NEWBORN
15 Maret 2019

Punya Bayi Prematur, Begini Perkembangannya di Usia 2-3 bulan

Harus disesuaikan dengan usia sebenarnya
Artikel ditulis oleh Andra Nur Oktaviani
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Kebanyakan orang tua selalu mengkhawatirkan tumbuh kembang buah hatinya, tidak terkecuali perkembangan bayi prematur. Karena bayi prematur sangat rentan menghadapi berbagai risiko kesehatan yang lebih besar, Moms mungkin juga akan lebih khawatir dengan tumbuh kembangnya.

Dikutip dari Webmd.com, Laurel Bear, MD, seorang dokter anak di Rumah Sakit Anak Wisconsin, mengatakan bahwa bayi prematur sebenarnya memiliki milestone yang sama seperti bayi yang lahir cukup bulan.

Hanya saja untuk dapat mengetahui apa yang seharusnya sudah bisa dilakukan bayi prematur dan kapan, sangat penting untuk melihat usia sesungguhnya.

Sederhananya, jika saat ini Si Kecil berusia 16-24 minggu (dihitung sejak tanggal kelahirannya) dan lahir lebih awal pada usia kehamilan 36-37 minggu, maka usia Si Kecil sebenarnya adalah 8-12 minggu. Ini berarti Moms harus merujuk pada patokan milestone yang tercantum di bawah ini.

1. Perkembangan Motorik

perkembangan bayi prematur usia 2 3 bulan 1

foto: happiestbaby.com

Berdasarkan penduan American Academy of Pediatrics (AAP), bayi prematur dengan usia sebenarnya 2 bulan sudah mampu menggerakkan tangan dan kakinya secara aktif. Selain itu, tangannya juga mulai lebih sering terbuka (tidak mengepal serta belajar menggenggam benda.

Pada usia ini, layaknya bayi cukup bulan yang berusia 2 bulan, bayi prematur juga mulai sering mengangkat kepala dan dadanya saat tengkurap. Tentu saja hanya dalam waktu yang sebentar dan masih membutuhkan dukungan dari Moms.

Baca Juga: Kelahiran Prematur, Apakah Penyebabnya?

2. Perkembangan Bahasa dan Komunikasi

perkembangan bayi prematur usia 2 3 bulan 2

foto: momjunctioncom

Bayi prematur juga sudah bisa mengenali suara dan senyum orang tuanya pada usia 2 bulan. Ia akan menoleh atau melihat ke arah sumber suara, ketika Moms, Dads, atau pengasuhnya berbicara.

Ia juga akan menunjukkan tangisan yang berbeda-beda untuk setiap kebutuhan dan membuat suara-suara lucu untuk berkomunikasi dengan Moms.

3. Perkembangan Kemampuan Sosial dan Emosional

perkembangan bayi prematur usia 2 3 bulan 3

foto: coloradocft.com

Di usia 16-24 minggu setelah lahir (2-3 bulan usia sebenarnya), bayi akan mampu mengenali orang tuanya. Bahkan di usia ini Si Kecil mungkin tampak lebih lengket dengan Moms dan Dads. Ia akan tersenyum saat Moms atau Dads mengajaknya bermain.

Baca Juga: 9 Fakta Penyebab dan Risiko yang Terjadi Pada Bayi Prematur

4. Aktivitas Bayi Prematur Usia 2-3 Bulan (usia sebenarnya)

perkembangan bayi prematur usia 2 3 bulan 4

foto: momsmilkboutique.com

Beberapa aktivitas yang mulai ditunjukkan Si Kecil termasuk melihat dan memperhatikan seseorang atau objek di sekitarnya, meraih dan menggenggam mainan, memasukkan mainan ke dalam mulutnya, serta lebih sering menggerakkan tangan dan kakinya saat ia bersemangat.

Meskipun setelah disesuaikan dengan usia sebenarnya, penting untuk Moms ingat bahwa tidak semua perkembangan bayi prematur itu sama. Setiap bayi pasti akan mencapai milestone pada waktunya masing-masing.

Sebagaimana yang disampaikan oleh Martha Caprio, MD, assoiate professor di NYU Langone Medical Center. Apalagi bayi prematur membutuhkan dukungan ekstra karena lahir dalam kondisi yang belum sepenuhnya berkembang.

Jadi, berapa usia Si Kecil sekarang? Perkembangan bayi prematur pada tahap apa yang sudah mulai ditunjukkan Si Kecil? Share yuk Moms!

(RGW)

Artikel Terkait