KEHAMILAN
15 Mei 2020

Punya PCOS, Jangan Lakukan Ini Jika Ingin Cepat Hamil

Jangan stres dan putus asa ya, Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Reksita
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Polycystic ovary syndrome (PCOS) adalah masalah kesehatan yang sering kali menyerang wanita usia subur. Wanita dengan PCOS memiliki masalah ketidakseimbangan hormon dan metabolisme yang dapat memengaruhi kesehatan dan penampilan mereka secara keseluruhan.

Wanita dengan PCOS juga memiliki risiko sulit hamil hingga mengalami infertilitas. Namun, bukan berarti mereka tidak bisa hamil. Berikut beberapa hal yang sebaiknya tidak dilakukan jika pasien PCOS ingin cepat hamil.

1. Jangan Mengabaikan Pola Makan dan Gaya Hidup Sehat

Punya PCOS, Jangan Lakukan Ini Jika Ingin Cepat Hamil 1

Foto: pexels.com

“Wanita dengan PCOS sangat perlu mengatur siklus ovulasinya. Dalam banyak kasus, itu dapat dilakukan dengan pola makan sehat dan olahraga,” jelas Elizabeth Fino, MD, spesialis endokrinologi reproduksi dan infertilitas di NYU Langone Fertility Center, seperti dikutip dari situs Health.

Mengingat gejala PCOS dapat meliputi kelebihan berat badan, Dr. Fino mengatakan bahwa pola makan dengan gizi seimbang yang berfokus pada protein, lemak sehat (minyak zaitun, alpukat, dan kacang-kacangan), sayuran, serta biji-bijian utuh bisa menjadi cara yang efektif untuk mengelola kondisi tersebut.

“Usahakan berolahraga dengan intensitas sedang sekitar 30 menit selama tiga hingga lima kali seminggu. Tetapi berhati-hatilah agar tidak melakukannya secara berlebihan,” kata Dr. Fino.

Sebuah studi yang diterbitkan di jurnal Reproductive Biology and Endocrinology menemukan bahwa wanita dengan PCOS yang menjalani gaya hidup sehat memiliki siklus menstruasi yang lebih teratur, yang semakin memperbesar peluang kehamilan.

Baca Juga: Begini 7 Cara Alami Cepat Hamil Jika Menderita PCOS

2. Usahakan Untuk Tidak Menggunakan Pil Kontrasepsi

Punya PCOS, Jangan Lakukan Ini Jika Ingin Cepat Hamil 2

Foto: pexels.com

Kebanyakan dokter cenderung menyarankan agar pasien PCOS mengonsumsi pil kontrasepsi untuk menekan produksi androgen yang berlebihan. Namun, di sisi lain pil kontrasepsi juga menghambat ovulasi. Sehingga banyak ahli yang berpendapat bahwa pil kontrasepsi seharusnya tidak dikonsumsi jika pasien PCOS ingin cepat hamil.

Bahkan sebuah penelitian dalam The Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism menunjukkan bahwa mengonsumsi pil kontrasepsi selama 4 bulan sebagai perawatan kesuburan sebenarnya lebih banyak memberikan dampak negatif, dibandingkan dengan dampak positifnya.

Para peneliti mengungkapkan bahwa pil kontrasepsi bukan hanya menghambat ovulasi, tetapi juga memperburuk kesehatan metabolisme dan berpotensi merusak kesuburan.

“Memang sangatlah penting bagi semua wanita dengan PCOS untuk menggunakan kontrasepsi hormonal ketika tidak sedang mencoba hamil. Tetapi mereka perlu berkonsultasi dengan dokter mengenai pilihan pengobatan terbaik untuk membantu mereka berovulasi jika mereka ingin hamil,” kata Kara Ehlers, MD, spesialis endokrinologi reproduksi dan infertilitas di Vios Fertility Institute, seperti dikutip dari Bustle.

Baca Juga: Lakukan Hal Ini Jika Penderita PCOS Ingin Hamil

3. Jangan Terlalu Stres

Punya PCOS, Jangan Lakukan Ini Jika Ingin Cepat Hamil 3

Foto: pexels.com

Bagi setiap wanita yang ingin hamil, baik pasien PCOS ataupun bukan, kortisol adalah musuh berat yang sangat perlu untuk dicegah dan dihindari.

Stres telah terbukti meningkatkan risiko infertilitas pada wanita hingga dua kali lipat, menurut sebuah penelitian dalam jurnal Human Reproduction. Bahkan risiko tersebut dapat semakin meningkat jika stres disertai dengan kebiasaan seperti mengonsumsi alkohol, kafein dan merokok.

4. Jangan Mengabaikan Pentingnya Konsultasi Dengan Spesialis

Punya PCOS, Jangan Lakukan Ini Jika Ingin Cepat Hamil 4

Foto: pexels.com

Mengutip VeryWell Health, karena perubahan hormon yang kompleks, wanita dengan PCOS harus berkonsultasi dengan para ahli yang terlatih dalam bidang terkait. Saat ini ada banyak pilihan perawatan yang tersedia dan dapat membantu pasien untuk mengelola gejala serta mencegah terjadinya komplikasi, termasuk perawatan bagi pasien PCOS yang ingin bisa hamil.

Adapun pilihan spesialis yang tepat bagi pasien PCOS adalah spesialis endokrinologi atau ahli endokrinologi reproduksi. Namun, bergantung pada gejala dan tujuan perawatan, mungkin diperlukan pula konsultasi dengan ahli gizi atau spesialis kesehatan mental (jika PCOS disertai gangguan mood seperti kecemasan atau depresi).

Baca Juga: Ini Tips Cepat Hamil untuk Penderita PCOS, Catat!

5. Jangan Putus Asa, Peluang Itu Masih Ada

Punya PCOS, Jangan Lakukan Ini Jika Ingin Cepat Hamil 5

Foto: pexels.com

Beberapa dokter memang sering kali mengatakan bahwa peluang untuk bisa hamil bagi wanita dengan PCOS sangatlah kecil. Tetapi, bukan berarti itu tidak bisa terjadi.

“Banyak wanita dengan PCOS mengalami kesulitan hamil, tetapi anggapan bahwa mereka tidak bisa hamil hanyalah mitos,” kata Dr. Ehlers. “Bagi sebagian besar pasien PCOS, satu-satunya alasan mereka sulit hamil adalah karena mereka tidak berovulasi setiap bulan. Tetapi ada beberapa obat yang tersedia untuk membantu pasien PCOS berovulasi.”

Dr. Ehlers menambahkan bahwa sebagian besar pasien PCOS akan dapat hamil cukup dengan menggunakan obat-obatan oral. Namun, jika tidak kunjung berhasil, obat-obatan tersebut dapat dikombinasikan dengan inseminasi intrauterin (IUI) atau in vitro fertilization (IVF).

Ketika pasien PCOS ingin cepat hamil, jalan yang ditempuh memang tidak mudah. Tetapi faktanya telah banyak kisah dari wanita dengan PCOS lainnya yang berhasil hamil dan melahirkan setelah menjalani perawatan yang sesuai.

Jadi, sudahkah Moms menjalani perawatan sebagaimana yang disarankan oleh dokter?

Artikel Terkait