DI ATAS 5 TAHUN
3 Juli 2019

Rambut Anak Beruban? Ternyata Inilah 6 Penyebabnya

Pola makan tidak sehat juga bisa membuat rambut anak beruban
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Dina Vionetta
Disunting oleh Dina Vionetta

Moms, pernahkah merasa kaget dan khawatir saat melihat rambut anak beruban? Kalau menurut dokter anak Dr. Alan Greene, beberapa helai uban di kepala anak itu sebenarnya masih termasuk normal dan tidak berdampak negatif pada kesehatan.

Yang pasti, uban terjadi karena melanosit tidak lagi memproduksi pigmen atau melatonin, sehingga rambut jadi lebih transparan atau berwarna abu-abu.

Mau tahu apa saja penyebab rambut anak beruban dan cara mengatasi uban anak? Silakan baca sampai selesai untuk tahu jawabannya ya, Moms.

1. Keturunan dan Genetik

Rambut Anak Beruban? Ternyata Inilah 6 Penyebabnya 1.jpg

Foto: independent.ie

Jangan heran melihat rambut anak beruban kalau diantara Moms dan Dads ada yang sudah mulai beruban sejak usia muda, karena faktor keturunan adalah penyebab paling umum rambut anak beruban atau biasa disebut juga dengan kanitis prematur.

Sedangkan dalam sebuah studi yang dirilis oleh Journal of Investigative Dermatology Symposium Proceedings disebutkan kalau faktor genetik seperti rambut berketombe juga bisa meningkatkan resiko rambut anak beruban.

2. Kekurangan Vitamin B12

Rambut Anak Beruban Ternyata Inilah 6 Penyebabnya 2.jpg

Foto: solidrop.net

Kekurangan vitamin B12 juga bisa menyebabkan rambut anak beruban lho, Moms. Pasalnya, vitamin B12 berperan penting dalam metabolisme, produksi sel darah merah, serta pembelahan sel tubuh, yang penting untuk kesehatan dan kualitas rambut.

Untuk mengatasi uban anak yang disebabkan oleh kekurangan vitamin B12, tambahkan lebih banyak daging merah, daging unggas, telur, susu, olahan susu, atau produk makanan lain yang difortifikasi dengan vitamin B12.

3. Stress

Rambut Anak Beruban Ternyata Inilah 6 Penyebabnya 3.jpg

Foto: wcpeds.com

Dalam studi yang dipublikasi oleh jurnal Cell diketahui kalau bukan stres psikologis yang jadi penyebab rambut anak beruban, melainkan stress genotoksik akibat terpapar sinar ultraviolet dan radiasi yang tinggi.

Nah, stress genotoksik membuat sel rambut bermutasi dan memicu rambut anak beruban sebelum waktunya.

Baca Juga: 5 Manfaat Mengajak Anak Beraktivitas di Alam Bebas, Dapat Mengurangi Stres!

4. Kondisi Medis

Rambut Anak Beruban Ternyata Inilah 6 Penyebabnya 4.jpg

Foto: parenting.firstcry.com

Ada pula kondisi medis yang mengganggu produksi melanin sehingga membuat rambut anak beruban secara prematur, seperti vitiligo, tuberous sclerosis, Hashimoto disease, leukimia, juga masalah pada kelenjar tiroid.

5. Penggunaan Sampo dan Sabun Sintetis

Rambut Anak Beruban Ternyata Inilah 6 Penyebabnya 5.jpg

Foto: oureverydaylife.com

Seperti dikatakan dokter penyakit dalam Dr. Rachna Pande pada The New Times Rwanda, penggunaan sampo dan sabun yang terbuat dari bahan kimia keras bisa membuat rambut menjadi sangat kering dan kehilangan pigmen melanin, sehingga rambut anak beruban.

Untuk mengatasi uban anak, sebaiknya Si Kecil mandi dengan shampo dan sabun khusus anak atau terbuat dari bahan alami. Moms juga bisa rutin memijat kulit kepala buah hati dengan minyak alami untuk mengatasi uban anak.

Baca Juga: Memilih Sampo yang Tepat untuk Rambut Wangi Seharian

6. Pola Makan Tidak Sehat

Rambut Anak Beruban Ternyata Inilah 6 Penyebabnya 6.jpg

Foto: romper.com

Terlalu banyak asupan makanan tinggi karbohidrat dan gula seperti minuman bersoda, permen, dan makanan olahan dalam kemasan lain ternyata bisa menghambat kemampuan tubuh dalam memproduksi melanin lho, Moms.

Untuk membantu mengatasi uban anak, pastikan Si Kecil mendapatkan cukup asupan vitamin dan nutrisi yang penting untuk mendukung kesehatan rambut dengan menjalankan pola makan sehat dan alami.

Uban yang ada di rambut anak sebenarnya tidak perlu dicabut kok, Moms. Pastikan Si Kecil tidak keramas dengan air panas, tidak terlalu lama beraktivitas di bawah sinar matahari tanpa memakai topi, dan mendapat cukup asupan iodin.

Baca Juga: Benarkah Sering Mencabut Uban Bikin Rambut Rontok?

Bagaimana menurut Moms, perlukan menyemir rambut anak beruban supaya buah hati tidak kehilangan rasa percaya diri?

(WA)

Artikel Terkait