3-12 BULAN
10 Januari 2020

5 Rekomendasi Botol Susu yang Aman untuk Bayi, Bisa Dicoba!

Botol susu memiliki keunggulannya masing-masing
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Intan Aprilia

Banyak yang menjadikan botol susu sebagai barang yang penting saat berbelanja kebutuhan bayi, terutama untuk para working mom yang ingin tetap memberikan ASI kepada Si Kecil.

Ada juga yang memilih memberi susu formula karena berbagai pertimbangan, sehingga harus membeli botol susu.

Terlepas dari berbagai alasan tersebut, Moms tentunya harus memilih botol susu terbaik untuk Si Kecil. Apalagi di 6 bulan pertama kehidupannya, bayi hanya bisa mengandalkan ASI atau susu formula.

Banyak botol susu dengan berbagai model dan merek yang tersedia saat ini. Botol susu dirancang sedemikian rupa untuk memudahkan bayi menyusu dengan botol.

Hollie Schultz, pendiri BabyGizmo.com, sebuah situs ulasan produk mengatakan, Moms tidak akan mengetahui apa yang cocok hingga Si Kecil mencobanya.

Minta saran terlebih dahulu kepada yang berpengalaman. “Kemudian beli masing-masing dan lakukan pengujian sendiri kepada bayi Anda," saran Hollie.

Baca Juga: Ketahui Efek Samping dari Penggunaan Botol Susu pada Gigi Anak

Rekomendasi Botol Susu

Kami memiliki beberapa rekomendasi botol susu untuk Moms. Apa saja? Cek di sini yuk!

1. Dr. Brown's Natural Flow Standard Bottles – Rp127.400

rekomendasi botol susu bayi

Foto: orami.com

Rekomendasi botol susu yang pertama adalah dari merk Dr. Browns. Merk ini sudah teruji sebagai botol susu yang aman dan juga memiliki desain yang menarik. Misalnya Dr. Brown's Natural Flow Standard Bottles yang cukup lengkap.

Botol susu dari Dr. Brown memiliki sistem ventilasi untuk mencegah gelembung udara yang menjadi penyebab burping, gas, spit-up dan kolik jika tertelan oleh bayi. Moms bisa memilih untuk menggunakannya atau tidak.

Akan tetapi, mencegah gelembung udara tertelan berarti mengurangi risiko bayi mengalami kembung dan kolik.

Botol susu ini memiliki efek vakum untuk mempertahankan semua nutrisi penting dalam ASI ataupun susu formula tetap terjaga.

Dalam satu set tersebut terdiri dari 5 botol dengan 2 jenis nipples yang berbeda, dan juga bermacam-macam tutup botol, juga dilengkapi dengan sikat pembersih.

2. Mam Anti-Colic 5oz – Rp148.500

rekomendasi botol susu bayi

Foto: orami.com

Rekomendasi botol susu selanjutnya dating dari Mam Anti-Colic. Salah satu keunggulannya adalah botol ini terbuat dari bahan yang tahan terhadap suhu panas dan bisa disterilkan menggunakan microwave hanya dalam waktu tiga menit saja.

Karena anti kolik, desain dot juga dibuat menyerupai puting payudara sehingga tidak menyebabkan udara ikut tertelan oleh Si Kecil.

Bagian dasarnya juga dilengkapi dengan lubang ventilasi untuk memastikan tekanan dalam botol tetap seimbang selama Si Kecil minum.

Baca Juga: 10 Fakta Mengenai Botol Susu Bayi yang Wajib Diketahui Ibu Baru

3. Philips Avent Natural Infant – Rp110.400

rekomendasi botol susu bayi

Foto: orami.com

Philips Avent Natural Infant Bottle adalah rekomendasi botol susu selanjutnya. Dalam satu set terdiri dari 5 botol susu yang dibuat dari bahan BPA Free, lengkap dengan dot dan sikat botol. Selain itu, terdapat beberapa kelebihan lainnya.

Bagian dot bagian dot didesain menyerupai puting payudara sehingga bayi merasa nyaman menyusu.

Melalui tekstur yang sangat lembut dan lentur, dot ini akan mempermudah proses pelekatan ketika bayi sedang menyusu sehingga mengurangi kemungkinan udara masuk.

Selain itu, botolnya juga dilengkapi dengan sistem anti-kolik yang dapat mengurangi udara masuk ke perut bayi yang menjadi penyebab kolik.

Botol susu Philips Avent juga praktis karena ukurannya kecil dan pas di tangan serta ergonomis sehingga nyaman digenggam sendiri oleh bayi.

4. Pigeon PP Wide Neck Nursing Bottle – Rp70.500

rekomendasi botol susu bayi

Foto: orami.com

Pigeon jadi salah satu produk botol susu dan dot yang banyak digemari hingga saat ini. Mereknya sudah memiliki nama dan dikenal luas di Indonesia.

Harganya yang terjangkau serta kualitas yang baik jadi alasan produknya laris manis. Hal itulah yang menjadikannya layak masuk ke dalam jajaran rekomendasi botol susu selanjutnya.

Pigeon Wide Neck terbuat dari bahan polypropylene (PP) yang bebas BPA. Keunggulannya yakni fitur peristaltic nipple yang memungkinkan lidah bayi bergerak halus secara alami seperti ketika menghisap ASI dari puting payudara.

Proses penghisapan tersebut akan membuat seluruh ASI atau susu formula masuk langsung ke mulut bayi tanpa tumpah atau membuat udara ikut tertelan oleh Si Kecil.

Baca Juga: Botol Susu Si Kecil Bebas Bakteri, Ini 7 Langkah Menyiapkannya!

5. Tommee Tippee – Rp128.700

rekomendasi botol susu bayi

Foto: orami.com

Jika Moms ingin memudahkan bayi saat menyusui dari botol, Tommee Tippee bisa menjadi merk rekomendasi botol susu yang Moms ingnkan.

Saat menyusui dengan botol ini, Si Kecil akan merasa nyaman seperti menyusu langsung pada payudara.

Botol susu dari Tommee Tippee dirancang untuk meniru bentuk dan gerakan payudara. Bagian dot juga terbuat dari silikon lembut dan lentur sehingga bayi merasa seperti menghisap payudara ibu.

Moms juga tidak akan kerepotan saat harus terus memegang botol susu selama proses pemberian ASI, karena desainnya agak melengkung sehingga nyaman saat dipegang.

Di berbagai rekomendasi botol susu di atas, yang terpenting adalah jangan lupa mencucinya dengan baik ya, Moms!

Dilansir dari Pregnancy, Birth and Baby, mensterilisasi botol susu bayi sangat penting karena dapat membunuh bakteri berbahaya yang menempel di botol. Moms harus mensterilisasi botol susu setiap sebelum dipakai.

Artikel Terkait