BALITA DAN ANAK
19 Mei 2020

4 Rekomendasi Cerita Fabel Seru, Cocok Dibacakan untuk Si Kecil!

Dongeng seru tentang hewan ini pasti akan membuat anak senang
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Moms dan buah hati mulai kehabisan kegiatan di rumah selama pandemi COVID-19? Apa Moms sudah mencoba membacakan dongeng untuknya?

Aktivitas membacakan dongeng tidak hanya mengasyikan bagi Si Kecil, tapi juga mempererat bonding dan memperluas imajinasinya.

Selain itu, berdasarkan Australasian Journal of Early Childhood, mendongeng bermanfaat untuk membangun rasa komunitas yang lebih besar, meningkatkan pengetahuan dan daya ingat, mendukung pengembangan literasi awal, dan memperluas potensi kreatif pada anak-anak.

Ada banyak jenis dongeng yang bisa Moms ceritakan pada Si Kecil, namun yang umumnya menarik perhatian mereka adalah dongeng tentang hewan.

Dongeng tentang hewan ini tidak hanya menceritakan kisah-kisah seru dan asik untuk didengarkan, namun juga terselip nilai-nilai moral yang dapat Si Kecil petik kemudian sebagai pengalaman atau pembelajaran.

Baca Juga: 5 Tips Membiasakan Anak Untuk Membereskan Kamar Tidurnya

Rekomendasi Cerita Fabel

Nah, jika Moms berniat untuk secara rutin membacakan Si Kecil dongeng tentang hewan yang seru, di bawah ini ada beberapa rekomendasi cerita fabel yang bisa Moms gunakan. Yuk kita intip.

1. Si Kancil

dongeng tentang hewan

Foto: Orami Photo Stock

Rekomendasi cerita fabel yang pertama adalah Si Kancil. Sesuai judulnya, dongeng tentang hewan ini menceritakan kancil. Dalam dongeng ini, diceritakan bahwa kancil merupakan seekor hewan yang dikenal sangat cerdik dan lincah.

Meski begitu, perilakunya yang nakal ini tidak disukai oleh penduduk desa. Hewan satu ini suka mencuri tanaman-tanaman penduduk desa seperti sayur dan buah yang ditanam di perkebunan desa.

Suatu hari Si Kancil kehausan dan sedang mencari minum. Karena tidak menemukan, ia akhirnya pergi ke kebun penduduk desa untuk mencuri mentimun.

Sayangnya karena kurang waspada, ia terjebak dalam perangkap yang terpasang. Melihat Si Kancil berhasil ditangkap, ia pun dinasihati agar tidak mencuri lagi.

2. Kelinci dan Kura-kura

dongeng tentang hewan

Foto: Orami Photo Stock

Rekomendasi cerita fabel yang selanjutnya adalah Kelinci dan Kura-kura. Dongeng tentang hewan ini mengisahkan tentang seekor kelinci yang sombong dan seekor kura-kura yang lamban.

Si kura-kura ini sering mendapat ejekan dari kelinci karena jalannya yang lamban. Akhirnya kura-kura pun mengajak kelinci untuk bertanding lomba lari karena ingin memberikan pelajaran untuk kelinci.

Baca Juga: Perhatikan 4 Hal Ini Saat Memilih Buku Cerita Bagi Bayi!

Di awal pertandingan kelinci melesat jauh meninggalkan kura-kura yang memang cara berjalannya cukup lamban, namun ia tidak mau menyerah.

Sementara itu kelinci yang merasa kura-kura masih tertinggal jauh dibelakangnya, memutuskan untuk beristirahat dan tidur sekejap di tengah pertandingan.

Namun saat terbangun, kelinci sungguh kaget karena ternyata kura-kura telah sampai di garis finish. Akhirnya kelinci pun merasa malu dengan hal ini.

3. Semut dan Belalang

dongeng tentang hewan

Foto: Orami Photo Stock

Rekomendasi cerita fabel yang selanjutnya adalah Semut dan Belalang. Dongeng tentang hewan ini berkisah tentang semut yang rajin dan belalang yang malas.

Semut yang rajin bekerja keras untuk mempersiapkan cadangan makanan, karena musim dingin akan tiba. Meskipun masih agak lama, dirinya tetap bekerja keras mengumpulkan makanan.

Berbeda dengan belalang yang bersantai-santai, karena mengira musim dingin masih jauh. Hingga saat musim dingin tiba, Si Belalang kehabisan makanan duluan dan akhirnya meminta makanan si semut.

Semut awalnya tak mengindahkan permintaan ini, namun karena dirinya merasa kasihan melihat Si Belalang hampir mati, ia pun memberikan cadangan makanannya.

Baca Juga: Yuk Rutin Membacakan Dongeng Untuk Anak!

4. Siput dan Kancil

dongeng tentang hewan

Foto: Orami Photo Stock

Rekomendasi cerita fabel yang selanjutnya adalah Siput dan Kancil. Jika Moms mencari dongeng untuk anak tentang hewan yang mudah untuk diceritakan, bisa mencoba dongeng Siput dan Kancil.

Cerita ini mungkin sudah diketahui oleh sebagian besar kita, yaitu tentang siput yang akhirnya bisa mengalahkan kancil dalam lomba lari. Bagaimana bisa? Padahal siputkan lamban.

Siput memiliki akal untuk meminta teman siput lainnya untuk berada di titik-titik jalur lomba lari sampai ke finish. Si Kancil tidak sadar, bahwa siput ini merupakan siput lain, karena cangkangnya yang sama.

Hingga akhirnya rencana siput berjalan lancar dan siput tadi menjadi pemenang walaupun sebenarnya yang berhasil mencapai garis finish ialah temannya. Dongeng ini mengajarkan anak-anak untuk tidak bersikap sombong seperti kancil.

Itu dia Moms beberapa rekomendasi cerita fabel yang bisa diceritakan pada Si Kecil selama berada di rumah. Semoga bisa jadi inspirasi ya!

Artikel Terkait