COVID-19
14 Agustus 2020

Reaksi Tubuh Relawan Vaksin Corona Sehabis Disuntik, Demam dan Bengkak?

Sebanyak 21 relawan telah disuntik bakal calon vaksin COVID-19.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Lolita
Disunting oleh Dina Vionetta

Uji klinis tahap III COVID-19 sudah dimulai sejak Selasa, (11/8/2020) sebanyak 21 relawan telah disuntik bakal calon vaksin COVID-19.

Melansir dari Kompas.com, Ketua Tim Riset Uji Klinis Fase III Vaksin Covid-19 dari Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran Prof Kusnandi Rusmil menjelaskan bahwa hingga kini belum ada keluhan serius dari 21 relawan tersebut.

Baca Juga: Pendaftaran Peserta Uji Klinis Vaksin COVID-19 Unpad Dibuka, Berikut Informasinya

Reaksi Tubuh yang Dirasakan Usai Suntik Vaksin COVID-19

reaksi tubuh relawan vaksin corona pasca suntik

Foto: Orami Photo Stocks

Meskipun relawan tidak merasakan adanya keluhan serius, tapi beberapa relawan mengalami reaksi ringan usai disuntik vaksin COVID-19, seperti rasa nyeri di bagian yang disuntik. Namun, keluhan ringan tersebut bisa berangsur menghilang.

Selain itu, reaksi tubuh lainnya yang akan dirasakan ialah bengkak hingga perubahan suhu tubuh atau demam. Kusnandi menjelaskan, diperkirakan hanya 1 hingga 2% relawan yang akan mengalami bengkak. Sedangkan relawan yang demam sekitar 15%.

Kusnandi juga menuturkan bahwa gejala atau keluhan yang ditimbulkan sama dengan gejala saat bayi disuntik vaksin yakni demam dan bengkak.

Baca Juga: Perkembangan Vaksin COVID-19 di 5 Negara, Angin Segar untuk Dunia Kesehatan!

Cara Mengatasi Dampak Suntik Vaksin COVID-19

reaksi tubuh relawan vaksin corona pasca suntik

Foto: Orami Photo Stocks

Jika Moms adalah salah satu relawan atau ingin mendaftarkan diri sebagai relawan, dan merasakan gejala demam maupun bengkak usai suntik vaksin Corona, hal yang perlu dilakukan ialah meminum parasetamol yang bisa dibeli di Puskesmas atau resep dokter.

Kusnandi menuturkan, selama proses suntik hingga usai disuntik, kesehatan relawan akan dipantau selama penelitian berlangsung atau sekitar 6 bulan hingga vaksin terakhir diberikan. Selain itu, peserta yang ikut juga akan diberikan asuransi kesehatan gratis.

Baca Juga: Dari Persatuan Dokter Emergensi Indonesia, Ini Panduan Mencuci Tangan untuk Hindari Virus COVID-19

Hari ini, Jumat (14/8/2020) Tim penelitian uji klinis vaksin COVID-19 Fakultas Kedokteran, Universitas Padjadjaran (Unpad) menargetkan suntik vaksin akan diberikan kepada 100 relawan secara serentak.

Sementara itu, mengutip dari Republika, hingga saat ini, jumlah orang yang sudah mendaftar sebagai relawan mencapai 1.548 pendaftar dari total yang dibutuhkan 1.620 orang.

Artikel Terkait