PASCA MELAHIRKAN
19 November 2019

Rambut Rontok Pasca Melahirkan? Atasi dengan 4 Cara Ini

Moms harus kurangi menata rambut dengan alat-alat yang menghasilkan panas berlebih
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Dina Vionetta

Rambut rontok pasca melahirkan bukanlah mitos belaka. Kehamilan benar-benar dapat menyebabkan kerusakan pada rambut kita.

Menurut Olivia Khouri, dokter kandungan dan ibu dari anak berusia 9 bulan mengatakan bahwa siklus ini berakar pada tingkat estrogen dan progesteron yang meroket saat hamil.

"Peningkatan hormon kehamilan memperlambat transisi rambut dari tahap anagen (pertumbuhan) ke tahap telogen (istirahat), yang menyebabkan peningkatan relatif pada folikel rambut pada fase pertumbuhan," jelas Dr. Olivia Khouri.

Baca Juga: 5 Nutrisi Atasi Rambut Rontok

Pada waktu tertentu pada orang yang tidak hamil, sekitar 90% rambut berada dalam fase pertumbuhan, sementara 10% sedang "beristirahat" dan rontok setiap dua hingga tiga bulan. Namun Dalam seminggu setelah melahirkan, kadar hormon turun ke tingkat pra-kehamilan dan banyak folikel yang tumbuh atau beristirahat.

Tentu Moms akan khawatir melihat helaian rambut yang rontok terus. Bagaimana cara mengatasinya? Simak di bawah ini ya Moms.

1. Tingkatkan Asupan Vitamin B

rambut rontok pasca melahirkan

Foto: babycenter.com

Vitamin B sangat penting untuk tubuh kita. Vitamin B kompleks tidak hanya terbukti membantu mengurangi cacat lahir pada janin, tetapi juga membantu perkembangan otak bayi dan bahkan dapat membantu meredakan mual.

“Vitamin ini juga telah terbukti membantu mencegah rambut rontok dan penipisan pada rambut ibu, membuatnya ideal untuk digunakan secara resmi pascapersalinan,” ujar Dr. Olivia Khouri. Jadi, pastikan untuk mendapatkan asupan ini ya Moms.

Baca Juga: Pentingnya Vitamin B untuk Ibu Hamil

2. Pilih Sampo Berbahan Ringan

rambut rontok pasca melahirkan

Foto: mother.ly

Saat memilih bahan sampo dan kondisioner, hindari produk yang dilabeli dengan kata-kata seperti "intensif" dan "mask" untuk pilihan yang lebih ringan yang diformulasikan untuk rambut halus agar terhindar dari penampilan yang lemas dan basah.

Shampo atau kondisioner berbahan ringan yang bebas sulfat akan membantu mengurangi rambut rontok pasca melahirkan

3. Makan Buah-buahan dan Sayuran

rambut rontok pasca melahirkan

Foto: medium.com

Menurut Dr. Olivia Khouri, cara paling mudah mengurangi rambut rontok pasca melahirkan, tentu saja dengan makan makanan sehat selalu merupakan nilai tambah. Apalagi setelah melahirkan, kita harus mendapatkan cukup buah dan sayuran dalam makanan.

Penelitian telah menunjukkan bahwa flavonoid tertentu meningkatkan pertumbuhan rambut, yang akan menjadi kunci untuk regenerasi yang lebih cepat dan membuat Moms keluar dari fase rambut yang rontok.

Baca Juga: Menggemaskan, Ini 9 Inspirasi Nama Bayi dari Buah-buahan

4. Gunakan Alat Penata Rambut yang Tidak Terlalu Panas

rambut rontok pasca melahirkan

Foto: youth-era.com

Menurut American Academy of Dermatology, panas yang berlebihan mungkin akan menyebabkan lebih banyak rambut rontok, apalagi pasca melahirkan saat rambut Moms masih rentan. Jadi sebaiknya Moms gunakan alat penataan rambut yang dapat diatur untuk pencegahan ekstra.

Bila ingin menata rambut, pastikan gunakan pelindung atau vitamin rambut terlebih dahulu, untuk melindungi rambut dari panas berlebihan.

Itu dia Moms beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi rambut rontok pasca melahirkan. Pastikan Moms melakukan hal-hal di atas ya.

(AWD/DIN)

Artikel Terkait