KESEHATAN
14 Juli 2020

4 Protokol Kesehatan saat Membeli Makanan Pesan Antar, Wajib Tahu!

Membeli makanan secara online tetap memiliki risiko penularan COVID-19.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Lolita
Disunting oleh Dina Vionetta

Membeli makanan secara online dan menggunakan sistem pesan antar menjadi salah satu kebiasaan yang kian banyak diterapkan oleh masyarakat terutama di tengah pandemi COVID-19.

Selain praktis, membeli makanan lewat online juga dirasa mudah dan cepat. Meski begitu, membeli makanan secara online tetap memiliki risiko penularan COVID-19.

Terlebih kini COVID-19 bisa menyebar lewat orang tanpa gejala (OTG) sehingga Moms tetap harus waspada.

Baca Juga: Jangan Panik, Mayoritas Kasus Virus Corona COVID-19 Ringan dan Bisa Disembuhkan

Protokol Kesehatan saat Membeli Makanan secara Online

Anjuran untuk menjaga jarak dan berdiam diri di rumah membuat sebagian masyarakat merasa was-was dan memilih menggunakan jasa layanan pesan antar makanan online sebagai salah satu cara menghindari COVID-19.

Meski begitu, ada beberapa protokol kesehatan yang harus dipatuhi ketika memesan makanan secara online agar terbebas dari COVID-19.

1. Menghindari Kontak Langsung dengan Pengirim Makanan

xx Protokol Kesehatan saat Membeli Makanan Lewat Delivery

Foto: Orami Photo Stocks

Dr. Simone Wildes, seorang spesialis penyakit menular, meminta masyarakat untuk menghindari kontak langsung dengan pengirim makanan sebagai langkah pencegahan COVID-19.

Mintalah kepada petugas pengirim makanan untuk meninggalkan pesanan di luar pagar dan tidak boleh berbincang dengan pengirim karena COVID-19 bisa menular melalui percikan air liur.

Setelah pesanan diletakkan di luar pagar, Moms bisa lebih aman dan leluasa untuk mengambil makanan.

2. Membuang Bungkus Makanan dan Pindahkan ke Wadah Steril

xx Protokol Kesehatan saat Membeli Makanan Lewat Delivery

Foto: Orami Photo Stocks

Segera setelah membawa makanan ke dalam rumah, buang pembungkus makanan dan ganti dengan piring bersih.

Tak ada aturan bagaimana membuang wadah makanan ketika memesan makanan melalui online, namun yang segera memindahkan makanan ke wadah yang lebih bersih adalah cara tepat agar terhindar dari COVID-19.

Sebab, sama seperti virus lainnya, COVID-19 juga bisa bertahan hidup di permukaan benda, sehingga penting untuk menjaga makanan tetap bersih dan higienis.

Moms juga bisa mengikuti aturan menyantap makanan yang dipesan secara online oleh Pusat Kontrol dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat CDC yakni dengan mendiamkan makanan selama 2 jam dan tidak berbagi peralatan makanan dan minum dengan penghuni rumah lainnya.

Baca Juga: 5 Tips Cerdas Belanja Online untuk Mama

3. Cuci Tangan Sesegera Mungkin

xx Protokol Kesehatan saat Membeli Makanan Lewat Delivery

Foto: Orami Photo Stocks

Setelah membuang wadah makanan dan memindahkan makanan ke wadah yang lebih higienis, langkah berikutnya ialah hindari menyentuh area wajah dan pastikan mencuci tangan selama 20 detik menggunakan sabun.

Meskipun hingga kini belum ada bukti bahwa COVID-19 menular melalui makanan, tapi menurut Leana Wen, seorang profesor kesehatan masyarakat di George Washington University menyebut bahwa virus dapat bertahan hidup pada media yang disentuh orang yang terinfeksi COVID-19.

Dalam hal ini media tersebut adalah wadah dan peralatan yang digunakan saat mengantar makanan. Oleh sebab itu, penting untuk mencuci tangan sebelum dan sesudah menyentuh barang-barang tersebut.

Baca Juga: Jangan Salah Langkah, Ini Cara Mencuci Tangan yang Benar

4. Memanaskan Makanan

xx Protokol Kesehatan saat Membeli Makanan Lewat Delivery

Foto: Orami Photo Stocks

Menurut penelitian yang dilakukan oleh University of Florida berjudul Microwave oven can sterilize sponges, scrub pada tahun 2007 menyebut bahwa memanaskan makanan ke dalam microwave selama 2 menit mampu membunuh 99% patogen dan bakteri.

Selain dengan microwave, memanggang atau memanaskan makanan secara tradisional dengan tungku juga bisa membunuh bakteri jahat yang berbahaya untuk tubuh.

Meski demikian, hingga kini belum ada bukti bahwa memanaskan makanan bisa membunuh COVID-19. Namun, cara ini bisa digunakan sebagai langkah pencegahan, Moms.

Itulah empat tips protokol kesehatan yang harus dilakukan ketika membeli makanan secara online. Jangan lupa untuk selalu menerapkan protokol kesehatan di manapun berada ya, Moms agar terhindar dari COVID-19.

Artikel Terkait