RUPA-RUPA
30 April 2020

6 Landmark dan Pusat Keramaian di Indonesia yang Sepi Karena Covid-19

Bagaimana penampakan tempat-tempat ini?
placeholder

Foto: liputan6.com

placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Indonesia terkenal dengan destinasi wisatanya yang selalu ramai pengunjung, terlebih lagi menjelang Idul Fitri seperti ini. Sayangnya di tengan pandemi virus corona (COVID-19) ini, semuanya tampak sepi.

Kebijakan social distancing, PSBB, dan WFH yang dianjurkan oleh pemerintah terkait dengan penyebarang COVID-19, membuat banyak orang tidak berani beranjak dari rumah, apalagi mengunjungi tempat-tempat umum.

Baca Juga: Menkes Tetapkan Status PSBB di DKI Jakarta, Ini Perbedaan PSBB dan Lockdown

Semuanya memilih untuk beraktivitas di rumah saja, sampai penyebaran COVID-19 di Indonesia mulai menurun bahkan selesai. Jika tidak, kemungkinan infeksi masih sangat besar.

Bahkan Indonesia yang biasanya ramai akan wisatawan asing pun mulai sepi pengunjung, karena larangan kunjungan dari negara-negara yang terdampak COVID-19. Moms penasaran tempat wisata mana di Indonesia yang sepi?

Landmark atau Tempat Wisata Indonesia yang Sepi

Mana saja landmark dan tempat ramai di Indonesia yang sepi? Yuk, kita cari tahu.

1. Kota Tua

tempat wisata Indonesia yang sepi

Foto: TribunJakarta/Elga Hikari Putra

Moms yang tinggal di Jakarta pasti sudah tidak asing dengan Kota Tua, salah satu ikon kota Jakarta ini tidak pernah sepi, bahkan di hari biasa sekalipun. Namun akibat pandemi COVID-19, salah satu tempat wisata di Indonesia ini terlihat lenggang dan sepi.

Tempat ini sepi usai Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menutup sejumlah kawasan wisata yang ramai dikunjungi untuk mencegah penularan COVID-19 yang telah masuk ke Indonesia sejak 16 Maret lalu.

2. Monas

tempat wisata Indonesia yang sepi

Foto: ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Monas merupakan salah satu tempat wisata di Jakarta yang biasanya ramai dikunjungi wisatawan, Namun kini Monas terlihat sepi dari hiruk pikuk keramaian. Tentu ini menjadi perbedaan yang amat mencolok.

Monas merupakan salah satu kawasan wisata Indonesia yang ditutup oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan menjadi tempat wisata Indonesia yang sepi selama pandemi corona ini.

Baca Juga: 6 Aktivitas di Dalam Rumah Saat Pandemi Corona, Anti Bosan!

3. Jalan Asia Afrika, Bandung

tempat wisata Indonesia yang sepi

Foto: ANTARA FOTO/Agung Rajasa

Siapa yang tidak kenal Kota Bandung? Kota Kembang yang selalu menjadi tujuan para wisatawan di akhir pekan. Bahkan dulu jalanan di Bandung selalu padat akan kendaraan yang sedang menikmati liburan, misalnya Jalan Asia Afrika yang terkenal.

Sayang, sejak pandemi virus corona mewabah, salah satu landmark populer di Kota Bandung ini, kini terlihat sangat sepi, tak ada lagi wisatawan yang berkunjung atau bersantai untuk menikmati liburan.

4. Malioboro, Yogyakarta

tempat wisata Indonesia yang sepi

Foto: liputan6.com

Malioboro sebagai tempat wisata Indonesia di Yogyakarta pun terlihat sepi. Tidak ada lagi para penjual yang menjajakan jualannya disepanjang jalan. Tidak ada lagi batik-batik bagus yang minta untuk dibeli, semuanya terlihat sepi.

Mengutip Liputan 6, Malioboro dikatakan sepi sejak masa tanggap darurat Covid-19 di Yogyakarta. Walaupun Malioboro sepi namun tetap terjaga kenyamanan, keamanan dan kebersihannya.

5. Kota Lama Semarang

kota lama semarang

Foto: Liputan6.com

Hal yang sama pun terjadi di Kota Lama Semarang, di mana Kawasan Kota Lama Semarang merupakan kompleks bangunan lama peninggalan Belanda yang biasanya ramai pengunjung.

Di sini pengunjung biasa akan menemukan banyak sekali bangunan-bangunan tua bersejarah yang masih berdiri kokoh. Inilah daya tariknya.

Baca Juga: 5 Kegiatan Akhir Pekan di Rumah Selama Pandemi COVID-19

Namun, sejak Pemerintah Kota Semarang menerapkan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PKM) non PSBB, salah satu tempat wisata populer itu kini tampak sepi dari aktivitas wisatawan.

6. Jam Gadang, Bukittinggi, Sumatera Barat

tempat wisata Indonesia yang sepi

Foto: Kumparan/Helmi Afandi

Moms yang pernah mengunjungi Sumatera Barat, pasti mampir ke salah satu landmark sekaligus tempat wisata di Bukittinggi ini. Jam gadang adalah kawasan yang selalu ramai saat akhir pekan tiba.

Pelataran selalu dipadati pengunjung untuk berfoto atau sekadar duduk santai di depan Jam Gadang. Namun landmark yang populer ini kini tampak sepi.

Itu dia Moms beberapa tempat di Indonesia yang sepi sebagai dampak dari COVID-19. Kita doakan semuanya bisa kembali seperti semula ya.

Artikel Terkait