pavone, ahli endokrinologi reproduksi dan spesialis infertilitas dan direktur medis program fertilisasi in-vitro di Departemen Kesuburan dan Kedokteran Reproduksi Northwestern Medicine di Chicago mengatakan, “Dokter banyak melihat gangguan menstruasi pada wanita yang berolahraga berat, dan seringkali wanita ini perlu mengurangi latihan jika ingin hamil.”

Baca Juga: Hati-hati! Ini 3 Risiko Jika Ibu Hamil Tidak Berolahraga

6. Waspadai Penurunan Kesuburan Terkait Usia

Seiring bertambahnya usia, kesuburan wanita akan menurun karena perubahan yang berhubungan dengan usia dalam ovarium yang menyebabkan penurunan jumlah dan kualitas sel telur.

Nah, dengan bertambahnya usia, ada juga peningkatan risiko beberapa masalah kesehatan, Moms. Misalnya fibroid rahim, endometriosis, atau penyumbatan tuba falopi yang berkontribusi pada hilangnya kesuburan.

Penurunan kesuburan juga secara bertahap dimulai pada usia 30-an, lalu lebih tajam setelah usia 37 dan di atas 40.

7. Tidak Stres

Program Hamil Anak Ketiga 5.jpg

Foto: freepik.com

Salah satu persiapan hamil anak ketiga yang tentunya tidak boleh dilupakan ialah jangan stres. Memiliki dua anak lain, mengurus rumah, dan pekerjaan mungkin akan menyita banyak waktu dan tenaga Moms.

Pastikan tetap menjaga kesehatan mental dan batin supaya hati senang dan kesuburan bisa tetap berjalan lancar, nih. Menurut jurnal penelitian berjudul The Secret to Happiness: Feeling Good or Feeling Right?, emosi kebahagiaan konsisten dengan nilai-nilai yang menunjukkan bahwa Moms merasa dihargai. Untuk itu, selalu kelilingi diri dengan lingkungan yang sehat dan positif ya, Moms.

8. Berhenti Konsumsi Alkohol, Merokok, dan Obat-obatan

Tidak hanya saat melakukan persiapan hamil anak ketiga saja, tetapi demi menjaga kesehatan tubuh, ada baiknya Moms berhenti konsumsi alkohol, merokok, dan obat-obatan terlarang.

Merokok bisa membuat janin dalam kandungan terkena bahan kimia berbahaya, membatasi aliran darah, dan bahkan dapat menyebabkan persalinan prematur.

Lalu, minum alkohol membuat bayi berisiko mengalami sindrom alkohol janin (FAS). Sedangkan menggunakan narkoba seperti jenis heroin, kokain, metamfetamin, marijuana, dan lainnya tidak hanya ilegal, tetapi juga dapat menyebabkan cacat lahir, keguguran, atau kelahiran mati.

Baca Juga: Tips Melakukan Program Hamil Jika Calon Ibu Pernah Memiliki Kebiasaan Merokok

Perbedaan Hamil Anak Ketiga

Setelah hamil anak pertama dan kedua, tentu kehamilan yang ketiga pun Moms akan merasakan perbedaan. Apa saja perbedaan hamil anak ketiga?

1. Sudah Lebih Siap Mental

Program Hamil Anak Ketiga 6.jpg

Foto: freepik.com

Moms sudah melewati masa kehamilan dan persalinan untuk anak pertama dan kedua. Tentu saja, untuk hamil ketiga ini Moms sudah jauh lebih siap mental. Sebab, Moms sudah tahu apa yang harus dan tidak boleh dilakukan.

2. Persiapan Perlengkapan Bayi Sudah Ada

Jika jarak kehamilan dekat-dekat, tentu pakaian bayi yang digunakan anak pertama dan kedua masih bagus ya, Moms? Nah, pada hamil anak ketiga, Moms sudah tidak perlu lagi membeli peralatan bayi. Sebab, peralatan bayi seperti pakaian, bedong, bak mandi, dan botol susu sudah ada di rumah.

3. Lebih Lelah

Program Hamil Anak Ketiga 7.jpg

Foto: freepik.com

Saat hamil anak ketiga, dalam waktu bersamaan Moms pun harus tetap mengurus anak pertama dan kedua di rumah. Tentu saja hal ini akan membuat fisik dan mental lebih mudah lelah. Maka, menjaga asupan makanan bergizi dan istirahat yang cukup merupakan kunci utama agar kehamilan ketiga tetap berjalan lancar.

Baca Juga: Cepat Lelah di Trimester Pertama Kehamilan, Ini yang Harus Moms Lakukan

4. Biaya yang Dikeluarkan Lebih Banyak

Kehamilan anak ketiga dibarengi pula dengan biaya sekolah atau perawatan anak pertama dan kedua. Tentu saja hal ini menjadi salah satu pertimbangan yang harus Moms diskusikan bersama pasangan sebelum program hamil anak ketiga, ya.

Jika dulu saat hamil anak pertama hanya membayar biaya satu anak saja, tetapi saat hamil anak ketiga, Moms pun harus mengeluarkan biaya untuk dua anak lainnya. Apakah Moms dan Dads sudah siap dengan hal ini?

5. Waktu Bersama Pasangan Akan Berkurang

Program Hamil Anak Ketiga 8.jpg

Foto: freepik.com

Ketika anak ketiga nanti lahir, tentu semua akan bergantung pada Moms. Jadi, jika biasanya Moms masih bisa mengobrol atau berdiskusi intim dengan Dads malam hari, hal-hal semacam ini akan sangat jarang terjadi lagi.

Apabila Moms mau keluar atau date night bersama pasangan, akan sangat sulit mencari pengganti yang bisa menjaga tiga anak dibandingkan menjaga satu atau dua anak saja.

Moms, itulah beberapa hal terkait program hamil anak ketiga yang patut diketahui. Berapa pun jumlah anak yang mau dimiliki, pastikan Moms dan Dads sudah mendiskusikannya lebih dahulu dan memang benar-benar mampu membiayai semua anak.

Prinsip “banyak anak banyak rezeki” merupakan ungkapan yang kurang tepat. Ada baiknya jumlah anak pun ditentukan dari berapa besar kemampuan Moms dan Dads untuk menghidupi mereka. Sebab, anak adalah titipan dan anugerah dari Tuhan yang harus dijaga sebaik mungkin, bukan diberikan beban harapan dan tanggungan sejak lahir.

Semoga berhasil ya, Moms!

Artikel Terkait