3-12 BULAN
23 Oktober 2020

5 Rekomendasi Bubur Bayi Enak dan Sehat, Sudah Coba?

Lihat bahan dan varian rasanya, rekomendasi bubur bayi ini sayang untuk dilewatkan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Perut bayi yang baru lahir pada awalnya hanya sebesar kemiri, dan tidak dapat menahan banyak ASI pada satu waktu. Sekitar usia 6 bulan, bayi mungkin menunjukkan tanda-tanda kesiapan untuk mulai makan makanan padat.

Menurut Baby Center, tubuh bayi tidak dirancang untuk tetap kenyang selama 8 jam di malam hari. Faktanya, dalam penelitian NEJM Journal Watch, bayi yang diberi makan bubur sereal sebelum 4 bulan tidur lebih sedikit dibandingkan bayi yang tidak lho Moms.

Selain MPASI rumahan, bubur bayi komersial yang dibeli di toko juga memiliki keuntungan tersendiri.

“Makanan bayi yang dibeli di toko memenuhi pedoman keamanan ketat yang ditetapkan oleh Food and Drug Administration A.S. Ini juga nyaman, portable, dan tidak memerlukan persiapan banyak yang bagus untuk keluarga yang sibuk,” kata Bethany Skelton, CPNP-PC, perawat pediatrik di Children's National yang juga anggota dewan yang disertifikasi oleh Child Nursing Certification Board, dikutip Children National

Ada banyak pilihan rasa dalam bubur bayi instan, bahkan ketika sayuran dan buah-buahan tertentu tidak sedang musimnya di toko bahan makanan. Meskipun demikian, saat membeli makanan bayi yang dibeli di toko, penting untuk membaca label untuk memastikan tidak ada tambahan gula dan garam.

Menurutnya, memutuskan untuk mencampur MPASI homemade dengan bubur bayi komersial tidak masalah, karena yang paling penting adalah menanamkan kebiasaan makan yang sehat pada bayi. “Memulai makanan padat pada usia 6 bulan adalah transisi yang mengasyikkan. Purees, baik buatan sendiri atau dibeli di toko, adalah langkah pertama yang akan dilakukan bayi dalam transisi ke kebiasaan makan keluarga Anda,” jelasnya.

Baca Juga: Tips Memasak Bubur Tim untuk MPASI Bayi 6-12 Bulan

Kandungan Bubur Bayi

rekomendasi Bubur Bayi

Foto: Orami Photo Stock

Pada 1996, lebih dari separuh makanan bayi Tahap 2 dan 3 paling populer yang dibuat oleh Heinz dan Gerber, mengandung air tambahan dan zat pengental seperti tepung dan bahan pengisi bertepung, catat sebuah laporan yang diterbitkan oleh Center for Science in the Public Interest.

Biasanya, bubur bayi yang banyak dijual di pasaran terbuat dari nasi putih yang diperkaya dengan vitamin yang diproduksi secara sintetis, seperti besi sulfat (zat besi), asam folat (vitamin B9) dan asam askorbat (vitamin C).

Beberapa produsen menawarkan bubur beras bayi organik yang mungkin dari beras merah, tetapi diolah menjadi serpihan sehingga dapat cepat disiapkan dan halus untuk langit-langit mulut bayi. Jika bayi kolik dan rewel di malam hari, ini mungkin terkait dengan pencernaan atau alergi makanan laten, bukan karena lapar saja, dikutip Ask Dr Seas .

Bubur bayi komersial bukanlah nasi utuh karena alasan yang jelas, tetapi ini bahkan bukan hanya digiling. Sereal beras biasanya diproses dengan baik sampai diubah menjadi serpihan ringan, yang mudah untuk dikonsumsi. Mengenalkan berbagai rasa untuk bayi juga bermanfaat agar Si Kecil menyukai semua jenis makanan sehat, dikutip The American Journal of Clinical Nutrition.

Rekomendasi Bubur Bayi

Memberikan MPASI homemade memang pilihan terbaik jika dilakukan dengan benar. Namun terkadang, membuat sendiri makanan bayi tak bisa dilakukan setiap hari. Itu sebabnya, banyak Moms yang menggunakan bubur bayi instan sebagai penggantinya.

Ingin tahu bubur bayi sehat yang aman dikonsumsi bayi di bawah 1 tahun? Cek deretan rekomendasi bubur bayi yang aman untuk bayi di bawah 1 tahun ini.

1. Rekomendasi Bubur Bayi: Promina Bubur Tim Instant Salmon Norwegia

20% Rp20.000
Rp15.907
Promina Bubur Tim Instant Salmon Norwegia

Rekomendasi bubur bayi yang pertama yakni Promina Bubur Bayi. Salah satu keunggulannya adalah produk ini menggunakan beras pilihan yang aman dan menyehatkan untuk sistem pencernaan bayi. Ditambah lagi adanya antioksidan yang dapat memperkuat daya tahan tubuh bayi.

Produk makanan bayi ini juga sengaja dibuat dengan tekstur sedikit kasar. Ini dimaksudkan untuk menstimulasi pertumbuhan gigi bayi. Selain itu, produk ini juga mengandung minyak ikan yang baik untuk kecerdasan otak bayi.

Rasanya asa ringan dan bervariasi juga diklaim dapat menstimulasi bayi dalam pengenalan organoleptik atau sensori. Dibuat dari bahan baku yang aman untuk bayi tanpa penambahan MSG, pemanis, pewarna buatan atau pun pengawet.

Produk ini juga memiliki beragam rasa, seperti Milky Beras Merah, Smooth Kacang Hijau, Pisang Susu, Steamed Chicken Mushroom, Cheezy Chicken Broccoli, Beef Stew with Carrot, dan Pir Jeruk Pepaya.

Baca Juga: Resep: Bubur Udang Gurih Tabur Wijen

2. Rekomendasi Bubur Bayi: Nayz Bubur Bayi Organik

5 Rekomendasi Bubur Bayi -2.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Bayi usia 6-12 bulan memerlukan sejumlah nutrisi yang mulai berkurang dalam kandungan ASI, yang bisa di dapatkan dalam makanannya. Sesuai namanya, Nayz Bubur Bayi Organik terbuat dari bahan-bahan organik pilihan yang bagus untuk tumbuh kembang bayi

Nayz Bubur Bayi Organik siap disantap oleh bayi hanya dalam waktu 5 menit saja. Moms dapat mengolahnya dengan slow cooker ataupun dimasak dengan panci di atas kompor. Dalam satu kaleng atau wadah Nayz Bubur Bayi Organik, dapat digunakan untuk 20 kali sajian masak.

Nayz Bubur Bayi Organik diklaim juga sebagai MPASI homemade, karena diperkaya dengan campuran sayuran hijau seperti brokoli, wortel, buncis, protein nabati dan ikan, ayam, sapi sebagai protein alami. Produk ini menggunakan pangan alami murni dengan rasa aslinya

3. Rekomendasi Bubur Bayi: Milna Goodmil Beras Merah Ayam 6+ 120gr-ED

Rp26.200
Milna Goodmil Beras Merah Ayam 6+ 120gr-ED

Bubur bayi komersial biasanya memiliki banyak varian rasa, tak terkecuali rekomendasi bubur bayi ini: Milna Bubur Bayi. Banyak Moms yang memberikan bubur instan ini karena memiliki rasa yang enak dan lezat, sehingga Si Kecil dapat makan dengan lahap.

Milna Bubur Bayi diperkaya dengan 5 sumber zat gizi. Makanan bayi Selain dapat membuat Si Kecil kenyang, produk ini juga baik untuk tumbuh kembang bayi. Produk ini mengandung makronutrien (karbohidrat, lemak dan protein) dan mikronutrien (8 mineral dan 12 vitamin).

Kedua kandungan ini sangat dibutuhkan Si Kecil dalam masa tumbuh dan kembangnya karena gizinya yang saling melengkapi satu sama lain. Milna memiliki kandungan energi rata rata sebesar 282 kJ per 100 g, tidak berbeda jauh dengan ASI yang memiliki kandungan energi sebesar 283 kJ per 100 g.

4. Rekomendasi Bubur Bayi: Sun Beras Merah Box 120gr

29% Rp12.000
Rp8.491
Sun Beras Merah Box 120gr

Rekomendasi selanjutnya adalah Sun Bubur Bayi, merk bubur bayi yang mengandung prebiotik ini dapat membantu menguatkan saluran pencernaan Si Kecil. Bayi diklaim tidak akan mudah sembelit ataupun diare saat mengkonsumsi SUN Bubur Bayi.

SUN Bubur Bayi mengandungan prebiotik FOS yang menjaga kesehatan pencernaan Si Kecil. Selain itu, bubur bayi instan ini juga mengandung Protein tinggi, 11 vitamin dan 8 mineral, diperkaya dengan DHA dan Choline yang merupakan nutrisi penting untuk perkembangan otak, serat inulin yang mendukung kesehatan pencernaan , seng, magnesium dan vitamin D untuk mendukung pertumbuhan yang optimal.

SUN Bubur bayi tersedia dalam 7 rasa: Beras Merah, Kacang Mug (Kacang Hijau), Pisang Susu, Yam (Ubi Ungu), Ayam dan Bayam (Ayam Kampung dan Bayam), Brokoli dan Wortel, serta Pisang Apel Jeruk (Jeruk Apel Pisang).

Baca Juga: Mana yang Lebih Baik, Bubur atau Tim untuk MPASI Si Kecil?

5. Rekomendasi Bubur Bayi: Nestle Cerelac Ekonomis Kacang Hijau 120gr

Rp8.800
Nestle Cerelac Ekonomis Kacang Hijau 120gr

Sesuai panduan dari American Academy of Pediatrics (AAP) , ajarkan Si Kecil untuk mengenal berbagai tekstur dan rasa agar bayi tidak menjadi picky eater di kemudian hari. Ini bisa Moms lakukan dengan memberikan Nestle Cerlac Bubur Bayi. Sebab, produk ini diklaim dapat menstimulasi indera pengecap Si Kecil untuk berkembang.

Nestle Cerelac bubur bayi memiliki punya rasa yang gurih, namun tanpa pengawet. Produk ini dilengkapi dengan Mengandung zat besi, zink, vitamin A dan vitamin C untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya.

Selain itu, 11 vitamin dan 5 mineral dan terbuat dari tepung beras, kedelai dan minyak nabati yang mengandung antioksidan askorbil palmitat juga menjadi alasana Nestle menjadi rekomendasi bubur bayi yang baik untuk diberikan pada Si Kecil.

Melihat kandungan dan rasanya, rekomendasi bubur bayi ini bisa menjadi pilihan yang baik untuk dikonsumsi oleh Si Kecil.

Artikel Terkait