FASHION & BEAUTY
22 November 2020

Ketahui Ragam Manfaat Masker Lemon untuk Kecantikan yang Tak Terduga!

Buah dengan rasa masam ini adalah sumber vitamin C dan asam sitrat.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Lolita
Disunting oleh Amelia Puteri

Apakah Moms kerap menjadikan lemon sebagai salah satu buah yang dikonsumsi sehari-hari? Jika tidak, maka Moms harus mulai menyetok lemon di dapur, karena lemon memiliki banyak khasiat dan manfaat. Termasuk manfaat masker lemon.

Buah dengan rasa masam ini adalah sumber vitamin C dan asam sitrat.

Dalam satu buah lemon seberat 58 gram memiliki 16,8 kalori energi, 5,41 gr karbohidrat, 1,45 gr gula, 15,1 mg kalsium, 0,35 mg zat besi, 4,6 mg magnesium, 9,3 mg phosphorus, 80 gr potasium, 0,2 mcg selenium, 30,7 mg vitamin C, 6,4 mcg folat, 3,0 mg kolin, 0,6 mcg vitamin A, dan 6,4 mcg lutein + zeaxanthin.

Semua kandungan vitamin dan senyawa lainnya yang ada pada lemon memiliki berbagai khasiat yang penting untuk kesehatan tubuh dan kulit.

Selain itu, lemon berkhasiat membantu mencegah dan mengobati penyakit kudis yang biasa menyerang pelaut sejak berabad-abad silam. Tak hanya itu, lemon juga menjadi salah satu bahan utama dalam dunia kecantikan.

Misalnya, sebagai salah satu bahan utama dalam pembuatan masker wajah. Sebaliknya, jika seseorang kekurangan asupan vitamin C maka akan mudah terserang sejumlah penyakit seperti flu, imun tubuh lemah, dan sariawan.

Baca Juga: Yuk Hilangkan Komedo Dengan Masker Putih Telur!

Manfaat Masker Lemon untuk Wajah

Masker lemon adalah salah satu alternatif perawatan kulit wajah yang murah, mudah, dan berkhasiat mengatasi berbagai masalah kulit wajah seperti bintik-bintik, penuaan, dan jerawat.

Sebab, lemon adalah sumber vitamin C dan asam sitrat dan memiliki efek detoksifikasi. Berikut ini manfaat masker lemon untuk wajah yang bisa Moms coba di rumah.

1. Perawatan Jerawat

XX Manfaat Masker Lemon

Foto: Orami Photo Stock

Perasan air lemon memiliki astringent yang berkualitas karena tingkat asamnya. Bahan dengan tingkat pH tinggi seperti lemon dapat membantu mengurangi peradangan dan minyak berlebih pada wajah yang dapat berkontribusi pada pembentukan jerawat.

Selain itu, kandungan asam sitrat yang tinggi seperti asam alfa hidroksi (AHA) pada lemon, dapat membantu memecah sel kulit mati yang menyebabkan bentuk jerawat non inflamasi seperti komedo. Ini menjadi manfaat masker lemon yang pertama.

Baca Juga: Cara Tepat Memilih Masker Sesuai dengan Jenis Kulit

2. Efek Antimikroba

Manfaat masker lemon memiliki efek antimikroba yang dapat membantu menjinakkan bakteri Propionibacterium acnes yang menyebabkan peradangan jerawat.

Pada saat yang bersamaan, lemon juga memiliki efek antijamur yang ampuh untuk mengobati infeksi ruam Candidas.

Candida adalah jenis jamur yang dapat menyebabkan infeksi pada kulit. Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC), sebagian besar infeksi disebabkan oleh spesies yang disebut Candida albicans.

3. Memudarkan Bekas Jerawat

XX Manfaat Masker Lemon

Foto: Orami Photo Stock

Jerawat memang membuat frustasi, tetapi bekas jerawat yang tak hilang dan membekas di kulit tak jarang bikin jengkel ya, Moms.

Kabar baiknya, bekas jerawat bisa diobati dengan lemon. Manfaat masker lemon bekerja dengan baik untuk memudarkan bintik-bintik pada wajah atau bekas jerawat.

4. Meningkatkan Kolagen

Manfaat masker lemon pada wajah dapat meningkatkan kandungan kolagen alami pada kulit.

Dalam jurnal berjudul Collagen: The Fibrous Proteins of the Matrix, kolagen merupakan protein yang ada dalam tubuh dan seiring bertambahnya usia, radikal bebas dapat merusak protein dalam kolagen sehingga menyebabkan garis-garis halus dan kerutan.

Kandungan vitamin C pada lemon sebagai antioksidan dapat membantu mencegah radikal bebas yang dapat merusak kolagen dan membuat kulit wajah menjadi lebih halus.

Baca Juga: 4 Masker Alami Untuk Mengencangkan Kulit Wajah

5. Mengangkat Kulit Mati Akibat Ketombe dan Psoriasis

XX Manfaat Masker Lemon

Foto: Orami Photo Stock

Apa hubungannya ketombe, psoriasis, dengan kulit wajah? Tidak seperti ketombe, psoriasis adalah masalah yang bermula dari sistem kekebalan tubuh.

Dalam sebuah studi berjudul Psoriasis prevalence among adults in the United States, psoriasis termasuk dalam penyakit autoimun yang mana antibodi dalam tubuh secara abnormal menyerang jaringan yang sehat.

Hal inilah yang menyebabkan produksi sel kulit mati pada wajah dan tubuh menjadi lebih cepat sehingga menyebabkan kulit bersisik, kering, dan timbul bercak-bercak merah.

Nah, kandungan AHA dan asam sitrat alami pada lemon memiliki efek pengelupasan yang efektif menghilangkan sel kulit mati akibat psoriasis dan ketombe. Selain itu, manfaat masker lemon juga dapat meringankan bercak-bercak pada kulit.

6. Sumber Vitamin C yang Baik

Manfaat masker lemon adalah sebagai salah satu buah yang kaya vitamin C dan kandungan antioksidan pada lemon dapat membantu melindungi kulit dari radikal bebas yang dapat merusak kulit wajah.

Menurut sebuah studi tahun 2016 yang melakukan percobaan pada tikus berjudul Antioxidant and anti-ageing activities of citrus-based juice mixture, dijelaskan bahwa lemon dapat membantu mencegah keriput pada tikus.

Selain itu, vitamin C yang ditemukan dalam lemon dapat membantu mengurangi kerutan kulit, kulit kering akibat penuaan, dan kerusakan akibat sinar matahari.

Baca Juga: 5 Masker Wajah Alami Ini Mudah Dibuat Sendiri di Rumah

7. Meningkatkan Kelembapan

XX Manfaat Masker Lemon

Foto: Orami Photo Stock

Dalam 58 gram lemon mengandung 80 mcg potasium yang ampuh meningkatkan kelembapan dan membuat kulit terasa lebih kenyal. Ini menjadi manfaat masker lemon lain yang patut Moms ketahui.

Bahkan, senyawa kalium ini kerap digunakan dalam berbagai produk kosmetik seperti sabun mandi, wewangian, hingga sunscreen. Selain itu, potasium juga berfungsi untuk membantu menyesuaikan pH kulit agar lebih lembab dan terdehidrasi.

8. Terhindar dari Kulit Kusam

Manfaat masker lemon juga mengandung magnesium yang baik untuk menjaga kadar asam lemak pada permukaan kulit, meningkatkan kolagen, menjaga kelembapan kulit wajah, sehingga wajah tidak kering, warna kulit merata, dan tidak mudah kusut.

Selain itu, kandungan mineral ajaib ini juga berkhasiat untuk mencerahkan kulit wajah dan terhindar dari kulit kusam.

9. Mencegah Kanker Kulit

XX Manfaat Masker Lemon

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat masker lemon juga dapat membantu mencegah kanker kulit lho, Moms.

Menurut penelitian berjudul Folate in Skin Cancer Prevention dijelaskan bahwa kulit adalah organ tubuh terluar manusia yang bersinggungan langsung dengan lingkungan sekitar.

Salah satu peran dari kulit adalah melindungi tubuh dari paparan sinar matahari, terutama radiasi yang dapat menimbulkan kerusakan kulit.

Belakangan ini, penelitian menemukan hipotesis bahwa pigmen kulit dapat menyeimbangkan pengawetan folat dan produksi vitamin D.

Kedua hal ini penting untuk reproduksi sel kulit. Selain itu, folat diusulkan sebagai alat pencegahan kanker karena perannya dalam menyediakan prekursor untuk perbaikan dan replikasi DNA.

Tak hanya itu, potensi folat sebagai salah satu alternatif pencegahan kanker telah dibuktikan oleh studi epidemiologi dan nutrisi skala besar. Hal ini bisa menjadi manfaat masker lemon lain yang patut diketahui.

10. Mencegah Kerusakan Kulit

Penelitian berjudul Lutein and zeaxanthin in eye and skin health menyebut bahwa lutein dan zeaxanthin yang terkandung dalam lemon berkhasiat untuk mencegah kerusakan pada kulit akibat sinar matahari atau gelombang ultraviolet.

Baca Juga: 17 Manfaat dan Jenis Masker Pisang untuk Berbagai Masalah Kulit

Cara Membuat Masker Lemon

Setelah mengetahui segudang manfaat masker lemon untuk kulit wajah, kini saatnya Moms membuat masker lemon sendiri di rumah dengan campuran bahan-bahan alami lainnya. Berikut resep dan cara membuat masker lemon untuk kulit yang lebih sehat.

1. Masker Lemon untuk Antioksidan

XX Manfaat Masker Lemon

Foto: Orami Photo Stock

Sama halnya dengan lemon, madu juga berfungsi sebagai antioksidan, antibakteri, dan exfoliating yang baik untuk wajah. Sehingga campuran lemon dan madu akan sangat kaya manfaat. Berikut cara membuat masker lemon dan madu

Bahan-bahan:

  • 1/2 sdm madu murni
  • 1 sdt jus lemon
  • 1 telur dan ambil putihnya saja

Cara Membuat:

  1. Campurkan semua bahan dalam mangkuk dan kocok selama 1 hingga 2 menit atau hingga berbusa.
  2. Bersihkan wajah lalu oleskan masker ke muka dengan jari atau kuas. Hindari area mata saat Moms mengaplikasikannya.
  3. Tunggu hingga masker kering selama 20 hingga 30 menit atau ketika Moms merasa kulit wajah mengencang. Bilas dengan air hangat secara lembut dan perlahan.
  4. Tepuk-tepuk wajah dan tunggu kulit mengering.
  5. Setelah selesai maskeran, jangan lupa oleskan pelembab agar kulit terdehidrasi.

Baca Juga: Ini 12 Manfaat Masker Kunyit, Yuk Coba!

2. Masker Lemon untuk Kulit Kering

Manfaat masker lemon juga ampuh mengatasi kulit kering, bersisik, dan melembabkan secara alami. Dengan campuran beberapa bahan alami seperti pisang dan minyak almond, manfaat lemon untuk mengatasi kulit kering bisa langsung Moms rasakan.

Berikut cara membuat masker lemon untuk kulit kering.

Bahan-bahan:

  • 2 sdt perasan lemon
  • 1 sdm minyak almond
  • 2 sdm pisang tumbuk

Cara Membuat:

  1. Hancurkan pisang hingga teksturnya lembut.
  2. Tambahkan perasan jus lemon dan minyak almond. Lalu, aduk hingga rata.
  3. Oleskan masker ke wajah yang sudah dibersihkan sembari digosok atau dipijat-pijat dengan lembut.
  4. Diamkan selama 20-25 menit. Kemudian bilas dengan air bersih.

Baca Juga: DIY Masker Khusus Rambut Kering

3. Masker Lemon untuk Kulit Berminyak

XX Manfaat Masker Lemon

Foto: Orami Photo Stock

Perpaduan air mawar dan lemon berkhasiat untuk mengatasi permasalahan pada kulit berminyak. Selain itu, air mawar juga bisa membuat tekstur kulit lebih halus, menghilangkan kotoran, minyak berlebih, dan bakteri pada kulit wajah.

Berikut cara membuat masker lemon untuk kulit berminyak.

Bahan-bahan:

  • 2 sdm kaolin
  • 1 sdm air mawar
  • 1/2 sdm perasan lemon

Cara Membuat:

  1. Campurkan air mawar dan perasan lemon.
  2. Tambahkan kaolin secukupnya hingga tekstur masker mengental dan berubah seperti pasta.
  3. Cuci muka dan lakukan eksfoliasi wajah lebih dulu sebelum memakai masker.
  4. Oleskan masker ke wajah.
  5. Tunggu hingga mengering.
  6. Jika sudah kering, bilas dengan air hangat hingga bersih.

4. Masker Lemon untuk Menghilangkan Bekas Jerawat

Seperti yang sudah dijelaskan bahwa manfaat masker lemon berkhasiat untuk menghilangkan bekas jerawat.

Cara membuat maskernya pun sangat mudah. Hanya membutuhkan bahan-bahan dapur yang pastinya Moms miliki. Berikut ini cara membuat masker lemon untuk menghilangkan jerawat.

Bahan-bahan:

  • 1 sdt perasan lemon
  • 1 putih telur
  • 2-3 tetes minyak tea tree

Cara Membuat:

  1. Kocok putih telur hingga berbusa.
  2. Tambahkan perasan lemon lalu aduk kembali hingga merata.
  3. Tambahkan minyak tea tree lalu aduk dengan perlahan.
  4. Oleskan masker ke wajah selama 10-15 menit.
  5. Kemudian cuci bersih masker dan oleskan pelembab agar kulit terdehidrasi.

Baca Juga: Masker Pepaya Membuat Wajah Bercahaya

5. Masker Lemon untuk Mengencangkan Kulit

XX Manfaat Masker Lemon

Foto: Orami Photo Stock

Timun dan teh hijau adalah bahan-bahan alami yang biasanya menjadi campuran pada produk-produk kecantikan. Sebab, khasiatnya dapat mengencangkan dan meremajakan kulit menjadi salah satu manfaat yang dicari banyak orang.

Terlebih ditambah lemon sebagai bahan utama, tentu manfaatnya akan bertambah. Berikut cara membuat masker lemon untuk mengencangkan kulit.

Bahan-bahan:

  • 2 sdt perasan lemon
  • 1 sdm mentimun yang telah dihaluskan
  • 1-2 sdt bubuk teh hijau matcha

Cara Membuat:

  1. Lembutkan timun dan masukkan perasan jus lemon.
  2. Selanjutnya, masukkan bubuk teh, lalu campur hingga merata dan membentuk pasta.
  3. Oleskan ke wajah dan diamkan selama 15-20 menit
  4. Bilas dengan air bersih
  5. Untuk hasil yang maksimal, Moms bisa menggunakan masker ini secara rutin seminggu sekali.

Selain mengencangkan kulit, mentimun juga dilengkapi oleh kandungan antioksidan serta vitamin yang baik untuk meregenerasi kulit dan mencegah keriput serta garis-garis halus.

Nah, itulah manfaat masker lemon dan cara membuatnya. Ternyata ada banyak sekali ya Moms ragam manfaatnya. Apakah Moms tertarik untuk mempraktikkannya di rumah?

Artikel Terkait