PARENTING
17 Februari 2020

4 Rekomendasi Gua Maria untuk Wisata Religi Keluarga

Sesekali berkunjung enggak ada salah lho Moms
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Belajar ilmu agama tidak melulu di gereja atau sekolah Minggu. Belajar ilmu agama juga bisa dilakukan sambil jalan-jalan lho Moms. Terlebih jika Si Kecil masih berusia dini. Belajar agama sambil berjalan-jalan tentu akan memberikan kesan yang menyenangkan.

Baca Juga: Ini Arti Nama Anak Ahok dan Pupus Nastiti Devi, Religius!

Moms dan keluarga bisa mencoba wisata religi, salah satunya dengan berkunjung ke Gua Maria. Selain bisa menikmati keindahan gua-gua Maria, hal ini bisa dijadikan sebagai sarana untuk mendekatkan diri kepada Tuhan juga lho.

Rekomendasi Gua Maria untuk Wisata Religi

Apa saja Gua Maria yang bisa dikunjungi bersama keluarga sekaligus berwisata religi? Yuk kita intip Moms.

1. Gua Maria Kaliori

rekomendasi gua maria

Foto: instagram.com/ileneilene_/

Rekomendasi Gua Maria untuk wisata religi yang pertama adalah Gua Maria Kaliori. Gua Maria Kaliori ini letaknya di Kaliori, Purwokerto, Banyumas.

Menurut cerita, Gua Maria ini sudah berdiri sejak tahun 1989, tepatnya pada 15 Agustus. Di sini kita bisa melihat patung Bunda Maria yang diberkati oleh Bapa Suci Yohanes Paulus II.

Begitu sampai di tempat ini, mata kita akan dijamanjakan dengan gua berbentuk setengah lingkaran yang cukup besar. Layaknya sebuah gua, batu-batu pun menghiasi dinding-dinding gua ini, namun lantainya terbuat dari marmer.

Bahkan untuk acara-acara tertentu, Gua Maria ini juga dijadikan sebagai tempat ibadah atau misa umat Kristiani lho.

Lokasi: Jalan Gua Maria Kaliori, Kecamatan Kalibagor, Banyumas, Jawa Tengah.

Baca Juga: Resep Garang Asem Ayam Khas Jawa Tengah, Nikmat!

2. Gua Maria Kerep

rekomendasi gua maria

Foto: instagram.com/gua_maria_kaliori/

Rekomendasi Gua Maria untuk wisata religi yang selanjutnya adalah Gua Maria Kerep. Gua Maria terletak di Paroki St. Yusuf, Ambarawa, Jawa Tengah. Meskipun cukup jauh dari jalan raya, daerah ini cukup tenang sehingga cocok untuk berdoa, berziarah, sekaligus menenangkan diri.

Di Gua Maria ini, Moms akan menemukan patung Bunda Maria yang sangat besar dan megah, dengan nuansa warna putih, biru, dan emas yang memang identik dengan Bunda Maria.

Pada bagian penopang, dilengkapi dengan lukisan-lukisan mengenai beberapa peristiwa yang terjadi di dalam Alkitab. Keren kan?

Dengan ketinggian 23 meter dan penopang 19 meter, yang Jika ditotal, tingginya sekitar 42 meter, patung Bunda Maria Assumpta ini diklaim sebagai yang tertinggi di Asia Tenggara, lho.

Lokasi: Jl. Tentara Pelajar No.81, Kerep, Panjang, Kec. Ambarawa, Semarang, Jawa Tengah.

3. Gua Maria Sendang Sriningsih

rekomendasi gua maria

Foto: pinterest.com

Rekomendasi Gua Maria untuk wisata religi yang selanjutnya adalah Gua Maria Sendang Sriningsih. Jika Moms dan keluarga berkunjung ke Yogyakarta, jangan lupa mampir ke Gua Maria Sendang Sriningsih ya.

Letaknya di dusun Jali, desa Gayamharjo, Prambanan. Tempat satu ini memiliki arti yang indah lho, Sendang Sriningsih berarti perantara rahmat Tuhan pada umatNya.

Baca Juga: Nikmati 6 Gelato Terenak di Yogyakarta

Sendang Sriningsih terkenal dengan air sucinya yang konon bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit, juga sering dijadikan sebagai lokasi Jalan Salib.

Lokasi: Terletak di Gayamharjo, di antara Bukit Ijo dan Mintorogo, Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

4. Gua Maria Sendang Ratu Kenya

rekomendasi gua maria

Foto: kompasiana.com

Rekomendasi Gua Maria untuk wisata religi yang selanjutnya adalah Gua Maria Sendang Ratu Kenya. Gua Maria ini dikenal juga dengan nama Gua Hati Ibu Yang Bahagia. Letaknya di Paroki St. Ignatius, Danan, Giriwoyo, Wonogiri.

Moms harus tahu jika Gua Maria ini memiliki makna sumber air yang melambangkan rahmat Tuhan yang dialirkan oleh Ratu Kenya (Bunda Maria). Kini Gua Maria ini memiliki berbagai sarana yang memadai, misalnya kapel sampai penginapan. Totalitas sekali, ya.

Itu dia beberapa rekomendasi Gua Maria yang bisa Moms dan keluarga kunjungi jika ingin melakukan wisata religi. Jangan lupa mampir ya!

Artikel Terkait