SELEBRITI
13 Mei 2019

Raditya Dika Berikan Kejutan Istimewa untuk Istri, Ini 4 Cara yang Bisa Dads Lakukan untuk Membuat Moms Happy

Berikan perhatian terbaik kepada Moms saat menyusui
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Pasangan artis Raditya Dika dan Anissa Aziza masih merasakan kebahagiaan pascakelahiran anak pertama mereka, Alinea Ava Nasution.

Setelah kehadiran Si Kecil, Radit dan Anissa pun tampak semakin mesra. Hal ini ditunjukkan dengan Radit yang memberikan private dinner kepada sang istri yang sedang menyusui pada Sabtu (11/5) lalu.

"Sekali2 gue romantis, bikin surprise private dinner, manggil chef ke rumah buat masak. Ngerayain wedding anniversary yg kemarin ketunda. Mumpung Alinea lagi bobo," tulis Radit pada caption Instagram-nya.

Tak hanya Moms, penting juga agar Dads terlibat dalam tumbuh kembang anak, salah satunya dengan membuat ibu menyusui bahagia.

Hal ini dapat memengaruhi pasokan ASI sebagai makanan utama bagi Si Kecil. Berikut cara untuk meningkatkan suasana hati ibu menyusui, dikutip dari Today's Parent.

Baca Juga: Bagaimana Cara Mengurangi Sakit Punggung saat Menyusui?

1. Bantu Moms Saat Menyusui

Peran utama Dads dalam proses menyusui ini adalah menjadi seorang yang dapat membantu Moms kapan saja. Apalagi ketika sedang menyusui dan dalam posisi yang sulit untuk melakukan sesuatu.

Misalnya, seperti Moms yang tidak bisa menjangkau remote televisi, atau Dads juga bisa membantu menyuapi Moms saat makan atau mungkin ketika membutuhkan camilan.

2. Berikan Pijatan yang Lembut

ibu menyusui bahagia

Pada hari-hari awal menyusui, sang istri yang tidak ingin pindah saat menyusui Si Kecil membuatnya berada dalam posisi yang agak tidak nyaman selama beberapa waktu.

Karenanya, penting bagi suami untuk menyiapkan minyak pijat atau bahkan memijat istri usai ia menyusui Si Kecil. Ini memberi kesempatan kepada pasangan untuk rileks dan meredakan rasa sakit.

Baca Juga: 4 Tips Lancar Menyusui

3. Pelajari Ilmu Tentang Menyusui

Wajar jika Dads pada awalnya tidak mengerti tentang hal-hal seputar menyusui, tetapi seiring waktu Dads bisa belajar sendiri dengan mengunjungi forum online, membaca artikel, bahkan berkonsultasi langsung dengan pakar.

Hal ini penting jika sewaktu-waktu pasangan sakit atau dalam kondisi yang tidak memungkinkan untuk menyusui, sehingga keterlibatan Dads dapat membantu memberi makan Si Kecil.

4. Atasi Masalah Bersama

ibu menyusui bahagia-2

Akan ada beberapa waktu di mana pasangan memiliki masalah dalam menyusui Si Kecil. Misalnya anak yang terlalu rewel, atau ASI yang tak kunjung keluar.

Penting bagi Dads untuk mengelola masalah bersama-sama dengan Moms agar ia merasa tidak sendirian. Karena ini juga, Dads jadi punya peran penting dalam proses menyusui ini.

Artikel Terkait