DI ATAS 5 TAHUN
27 Agustus 2019

Rayakan Hari Olahraga Nasional, Ini 5 Olahraga untuk Anak SD

Olahraga sepakbola tidak hanya membuat fisik lebih bugar, tetapi juga mengajarkan pentingnya kerjasama
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Dina Vionetta

Anak bisa belajar melalui kegiatan bermain. Karenanya, penting bagi Si Kecil untuk turut bergerak dalam membantu proses tumbuh kembangnya.

Jika Si Kecil berada di usia sekolah dasar, ada banyak kegiatan untuk membuat ia tetap aktif. Salah satunya dengan berolahraga.

Mengutip Trinity Grammar School, olahraga membantu perkembangan anak-anak secara fisik, sosial dan mental.

Ada beberapa manfaat dari olahraga yang bisa didapatkan sehingga lebih baik dalam menghadapi tuntutan kehidupan sekolah, yaitu:

  • Mengembangkan koordinasi dan keterampilan motorik kasar
  • Membangun kepercayaan diri dan harga diri
  • Mengembangkan sikap positif
  • Membangun ketahanan tubuh
  • Mendorong kerjasama tim
  • Melatih kedisiplinan
  • Mengurangi risiko obesitas
  • Mengoptimalkan perkembangan tulang dan otot yang sehat

Sebagai perayaan Hari Olahraga Nasional yang diadakan pada 9 September 2019, berikut ini jenis olahraga untuk anak SD.

Baca Juga: Trik agar Anak Tidak Malas Olahraga

1. Sepakbola

olahraga anak sd-1

Sepakbola adalah olahraga yang kerap dilakukan oleh siswa SD, terutama laki-laki. Sepakbola tidak hanya meningkatkan kebugaran tubuh, tetapi juga melatih pentingnya kerjasama dengan anggota lainnya.

Olahraga sepakbola melibatkan kecepatan, gerakan melompat, berputar, berbalik, mengoper bola, dan juga menendang bola.

Selain itu, sepakbola membantu meningkatkan kepercayaan diri Si Kecil, melatih jiwa kompetisi, pemberian dukungan, dan masih banyak lagi.

2. Bulu Tangkis

olahraga anak sd-2

Bulu tangkis termasuk olahraga yang sering dilakukan oleh anak-anak SD. Selain menjaga kebugaran tubuh, bulu tangkis juga mengajarkan pentingnya kerjasama tim ketika bermain dalam regu.

Bulu tangkis juga dapat melatih fleksiblitas, karena gerakan untuk menangkis kok dari lawan. Untuk bisa bermain, tentunya Si Kecil perlu memiliki raket dan kok untuk bermain bulu tangkis.

Baca Juga: 4 Olahraga Bersama Balita Ini Bisa Mempererat Hubungan Ibu dan Anak

3. Basket

olahraga anak sd-3

Biasanya, anak yang bermain basket memiliki tubuh yang tinggi ketika ia bertambah dewasa. Ini karena gerakan melompat yang sering dilakukan saat mencoba memasukkan bola ke ring basket.

Selain itu, basket juga melatih kekuatan otot dengan gerakan menggiring bola, hingga menuju ring basket lawan. Pertumbuhan anak pun menjadi lebih optimal.

Olahraga basket melatih konsentrasi, karena berusaha untuk mengkoordinasikan mata, lengan, dan kaki secara bersamaan.

4. Kasti

olahraga anak sd-4

Di zaman SD, olahraga kasti juga merupakan olahraga regu yang kerap dilakukan. Melakukan olahraga kasti melatih ketangkasan anak, jiwa kompak, dan memberikan kegembiraan.

Untuk bermain kasti, diperlukan fokus yang baik untuk bisa menang saat berhadapan dengan tim lawan, juga mengajari pentingnya kerjasama serta solidaritas antar anggota tim.

Baca Juga: Membangun Kepercayaan Diri dan 5 Manfaat Lain Senam Bagi Anak

5. Senam

olahraga anak sd-5

Terakhir, ada kegiatan senam yang biasanya dilakukan dengan diiringi lagu enerjik untuk membuat Si Kecil bersemangat.

Kegiatan senam melibatkan olah tubuh, sehingga anak memiliki kelenturan yang baik, membuat otot tidak kaku, serta melatih koordinasi dan keseimbangan tubuh Si Kecil.

Nah, itu dia 5 olahraga untuk anak yang biasaya dilakukan anak SD. Pastikan Si Kecil menjadi individu yang aktif dengan rajin berolahraga ya, Moms.

(AP)

Artikel Terkait