BALITA DAN ANAK
17 Agustus 2019

Rambut Anak Tipis, Begini Cara Merawatnya Agar Tak Lepek

Salah perawatan, bisa membuat rambut anak yang tipis jadi terlihat semakin lepek
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Tidak semua anak dianugerahi rambut yang lebat. Beberapa anak mungkin memiliki rambut yang tipis, bahkan sangat tipis, sehingga membuatnya terlihat lepek.

Penyebab rambut anak tipis atau halus umumnya adalah genetik. Atau, bisa juga disebabkan oleh pertumbuhan rambut yang terlambat. Artinya, Si Kecil memiliki kecepatan pertumbuhan rambut yang berbeda dengan anak-anak lainnya.

Tapi Moms tidak perlu khawatir. Meski tentu saja pemandangan Si Kecil dengan rambut lepek bukanlah hal yang ingin Moms lihat, tetap ada yang bisa Moms lakukan untuk memastikan Si Kecil tampil cantik dan rapi dengan rambut tipisnya.

Ya, selain Moms melakukan aneka perawatan yang dapat membantu menyuburkan rambut Si Kecil, pastikan juga Moms tidak salah mendandani rambut Si Kecil. Dilansir dari thekidssalon.com, inilah cara merawat rambut anak tipis agar tidak terlihat lepek.

Baca Juga: Mudah dan Murah, Tips Sukses Mewarnai Rambut Sendiri di Rumah

1. Potong Rambut secara Teratur

Rambut Anak Tipis, Begini Cara Merawatnya Agar Tak Lepek 1.jpg

Foto: parents.com

Tips paling penting untuk menjaga rambut anak tipis agar tak terlihat lepek adalah dengan memotongnya secara teratur.

Usahakan potongan rambut anak tak lebih dari sebahu. Dengan begitu, rambut akan terlihat lebih tebal dibandingkan jika Moms membiarkannya tumbuh panjang.

2. Hindari Pelembap atau Kondisioner

Rambut Anak Tipis, Begini Cara Merawatnya Agar Tak Lepek 2.jpg

Foto: hairfinder.com

Musuh rambut anak tipis yang cenderung lepek adalah kondisioner atau pelembap rambut. Pilih sampo Si Kecil yang tidak mengandung kondisioner.

Jika Moms mau memberi kondisioner sesekali, pastikan hanya diaplikasikan di ujung-ujung batang rambut. Dan maksimal cukup 2 kali seminggu.

Minyak dari kondisioner yang bercampur dengan minyak rambut alami akan memberatkan rambut, membuatnya terlihat lepek dan berminyak.

Baca Juga: Konsumsi Makanan Pedas saat Hamil Bikin Rambut Bayi Tipis, Benarkah?

3. Tidak Tidur dengan Rambut Basah

Rambut Anak Tipis, Begini Cara Merawatnya Agar Tak Lepek 3.jpg

Foto: pixabay.com

Salah satu masalah yang umum dialami rambut anak tipis adalah rambut menjadi mudah kusut. Nah, agar rambut Si Kecil tidak mudah kusut, hindari tidur dalam kondisi rambut masih basah.

Hal ini akan membuat rambut Si Kecil menjadi kusut di pagi hari. Segera keringkan rambut Si Kecil usai keramas. Paling baik, bungkus rambut dengan handuk selama 10 menit.

4. Aksesori Rambut Minimalis

Rambut Anak Tipis, Begini Cara Merawatnya Agar Tak Lepek 4.jpg

Foto: pixabay.com

Hindari memakaikan aksesori berlebihan pada rambut Si Kecil. Moms bisa memakaikan bandana berbahan satin atau kain halus lainnya, tapi jangan pernah menggunakan karet gelang sebagai karet rambut karena akan membuat rambut Si Kecil patah akibat tertarik saat melepaskan ikatan rambut, demikian seperti dilansir dari livestrong.com.

Jika Moms mengepang rambutnya, pastikan kepangannya tidak terlalu kencang, karena menarik rambut dapat menyebabkan kerusakan rambut.

Baca Juga: Tips Mengajak Anak Potong Rambut di Salon Tanpa Rewel

Selain cara di atas, pastikan Moms juga merawat rambut Si Kecil dari dalam dengan cara memberikan nutrisi yang baik dan mendukung pertumbuhan rambut anak tipis, seperti vitamin C dan E sebagai antioksidan yang melindungi rambut dari sinar matahari dan kerusakan lingkungan, serta vitamin B yang mendorong pertumbuhan rambut yang sehat.

(VAN)

Artikel Terkait