KESEHATAN
18 Juni 2020

Mall Kembali Dibuka, Ini 5 Prosedur Kesehatan yang Harus Moms Patuhi

Sedikitnya, ada 60 mall di DKI Jakarta yang sudah kembali beroperasi sejak 5 Juni 2020.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Lolita
Disunting oleh Dina Vionetta

Sesaat setelah New Normal diberlakukan, pusat perbelanjaan atau mall kembali dibuka. Kabar tersebut diberitahukan oleh Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) DPD DKI Jakarta, Ellen Hidayat, melalui rilis resminya. Sedikitnya, ada 60 mall di DKI Jakarta yang sudah kembali beroperasi sejak 5 Juni 2020.

Prosedur Kesehatan saat Berkunjung ke Mall

Meski mall telah dibuka untuk umum, namun Moms harus tetap waspada dan mengikuti protokol dan prosedur kesehatan agar aktivitas jalan-jalan di mall jadi lebih aman serta nyaman. Berikut lima prosedur kesehatan yang harus Moms patuhi saat akan ke mall.

Baca Juga: Ingin Mengajak Balita Belanja ke Mall? Yuk Simak Dulu 4 Tips Ini

1. Memakai Masker

perlengkapan wajib anak saat new normal-1masker.jpg

Foto: Orami Photo Stocks

Pastikan Moms dan keluarga selai memakai masker untuk mengurangi risiko penularan Covid-19. Mengingat, virus berbahaya tersebut bisa bertahan lebih lama di dalam ruangan sehingga risiko penularannya pun semakin tinggi.

Maka, Moms harus memakai masker kain 3 lapis untuk perlindungan ekstra. Menurut penelitian yang dipublikasikan oleh Research Gate berjudul Face Masks Against COVID-19: An Evidence Review, disebutkan bahwa pemakaian masker di ruang publik adalah cara paling efektif dalam menghentikan penyebaran virus bahkan ketika penyebarannya meningkat.

2. Social Distancing

cara menjaga kesehatan dari virus Corona-menjaga jarak.jpg

Foto: Orami Photo Stocks

Meskipun di dalam mall, Moms juga harus menjaga jarak dengan orang lain, minimal 1 meter. Tak terkecuali ketika Moms berbelanja dan membayar belanjaan di kasir. Pastikan untuk tidak terlalu dekat dengan orang lain tak terkecuali ketika mengantre di pintu masuk mall, agar tak terjangkit Covid-19.

Sebab, virus Corona paling banyak ditularkan melalui sentuhan dan percikan air liur. Sehingga, penting untuk menjaga jarak atau social distancing agar tak tertular.

Baca Juga: 5 Ide Kegiatan Akhir Pekan di Rumah di Era 'New Normal'

3. Pemeriksaan Suhu Tubuh

Beda Suhu Basal Tubuh Saat Masa Subur, Ovulasi, dan Awal Kehamilan 2

Foto: Orami Photo Stocks

Kini, hampir semua mall dan pusat perbelanjaan menerapkan pemeriksaan suhu tubuh dengan termometer tembak atau scanner.

Jika terdeteksi suhu badan Moms dan keluarga lebih dari 37,5 derajat Celcius maka petugas tidak mengizinkan Moms masuk. Sebab, mereka yang terinfeksi virus Corona ditandai dengan demam.

Sehingga untuk mengantisipasi hal itu, petugas memberikan batasan suhu tubuh yakni hingga 37,5 derajat Celcius untuk keamanan pengunjung lainnya.

4. Penyemprotan Disinfektan

Ketahui Cara Membuat Disinfektan dari Produk Pembersih Rumah Tangga Berikut Ini.jpg

Foto: Orami Photo Stocks

Petugas mall akan melakukan penyemprotan desinfektan secara berkala untuk membunuh virus Corona dan mensterilkan mall dari penyebaran Covid-19. Hal ini dilakukan untuk menjaga kesehatan pengunjung mall.

Baca Juga:Moms, Waspadai 4 Area Di Mall Yang Berbahaya Untuk Balita

5. Tidak Makan di Tempat

artikel_HERO 3 Restoran dengan Kelas Memasak Anak yang Patut Disambangi Kala Liburan.jpg

Foto: Orami Photo Stocks

Biasanya saat ke mall, tak ketinggalan untuk menyantap makan siang di restoran yang disediakan di mall atau foodcourt. Namun, di tengah pandemi penyebaran Covid-19 ini, tentu tidaklah bijak jika Moms mengajak keluarga untuk makan di mall.

Sebab, risiko berdesakan dengan pengunjung lain serta penularan melalui alat makan akan membahayakan kesehatan Moms dan keluarga.

Ada baiknya jika Moms tidak makan di tempat dan memilih untuk take away atau membungkus makanan tersebut dan menyantapnya di rumah. Tentu cara ini lebih aman dan terbebas dari Covid-19.

Itulah lima prosedur yang harus Moms patuhi ketika berkunjung ke mall. Jangan lupa untuk bergegas mencuci baju dan membersihkan diri sepulang dari mall, agar virus dan kuman tidak mengontaminasi perabotan rumah lainnya. Selain itu, selalu bawa hand sanitizer dan tisu basah untuk perlindungan ekstra di luar rumah.

Artikel Terkait