BALITA DAN ANAK
19 Desember 2019

Radang Amandel Tidak Boleh Minum Es?

Kenali kondisi Si Kecil terlebih dahulu ya, Moms!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Sejak kecil, Moms mungkin sudah sering diberitahu kalau sedang mengalami radang amandel tidak boleh minum es. Mungkin Moms juga mewariskan informasi ini ke Si Kecil. Tapi, apa benar minuman dingin memperparah radang amandel?

Amandel atau tonsil adalah dua buah kelenjar berbentuk lonjong di bagian belakang tenggorokan. Kelenjar ini merupakan bagian dari sistem imunitas yang berperan melawan kuman yang masuk ke tubuh melalui hidung dan mulut.

Infeksi amandel disebut tonsilitis. Kebanyakan tonsilitis terjadi akibat virus, sedangkan tonsilitis akibat bakteri (strep throat) hanya sekitar 15-30% dari semua kasus.

Tonsilitis bisa dialami siapa saja, namun lebih umum terjadi pada anak-anak. Radang amandel sering terjadi saat Si Kecil mengalami batuk dan pilek.

Baca Juga: Mengenal Radang Amandel

Gejala Radang Amandel

radang amandel

Foto: advancedpediatricassociates.com

  • Sakit tenggorokan
  • Sulit menelan
  • Kelenjar getah bening (di bawah rahang) bengkak
  • Sakit di telinga
  • Demam
  • Napas bau
  • Hilang selera makan
  • Mudah mengantuk dan merasa tidak enak badan

Baca Juga: Mengenal Penyebab dan Cara Atasi Radang Amandel pada Anak

Perlukah ke Dokter?

radang amandel

Foto: babycentre.co.uk

Kalau Si Kecil mengalami radang amandel untuk pertama kali, Moms bisa membawanya ke dokter. Tapi kalau Si Kecil pernah mengalami tonsilitis sebelumnya dan bisa sembuh hanya dengan perawatan di rumah, ia tak perlu diperiksakan ke dokter.

Karena tonsilitis biasanya disebabkan oleh virus, dokter tidak meresepkan antibiotik. Tapi, ada beberapa kondisi anak yang memerlukan antibiotik.

Radang Amandel Tidak Boleh Minum Es?

radang amandel

Foto: thepolliwogs.com

Benarkah minuman dingin bisa menyebabkan atau memperparah radang amandel? Sebenarnya, ini tergantung tingkat sensitivitas seseorang, Moms.

Ada orang yang suka sekali minum air es langsung dari kulkas dan tidak apa-apa, tapi ada juga orang yang baru makan es krim sekali, besoknya ia sakit tenggorokan dan flu.

Kalau Si Kecil tipe yang kedua, agar kondisinya tidak makin parah, saat radang amandel tidak boleh minum es. Sebab, minuman yang terlalu dingin, panas, asam, atau pedas bisa mengiritasi.

Baca Juga: 7 Bahan Rumahan untuk Atasi Radang Amandel

Tapi, menurut situs The Royal Children’s Hospital Melbourne, sebenarnya tidak ada pantangan makanan dan minuman saat radang amandel.

Kalau Si Kecil tidak sensitif dingin, makanan dingin seperti es loli, es krim, atau air es diperbolehkan karena bisa meredakan sakit tenggorokan sementara.

The Journal of Laryngology & Otology Maret 2013 bahkan mengusulkan terapi es untuk meredakan sakit pasca operasi amandel. Es krim biasanya diberikan kepada pasien untuk membantu pembekuan darah pasca bedah.

Jadi, tak selamanya radang amandel tidak boleh minum es, Moms. Kenali kondisi anak, ya.

EMA

Artikel Terkait