SELEBRITI
22 September 2019

Putri Titian dan Yuyun Gunakan Detox Foot Pads, Apakah Benar-benar Efektif?

Detox foot pads bisa jadi memiliki efek plasebo bagi pemakainya
Artikel ditulis oleh Amelia
Disunting oleh Dina Vionetta

Moms tentu sudah familiar dengan selebriti Putri Titian. Istri Junior Liem ini menjadi pembicaraan kembali ketika ia melahirkan anaknya yang kedua, Mykah Iago Liem.

Putri Titian juga menjadi ibu selebriti yang kerap mengunggah kesehariannya sebagai ibu dalam Instagram Story-nya.

Mulai dari ia yang memandikan kedua anaknya, ia yang merekam aktivitas Mykah dan Iori saat bermain bersama, juga ketika ia sedang menghabiskan waktu bersama sang suami.

Baca Juga: 8 Manfaat Apel untuk Ibu Hamil; Cegah Cacat Lahir hingga Detoksifikasi

Putri Titian dan Junior Liem Memakai Detox Foot Pads

IMG_20190911_181211.jpg

Foto: instagram.com/putrititian

Beberapa hari lalu, Putri Titian mengunggah dirinya memakai detox foot pads, yang juga dilakukan oleh Junior Liem.

Tampak telapak kaki Putri Titian dan Junior Liem dipakaikan foot pads, yang diklaim dapat mendetoksifikasi tubuh.

Putri Titian turut mengunggah hasil pemakaian detox foot pads, memperlihatkan bagian pad yang menghitam pada kaki Junior Liem.

"Kalo item kan harusnya takut karena di tubuh banyak racun, lah ini malah bangga.. Gimana sih," tulis Putri sembari bercanda.

Namun, apakah pemakaian detox foot pads ini benar-benar dapat menghilangkan racun dalam tubuh? Berikut penjelasannya.

Baca Juga: 6 Gaya Asyik Fashion Iori, Putra Cilik Putri Titian dan Junior Liem

Apa Itu Detox Foot Pads?

detox foot pads.jpg

Produk detox foot pads mengklaim dapat mengeluarkan racun dari tubuh saat tidur. Beberapanya bahkan punya manfaat lain untuk mengobati tekanan darah tinggi, sakit kepala, selulit, depresi, diabetes, insomnia, dan penurunan berat badan.

Produk ini dipakai dengan menempelkan bantalan kaki di bagian bawah kaki, dan dibiarkan semalaman.

Konon bantalan ini dapat mengeluarkan racun, seperti logam berat. Ketika bantalan kaki dilepas pada pagi hari, jika ada perubahan warna berarti menandakan racun telah dikeluarkan dari tubuh.

Baca Juga: Hal yang Boleh dan Tidak Boleh Dilakukan bagi Moms yang Ingin Detoks saat Hamil

Hilangkan Racun dengan Detox Foot Pads, Efektif Atau Tidak?

penyebab bau kaki

Brent Bauer, M.D., dewan tersertifikasi kedokteran penyakit dalam menyatakan bahwa belum ada penelitian ilmiah yang menunjukkan bila penggunaan bantalan kaki ini efektif atau tidak.

"Belum ada penelitian ilmiah yang menunjukkan bahwa detox foot pads ini ampuh atau aman digunakan. Komisi Perdagangan Federal bahkan menuduh beberapa distributor produk ini dengan iklan yang menipu," jelasnya dalam Mayo Clinic.

Hal yang sama juga diutarakan oleh Debra Rose Wilson, PhD, MSN, RN, IBCLC, AHN-BC, CHT, associate professor dan praktisi kesehatan holistik.

"Tidak ada bukti respon tubuh terhadap detox foot pads. Sebagian besar klaim tentang produk ini yaitu menghilangkan logam berat, racun, dan bahkan lemak dari tubuh. Nyatanya tidak," terangnya melansir Healthline.

Penggunaan detox foot pads yang dinilai efektif mungkin bisa berarti merupakan efek plasebo.

"Saya percaya bahwa produk ini tidak akan berbahaya, tetapi juga memiliki efek plasebo," jelas Dena Westphalen, PharmD, apoteker klinis.

Ia melanjutkan, "Kaki seseorang penuh dengan pori-pori, persis seperti wajah. Ketika bantalan perekat menutup di sekitar telapak kaki semalaman, kaki akan berkeringat. Saya tidak percaya bahwa produk ini memiliki efek detoksifikasi tubuh."

(AP)

Artikel Terkait