SELEBRITI
3 Desember 2019

Pakai Adat Sunda, Begini Prosesi Pernikahan Citra Kirana dan Rezky Adhitya

Seru dan penuh makna lho Moms

Sumber: instagram.com/citraciki

Artikel ditulis oleh Teti
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Menikah di Padalarang pada 1 Desember 2019, Citra Kirana dan Rezky Adhitya melakukan upacara pernikahan dengan adat Sunda yang kental. Perempuan berusia 25 tahun itu memang diketahui memiliki darah Sunda yang kental. Apalagi Ciki juga lahir di Bogor.

Menggunakan kebaya dan juga mahkota pernikahan khas Sunda, mau tahu bagaimana rangkaian pernikahan Ciki dan Rezky? Yuk Moms simak bersama potret keduanya!

Baca Juga: Selain Citra Kirana dan Rezky Adhitya, Ini 5 Pasangan Artis yang Pacaran Kilat dan Langsung Menikah

1. Sungkeman

cikisungkeman.jpg

Foto: Instagram.com/citraciki

Sungkmenan memang menjadi salah satu prosesi yang dilalui semua pasangan pengantin dalam adat istiadat Indonesia, tidak terkecuali Sunda. Ciki dan Rezky juga melakukan sungkem kepada kedua orang tua mereka.

Menurut Ciki, momen ini menjadi momen yang paling sedih karena dirinya yang meminta maaf kepada kedua orang tuanya. Semenjak memulai prosesi akad nikah, Ciki memang berusaha sekuat tenaga untuk menahan tangis. Sayangnya, kala sungkeman, dirinya sudah tidak lagi bisa membendung air matanya tersebut.

Selain itu, saat sungkeman, Ciki sempat berbisik kepada sang mama. “Maah...jangan nangiss yaaa nanti makeup nya luntur,” tulis Ciki di Instagram-nya.

2. Saweran

cikisaweran.jpg

Foto: instagram.com/citraciki

Pada prosesi ini, kedua mempelai akan dihujani dengan uang dan uang tersebut boleh diambil oleh semua tamu yang hadir. Menurut Ciki, momen ini menjadi momen yang paling seru. Apalagi banyak tamu, teman, serta saudara-saudara Ciki yang hadir segera maju saat prosesi ini.

Apalagi Ciki merupakan anak bungsu, sehingga ada tambahan uang dari kakak-kakak, om, dan juga tante. Acara ini juga makin seru karena ada adu pantun yang berisi nasehat kepada pengantin baru.

Baca Juga: 7 Fakta Pernikahan Citra Kirana dan Rezky Adhitya

3. Meleum Harupat

cikimeleum.jpg

Foto: Instagram.com/citraciki

Pada prosesi ini, Ciki dan Rezky bergantian menyalakan dan mematikan api. Saat Ciki yang menyalakan api, maka Rezky yang meniup, dan begitu pun sebaliknya.

Prosesi ini sarat makna, karena melambangkan saling mengisi. Saat Ciki tengah dilanda kemarahan, maka tugas Rezky lah untuk memadamkannya begitu pula sebaliknya.

4. Nincak Endog

cikinincak.jpg

Foto: instagram.com/citraciki

Nincak Endog akan dilakukan setelah kedua mempelai melakukan akad nikah. Nincak endog ini melambangkan kemampuan mempelai laki laki untuk memberikan keturunan bagi generasi keluarga. Usai Rezky menginjak telur, maka akan dibersihkan oleh Ciki.

Baca Juga: Kisah Cinta Rezky Aditya dan Citra Kirana, Sempat Ditentang Keluarga!

5. Adat yang Cantik

cikiarak.jpg

Foto: instagram.com/citraciki

Zaman sekarang, banyak anak muda yang tidak mau melakukan pernikahan dengan adat karena dianggap terlalu panjang dan melelahkan. Namun, bagi Ciki hal ini sangat indah dan penuh haru.

Hingga saat ini, Ciki merasa hal tersebut tidak menyangka sudah melalui semua proses tersebut, karena membuat gugup namun sangat membahagiakan.

Seru sekali ya menjalani prosesi adat yang dijalani Ciki dan Rezky. Sekali lahi, selamat menempuh hidup baru ya!

(TPW)

Artikel Terkait