PROGRAM HAMIL
12 Agustus 2020

Program Hamil saat Pandemi, Perlukah Ditunda? Ini Kata Ahli!

Apakah harus ditunda atau boleh dilakukan?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Kehamilan adalah momen penting bagi para wanita yang penuh kegembiraan dan antisipasi dalam waktu yang bersamaan. Terlebih lagi di saat pandemi virus corona (COVID-19) masih menyerang banyak orang saat ini.

Bagi para ibu hamil, menghadapi wabah COVID-19 adalah hal yang menakutkan, menimbulkan banyak rasa gelisah, dan penuh ketidakpastian, sehingga lumayan mengaburkan saat bahagia ini dengan perasaan cemas.

Belum lagi, Centers for Disease Control and Prevention (CDC), baru-baru ini merilis data yang menunjukkan bahwa, pada 0,2 persen, tingkat kematian di antara wanita hamil dan tidak hamil dengan COVID-19 adalah sama.

Baca Juga: 5 Artis Hollywood yang Hamil saat Pandemi COVID-19

Terlepas dari kesamaan ini, ibu hamil yang menderita COVID-19, sebesar 5,4 kali kemungkinan untuk dirawat di rumah sakit, 1,5 kali dirawat di ICU, dan 1,7 kali mungkin menerima ventilasi mekanis.

Lalu bagaimana dengan Moms dan Dads yang berencana untuk mengikuti program hamil saat pandemi COVID-19 seperti sekarang ini? Perlukah dilanjutkan? Yuk kita simak penjelasannya, Moms.

Program Hamil saat Pandemi COVID-19

Program Hamil saat Pandemi

Foto: Orami Photo Stock

Perlu Moms ketahui, program hamil terbagi atas dua program, yaitu program sulit hamil dan tidak sulit hamil.

“Misalnya, pasangan ingin hamil setelah menikah atau ingin menambah jumlah anak, maka dapat melakukan program ini,” jelas dr. Bramundito, Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan RS Pondok Indah – Pondok Indah.

Menurut dr. Bramundito, untuk pasangan yang sulit hamil atau usia sudah mendekati 34 tahun sebaiknya jangan ditunda jika ingin mengikuti program hamil saat pandemi.

Namun untuk pasangan yang tidak sulit hamil, dan memang ingin hamil juga, tidak perlu ditunda selama kondisi masing-masing sehat dan tidak ada kontak dengan penderita COVID-19.

Menurutnya, yang terpenting adalah agar para pasangan tetap mengikuti protokol kesehatan yang dianjurkan dengan baik dan benar selama menjalani program hamil saat pandemi.

Baca Juga: Mengikuti Program Hamil Anak Perempuan, Ini Tips dan Rincian Biayanya

Menjaga Kesehatan Ibu Hamil saat Pandemi

Program Hamil saat Pandemi

Foto: Orami Photo Stock

Namun selama pandemi COVID-19 ini, Moms perlu menjaga kesehatan tubuh dengan lebih optimal lagi.

Menurut United Nations Population Fund, ibu hamil disarankan untuk melindungi diri dari infeksi COVID-19 dengan memakai masker wajah dan mencuci tangan secara teratur.

Selain itu, keharusan untuk tinggal di rumah dalam waktu yang lama, mungkin membuat sebagian ibu hamil mengalami sedikit stres. Namun Moms bisa menyalurkannya dengan beberapa cara berikut ini.

  • Banyak berkomunikasi dengan kerabat atau teman, meskipun tidak bisa bertemu langsung, Moms masih bisa menghubungi orang-orang terdekat melalui video call yang bisa dilakukan dengan mudah. Memiliki teman bicara untuk membagikan perasaan khawatir bisa membantu kita merasa lebih baik.
  • Periksa kandungan sesuai arahan, selama pandemi COVID-19 ini Moms mungkin tidak bisa sering memeriksakan kandungan seperti dulu lagi, namun dengan jadwal yang dipersingkat ini, Moms tidak boleh melewatkannya dan harus kontrol kandungan dengan rutin.
  • Makan makanan bergizi, tetap konsumsi makanan yang bergizi untuk ibu hamil. Bahkan jika Moms mau, juga bisa menambahkan bahan makanan yang mengandung zat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita.
  • Istirahat yang cukup, jangan terlalu memikirkan banyak hal. Beraktivitas di rumah bisa Moms manfaatkan untuk istirahat yang cukup. Saat untuk tidak mengerjakan banyak hal yang melelahkan.

Baca Juga: Tanda Kehamilan Bisa Dideteksi Lewat Payudara?

Itu dia Moms beberapa hal yang perlu Moms perhatikan jika berencana untuk mengikuti program hamil saat pandemi COVID-19. Tetap jaga kesehatan ya Moms!

Artikel Terkait