PASCA MELAHIRKAN
10 Juni 2020

Rambut Rontok Setelah Melahirkan, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Rambut rontok akan sempat terhenti di masa kehamilan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Dina Vionetta

Rambut rontok setelah melahirkan adalah salah satu masalah yang bisa terjadi pada seorang ibu. Hal ini menunjukkan bahwa perubahan pada tubuh tidak hanya terjadi di masa kehamilan, tetapi juga bahkan usai melahirkan.

Di masa hamil, Moms mungkin merasa senang dengan rambut yang tebal dan berkilau. Tapi begitu melahirkan, rambut tebal tersebut mulai rontok. Ternyata kerontokan rambut setelah melahirkan ada sebabnya lho, Moms.

Dalam jurnal BioMed Research International, kerontokan rambut setelah melahirkan ini disebut sebagai telogen effluvium.

Rambut rontok pascapersalinan merupakan hal biasa dan dianggap sebagai gangguan kecil. Namun, mungkin dapat menimbulkan kepanikan bagi wanita yang pertama kali mengalaminya.

Rambut rontok setelah melahirkan bisa terjadi selama 2-4 bulan setelah melahirkan, dan biasanya berlanjut selama -24 minggu tetapi jarang bertahan hingga 15 bulan.

Cari tahu lebih lanjut tentang apa yang menyebabkan kerontokan pada rambut setelah melahirkan berikut ini.

Baca Juga: 5 Cara Alami Mengatasi Rambut Rontok pada Anak

Perubahan Hormon Jadi Penyebab Rambut Rontok Setelah Melahirkan

rambut rontok setelah melahirkan-1

Foto: Orami Photo Stock

Ahli kulit Sejal Shah, MD, menjelaskan bahwa perubahan hormon yang berkontribusi terhadap meningkatnya pertumbuhan rambut, dan juga kerontokan rambut usai melahirkan.

"Selama kehamilan, ada banyak perubahan hormon yang terjadi. Satu hal yang terjadi karena perubahan hormon adalah pertumbuhan rambut yang meningkat," jelasnya, mengutip Parents.com.

Dr. Sejal lebih lanjut menjelaskan, bahwa hal ini sebenarnya merupakan bentuk pencegahan dari rambut rontok semasa hamil. Setelah melahirkan, hormon akan kembali normal dan ada penurunan hormon estrogen.

"Namun perlu diingat: Anda belum pernah mengalami kerontokan rambut selama beberapa bulan di masa kehamilan. Rambut yang menempel di kepala perlu diganti," terangnya.

Baca Juga: 5 Penyebab Rambut Rontok Balita karena Alasan Medis

Tips Mengatasi Rambut Rontok Setelah Melahirkan

rambut rontok setelah melahirkan-2

Foto: Orami Photo Stock

Pada wanita, seringkali rambut yang rontok berada di sekitar garis rambut, sehingga mungkin sekilas terlihat botak. Tetapi, tidak usah khawatir Moms, karena ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi rambut rontok usai melahirkan.

Stephanie Scuoppo, penata rambut di "Elizabeth Arden Red Door Salon and Spa" New York, memberikan tips agar rambut Moms terlihat bagus di masa rontok setelah melahirkan:

1. Coba Potongan dan Warna Baru

Moms bisa mengunjungi salon langganan dan minta saran dari penata rambut unutk menentukan gaya rambut yang pas untuk menyiasati penampilan kulit kepala yang lebih terlihat karena rambut yang rontok setelah melahirkan.

Selain memilih potongan rambut yang tepat, mengecat rambut dapat menjadi tips untuk memberikan kesan rambut yang berbeda. Terutama bila rambut Moms sudah cukup pendek.

"Mewarnai rambut juga menjadi cara yang bagus untuk memberikannya kesan yang berisi," kata Scuoppo.

Baca Juga: 7 Kebiasaan yang Bikin Rambut Cepat Rontok

2. Jaga Rambut Tetap Lembap

Penata gaya selebriti, Oribe, mengatakan bahwa menggunakan produk yang tepat dapat memberikan ilusi rambut menjadi tampak lebih berisi. Moms bisa mencari mousse dengan efek volumizing.

Selain itu, menjaga rambut tetap lembap termasuk menggunakan kondisioner atau pelembap rambut usai keramas. Jangan lupa membilasnya hingga bersih ya, Moms.

Menurut American Academy of Dermatology, karena kondisioner dapat membuat rambut halus terlihat lemas, produk ini harus digunakan pada ujung rambut, bukan di kulit kepala atau helaian rambut.

3. Tambahkan Tekstur pada Rambut

Bila Moms tidak berani mewarnai rambut, maka bisa dicoba gaya rambut yang lebih memberikan tekstur. Misalnya, jika biasanya rambut Moms lurus dan tampak tipis, mungkin bisa mencoba dibuat sedikit lebih ikal.

Selain itu, penggunaan hiasan rambut juga dapat membantu untuk menyamarkan kerontokan rambut setelah melahirkan. Apalagi untuk ibu baru yang memiliki sedikit waktu tetapi tetap ingin terlihat cantik.

Artikel Terkait