COVID-19
14 Agustus 2020

Uji Vaksin COVID-19 Akan Dilakukan di 4 Puskesmas Bandung Ini

Keempat Puskesmas ini dipilih karena telah berpengalaman menangani berbagai uji klinis
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Lolita
Disunting oleh Amelia Puteri

Uji klinis vaksin corona yakni vaksin Sinovac mulai diselenggarakan sejak Selasa (11/8/2020) di Bandung, Jawa Barat.

Uji klinis ini direncanakan berjalan selama 6 bulan dan ditargetkan selesai pada bulan Januari 2021. Jika uji klinis tahap 3 ini berhasil, maka Bio Farma akan memproduksi vaksin Sinovac pada 2021 mendatang.

Lalu, di mana saja pengujian vaksin COVID-19 di Puskesmas Bandung ini dilakukan? Cari tahu lebih lanjut informasinya berikut ini, Moms.

Baca Juga: 5 Fakta Vaksin COVID-19 Sinovac yang Baru Datang ke Indonesia

Uji Vaksin COVID-19 di Puskesmas Bandung

xx puskesmas di bandung yang lakukan vaksin corona

Foto: Orami Photo Stock

Ada enam lokasi yang dijadikan tempat uji klinis fase 3 vaksin corona, dua di antaranya Rumah Sakit Pendidikan (RSP) Unpad dan Balai Kesehatan Unpad Dipatiukur.

Sedangkan mengutip Kompas.com, empat lainnya merupakan Puskesmas yang tersebar di Kota Bandung yakni Puskesmas Ciumbuleuit, Puskesmas Garuda, Puskesmas Dago, dan Puskesmas Sukapakir.

Keempat Puskesmas ini dipilih karena telah berpengalaman dalam menangani berbagai uji klinis.

Selain itu, menurut Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandung Rita Verita, pihaknya telah mendatangi dan melihat kesiapan keempat puskesmas dalam menyiapkan uji klinis vaksin COVID-19.

Bahkan beberapa relawan datang langsung ke puskesmas untuk mendaftar.

Baca Juga: Pendaftaran Peserta Uji Klinis Vaksin COVID-19 Unpad Dibuka, Berikut Informasinya

Dibutuhkan Total Relawan 1.620 Orang

vaksin COVID-19 Indonesia

Foto: Orami Photo Stock

Mengutip CNN Indonesia, per hari Kamis (6/8/2020), total relawan yang mendaftar sebagai subjek uji klinis vaksin Covid-19 buatan Sinovac Biotech, China, bertambah menjadi 800 orang.

Total jumlah relawan yang dibutuhkan dalam uji klinis fase III ini sebanyak 1.620, dengan subjek relawan secara acak dan wajib memenuhi beberapa persyaratan relawan.

Persyartannya seperti berusia 18-59 tahun, sehat jasmani dan rohani, memenuhi protokol kesehatan, hingga tidak sedang hamil atau menyusui.

Pendaftaran peserta relawan uji klinis vaksin COVID-19 Unpad dibuka hingga 31 Agustus 2020 dengan menghubungi Unit Riset Klinis Departemen Ilmu Kesehatan Anak Lantai 1 RSUP Hasan Sadikin Bandung.

Selain itu, jika Moms berkenan mendaftar, Moms juga bisa menghubungi di nomor telepon 022-2034471 dan WhatsApp 0811-22-14235.

Selama penelitian berlangsung, kesehatan peserta uji klinis dipastikan akan terus dipantau oleh petugas. Penelitian ini rencananya dilakukan selama 6 bulan dan seluruh peserta akan dilindungi dengan asuransi kesehatan.

Baca Juga: Fakta Sputnik V, Vaksin COVID-19 Rusia yang Siap Diluncurkan

Artikel Terkait