SELEBRITI
6 Juli 2019

Rachel Vennya Sedang Menyiapkan Ruang Bermain untuk Anaknya, Ini 6 Tips Berguna untuk Menata Ruang Bermain Anak

Mau menata kamar Si Kecil tapi bingung harus mulai dari mana? Contek tips di bawah ini aja Moms
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Adeline Wahyu

Selebgram yang juga ibu dari Xabiru Oshe Al Hakim ini memang selalu menjadi sorotan publik. Kali ini ia dan sang suami mengejutkan para penggemar dengan menempati rumah barunya yang mewah di kawasan Jakarta Selatan.

Rumah ini rupanya telah dipersiapkan sejak Xabiru berusia 5 bulan lho Moms. Karena Xabiru merupakan anak semata wayang, pasnagan ini tidak ragu menamakan rumah mereka sebagai Rumah untuk Xabiru.

Rachel Vennya kerap kali membagikan postingan mengenai perkembangan proses pembangunan Rumah untuk Xabiru ini di Instagramnya.

Baca Juga: 6 Pilihan Warna Cat Kamar Tidur Anak Ini Ternyata Punya Kelebihan Tersendiri Lho!

Sesuai dengan nama rumah ini, Rachel Vennya juga mempersiapkan ruangan-ruangan khusus untuk Xabiru, seperti tempat bermain untuk Xabiru atau mini library-nya Xabiru.

Bahkan Rachel Vennya juga sering membagikan foto atau video Xabiru sedang bermain di sebuah kamar yang Rachel namakan sebagai sudut favorit Biru.

Nah, untuk Moms yang mungkin mau mencontek ide buna Rachel membuat ruang bermain untuk anak, beberapa tips ini bisa digunakan untuk menata ruang bermain Si Kecil. Coba terapkan ya, Moms.

1. Pilih Ruangan yang Tidak Terlalu Besar

kids1

Foto: thehollandbureau.com

Untuk tempat bermain Si Kecil, Moms tidak perlu memilih ruangan yang terlalu besar. Jik ruangannya terlalu besar, kita pun akan kelelahan menjaga anak saat ia mulai aktif. Karenanya, pilihlah ruang yang lebih sedang-sedang saja.

2. Pilih Warna atau Corak yang Sesuai

kids2

Foto: homedepot.com

Jika Moms sudah menentukan ruangan apa yang akan dipakai, saatnya untuk memilih warna dan corak yang sesuai untuk tempat bermain anak. Bisa mamilih warna yang kalem dan memberikan kesan minimalis, atau warna cerah dengan berbagai motif lucu.

Jika ruangannya tidak terlalu besar, disarankan untuk memilih warna dan corak yang sederhana agak tidak terlihat penuh. Hal ini juga sekaligus dapat meningkatkan efek natural pada kamar dan ketenangan hati saat melihatnya.

Baca Juga: 6 Inspirasi Bunk Bed Unik untuk Kamar Anak

3. Isi dengan Perabot yang Sesuai

kids3

Foto: pinterest.de

Ruangan sudah dipilih dan warna pun sudah disesuaikan. Sekarang saatnya kita untuk mengisi ruangan kosong ini dengan berbagai perabot dan perlengkapan bayi.

Ruangan yang tidak terlalu besar cukup diisi dengan perabot bayi yang penting, seperti rak untuk membuat perpustakaan mini, meja untuk mewarnai atau membaca, Tempat tidur mini untuk beristirahat, dan jangan lupa siapkan pojok kecil untuk anak bermain.

Perhatikan tempat atau peletakkan perabotan bayi untuk memudahkan ibu bergerak.

4. Lengkapi dengan Karpet

Foto: aliexpress.com

Bayi yang masih kecil rentan terhadap berbagai penyakit, salah satunya pilek dan masuk angin. Untuk menghindarinya, Moms perlu menambahkan karpet yang tidak teralu besar sebagai alas duduk bayi.

Karena karpet gampang menyimpan debu, sebaiknya Moms rajin membersihkan karpet secara berkala.

5. Pencahayaan

kids5

Foto: pinterest.com

Satu hal yang tidak boleh Moms lewatkan adalah pencahayaan dalam ruangan. Pastikan cahaya yang ada di ruangan Si Kecil cukup dan terang. Agar lebih alami, Moms bisa memanfaatkan cahaya matahari, karena cahaya matahari pagi pun bagus untuk kesehatan anak.

Baca Juga: 10 Tips Mendekorasi Kamar Tidur Anak yang Bisa Dipakai Hingga Remaja

6. Keamanan

design children room

Foto: Newageparents.com

Karena ruangan ini akan menjadi tempat bermain utama anak, kita perlu memperhatikan keamanannya. Pastikan ruangan mempunyai sirkulasi udara yang baik.

Pasikan juga peralatan dan perabotan di ruangan tidak memiliki sudut-sudut yang tajam yang dapat melukai anak. Ingat untuk selalu mengutamakan keamanan dan kenyamanan anak ya, Moms.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa membantu Moms untuk menyiapkan ruang bermain Si Kecil yang aman dan nyaman. Selamat berkreasi!

(AWD/AND)

Artikel Terkait