TREN
10 Juni 2016

Rahasia Melakukan Wawancara untuk Pekerjaan Baru

Siap-siap resign? Ini rahasia wawancaranya!
Artikel ditulis oleh (serenata.rosalia)
Disunting oleh (serenata.rosalia)

Terkadang, kesulitan untuk mendapatkan pekerjaan baru berasal dari kantor lama yang strict dan sulit sekali untuk sekadar izin keluar atau setengah hari. Lain cerita jika Anda memiliki hubungan yang sangat terbuka dengan atasan Anda. Jika tidak, Anda perlu menjaga proses pencaharian Anda dengan tersembunyi, sampai Anda siap untuk menyampaikannya dengan cara Anda sendiri. Dikutip dari dailyworth.com berikut cara diam-diam melakukan wawancara pekerjaan baru Anda.

Jangan Menggunakan Pakaian Interview Anda ke Kantor

Jika biasanya di kantor penampilan Anda sangat santai, jangan tiba-tiba izin datang terlambat dan datang menuju kantor dengan penampilan rapi seperti menggunakan rok kerja dan blazer. Apalagi jika ditambah alasan seperti “Saya baru saja membuat janji dengan dokter gigi saya.” Well, rekan-rekan Anda mungkin akan terheran-heran. Pastikan untuk mengganti pakaian Anda ketika memutuskan untuk kembali ke kantor.

Matikan Pemberitahuan LinkedIn

Dengan mematikan notifikasi, tidak akan ada yang mengetahui Anda sedang mencari pekerjaan atau Anda sedang menambahkan deskripsi pekerjaan Anda dalam data profile. Tidak ada alasan jika mengelak hal itu, kecuali Anda melamar pekerjaan dalam jangka waktu yang cukup lama setelah itu.

Jangan Mencetak Resume Anda di Kantor

Jangan memosisikan diri Anda seolah-olah Anda seorang manajer dengan mencetak 20 lembar sekaligus resume Anda. Selain karena harga tinta printer yang mahal, tentu Anda tidak ingin seseorang mengambil file Anda dengan ucapan “Hei! Resume siapa ini?” keseluruh penjuru kantor, bukan? Skenario terbaik jika Anda harus mencetaknya, Anda harus terlebih dahulu sampai di depan printer sebelum hasil dokumen tercetak.

Melakukan Semua Perjanjian dalam E-mail

Jika Anda sedang memimpin rapat dan laptop Anda terhubung dengan proyektor, jangan sampai orang-orang memergoki Anda dengan subjek email “Pertemuan dengan HRD kami”. Segeralah bergerak! Lakukan pencarian pekerjaan Anda selayaknya orang dewasa. Anda bisa melakukannya di rumah dan bersihkan data-data pencarian Anda sehingga tidak dapat terjangkau siapapun.

Membuat Alasan Penyakit Palsu Anda dengan Detail

Jika Anda menerima e-mail yang berisikan permintaan untuk datang wawancara pada esok hari, tentu akan mengejutkan bagi Anda. Jika keesokan harinya Anda izin tidak masuk dengan alasan sakit atau ada janji dengan dokter, ingat terus alibi ini. Jangan pernah masuk ke kantor dengan pembawaan sehat 100% pasca alasan tersebut. Bagi wanita, gunakan alasan “masalah wanita”, dengan begitu mungkin akan mudah bagi Anda untuk dimaklumi.

(LMF)

Sumber gambar : gnlszinfolt.blog.hu

Artikel Terkait