TRIMESTER 3
16 Januari 2019

Rahasia tetap Aman dan Sehat Babymoon di Trisemester Akhir Kehamilan

Biar makin happy sebelum melahirkan, yuk babymoon
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Prita
Disunting oleh Prita
trik sehat babymoon di trimester kedua kehamilan hero

Babymoon banyak dilakukan oleh pasangan untuk menjalin ikatan antara Moms dan Dads. Pastinya Moms dan pasangan akan kompak saat mengurus bayi nanti. Berbagai macam aktivitas yang menyenangkan kedua pihak bisa dilakukan untuk mewujudkan pikiran positif. Siapa sangka babymoon juga membawa dampak positif untuk bayi ketika lahir. Karena begitu Si Kecil lahir nanti, artinya Moms dan dads hanya akan punya sedikit waktu untuk melakukan hal berdua. Itu sebabnya babymoon baik untuk perkembangan prenatal agar tidak terjadi komplikasi pada Moms dan bayi saat persiapan melahirkan.

Tentukan waktu terbaik

couple

Foto : unsplash.com

Memang ada baiknya babymoon diambil waktu trimester kedua. Mengapa? Menurut Dr. Sarah Kohl, Spesialis Kesehatan Perjalanan,“Hindari perjalanan jauh pada trimester ketiga. Akan banyak risiko seperti kelahiran prematur, mudah lelah, dan yang mengerikan adalah kematian janin dalam kandungan.” Maka, waktu paling ideal adalah waktu trimester kedua kehamilan.
Meskipun aman dalam urusan waktu, tapi Moms harus tetap memerhatikan kesehatan Si Janin. Setiap kehamilan memiliki kondisi kesehatan khusus yang juga memiliki penanganan khusus dari dokter. Baiknya Moms berkonsultasi dengan dokter sebelum melakukan perjalanan bersama pasangan.

Baca Juga : Mau Traveling Saat Hamil? Ikuti 5 Persiapan Berikut Agar Tetap Sehat

Persiapan penting sebelum berangkat

trik agar aman dan sehat saat babymoon di trimester kedua cover 02

Foto : pampers.com

Nah, ada beberapa hal yang Moms harus perhatikan saat melakukan babymoon. Pertama, pastikan Moms membawa surat dokter atau dokumen riwayat kehamilan. Hal ini dibutuhkan karena Moms tidak pernah tahu kapan ada masalah muncul.
Khususnya saat berpergian, Moms membutuhkan surat ini jika di tempat berlibur Moms harus ke dokter. Beberapa maskapai penerbangan juga akan memeriksa surat ini sebelum Moms naik ke pesawat. Tak jarang Moms bisa dapat posisi duduk spesial yang lebih nyaman jika menyertakan surat keterangan atau check in menuju pesawat dalam keadaan hamil.

Berikutnya adalah mengontrol makanan dan minuman. Saat babymoon pasti urusan kuliner jadi jadwal wajib. Ada baiknya Moms menjaga dan memilah dengan pintar perihal makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh. Selalu pilih makanan yang matang dan bersih. Apalagi kalau mengonsumsi seafood. 

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah soal transportasi yang akan dipakai. Jika memilih jalur transportasi darat dengan jarak yang jauh, artinya posisi duduk harus nyaman. Jangan sampai kaki bengkak karena aliran darah tidak lancar. Sesekali turun dari mobil untuk relaksasi. Dan sebaiknya Moms dan Dads memastikan toilet di sepanjang perjalanan nyaman dan bersih.

Ide seru : manfaatkan pemandangan indah saat babymoon sambil bikin pregnancy photo! Seru, kan?

Baca Juga : Sebelum Foto Maternity, Perhatikan 6 Hal Ini

(GSA)

Sumber artikel:

fatherly.com
travelinsurancedirect.com 

Artikel Terkait