NEWBORN
24 Oktober 2020

5 Rekomendasi Kantong ASI Terbaik untuk Moms!

Pilih yang paling sesuai dengan kebutuhan dan budget Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Berdasarkan World Health Organization, memberikan ASI kepada Si Kecil menjadi salah satu cara yang paling efektif untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuhnya. Alasannya karena ASI memiliki segudang manfaat yang dibutuhkan Si Kecil, seperti nutrisi, vitamin, protein, dan lemak.

Ini sebabnya Moms pasti akan berusaha untuk bisa memberikan ASI sampai maksimal hingga usia 2 tahun. Buat para Moms yang bekerja, jangan khawatir, Moms tetap bisa memberikan ASI pada Si Kecil, kok. Salah satunya dengan memanfaatkan pompa dan kantong ASI.

Rekomendasi Kantong ASI

Berikut ini rekomendasi kantong ASI terbaik yang bisa jadi pilihan oleh para working Moms untuk menyimpan ASI agar tetap segar saat diberikan pada Si Kecil!

1. Rekomendasi Kantong ASI: Kantong ASI Malish

Rekomendasi Kantung ASI Terbaik!

Foto: Orami

Salah satu alasan kantong ASI Malish masuk ke rekomendasi kantong ASI terbaik karena kantong ASI ini mampu menampung ASI hingga 180-200 ml. Jadi, Moms cukup menggunakan sebuah kantung ASI saat memompa ASI di kantor.

Selain itu, bahan dari kantong Malish cukup bagus dan kaku, sehingga Moms dengan mudahnya bisa menaruh kantong ASI di lemari pendingin dengan cara ditegakan. Sayangnya, kantongnya yang berwarna biru ini membuat Moms cukup sulit untuk bisa melihat kondisi ASI.

Jadi, sebaiknya gunakan kantong ASI Malish untuk menyimpan ASI dalam waktu yang tidak terlalu lama ya.

Baca Juga: 6 Kesalahan Dalam Menyimpan ASIP yang Harus Dihindari

2. Rekomendasi Kantong ASI: Kantong ASI Avent

Rekomendasi Kantung ASI Terbaik!

Foto: Phillips

Rekomendasi kantong ASI selanjutnya adalah Philips Avent. Kelebihan utama kantong ASI Avent adalah kemasan berwarna transparan, sehingga memudahkan Moms untuk melihat kondisi ASI. Selain itu daya tampungnya cukup banyak, mampu menampung hingga 180ml.

Moms, juga bisa lebih mudah untuk menuliskan keterangan pada kemasan, karena kantong ASI Avent tersedia kolom keterangan khusus yang cukup luas dan bisa dituliskan beragam informasi.

Kekurangannya hanya pada kemasannya yang terlalu lentur sehingga sulit diletakkan dalam posisi tegak. Moms juga harus lebih teliti saat menuangkan ASI dari kantong ke dot susu Si Kecil agar tidak tumpah.

Baca Juga: Bolehkah Susu Formula Dibekukan Layaknya ASIP?

3. Rekomendasi Kantong ASI: Vitaflow Kantong Asi 240ml (Isi 25pcs)

22% Rp92.200
Rp71.800
Vitaflow Kantong Asi 240ml (Isi 25pcs)

Rekomendasi kantong ASI selanjutnya adalah Vitaflow. Kantong ASI Vitaflow tersedia dalam ukuran 100 mL atau 240 mL dengan satu kemasannya berisi 25 kantong ASI. Kantong ASI ini aman digunakan untuk menjaga kualitas ASI, dilengkapi double ziplock untuk mencegah kebocoran ASI, dan sudah disterilisasi dengan teknologi Gamma-Ray.

Untuk bagian atasnya, kantong ASI Vitaflow dilengkapi Full Coverage Heat Seal, sehingga mengurangi risiko kebocoran ASI.

Tak hanya itu, kantong ASI Vitaflow juga punya tempat untuk menulis keterangan, sehingga Moms dapat memberikan keterangan waktu kapan pompa ASI dilakukan.

Baca Juga: Review Jujur Kantong ASI Vitaflow dari Moms Orami

4. Rekomendasi Kantong ASI: Gabag Kolibri Breastmilk Storage Bag 120cc Boba

43% Rp55.000
Rp31.200
Gabag Kolibri Breastmilk Storage Bag 120cc Boba

Rekomendasi kantong ASI selanjutnya adalah Gabag Kolibri. Kantong ASI Gabag mempunyai ukuran 120 mL merupakan ukuran standar yang lebih praktis, dan multifungsi. Selain itu, produk ini memiliki fitur double ziplock untuk mencegah ASI agar tidak bocor.

Dengan fitur pre-sterilized, kantong ASI ini didesain khusus untuk penggunaan Gabag Infinite Double Breastpump.

Bisa juga digunakan dengan menggunakan kolibri connector yang dimasukkan melalui lubang kecil di bagian tengah atas, sehingga kantong ASI tersebut langsung digunakan pada saat pumping.

Baca Juga: Review Jujur Kantong ASI Gabag oleh Moms Orami

5. Rekomendasi Kantong ASI: BKA Kantong ASI 120ml (Isi 30 Pcs)

8% Rp55.000
Rp50.300
BKA Kantong ASI 120ml (Isi 30 Pcs)

Rekomendasi kantong ASI selanjutnya adalah BKA. Kantong ASI BKA adalah wadah untuk menyimpan stok ASI. Moms tidak perlu repot melakukan sterilisasi, karena kantong ASI BKA sudah disterilisasi. Kantong ASI BKA memiliki tiga ukuran, yakni 100 mL, 120 mL, dan 200 mL.

Ada beberapa keunggulan yang dimiliki produk ini. Salah satunya sterilisasi EB-Ray, teknologi sterilisasi dengan penembakan ion untuk membunuh mikroorganisme seperti jamur, virus, dan bakteri jahat lainnya.

Sterilisasi dengan EB Ray tidak mengubah warna dan tidak berbau pada kantong ASI, sehingga tetap aman sebagai wadah penyimpanan ASI Perah.

Selain itu, desain kantong ASI BKA juga berbentuk corong yang dapat memudahkan dalam menuangkan ASI perah ke wadah lain.​

Ada fitur ziplock yang dapat menahan penguapan gas ASIP ketika didinginkan, sehingga kualitas ASI perah tetap terjaga, dan kantong ASI juga tidak mudah bocor dan kuat.

Tak hanya itu, kantong ASI BKA memiliki teknologi thermal sensor untuk membantu mengetahui suhu ideal ASI perah ketika siap diberikan kepada Si Kecil.​

Kantong ASI BKA juga terbuat dari bahan bebas Bisphenol-A (BPA), yang dinilai berbahaya bagi pertumbuhan hormon dan kesehatan Si Kecil.​

Apalagi, produk kantong ASI ini telah lulus uji sesuai dengan syarat mutu BPOM, dan bahkan direkomendasikan oleh Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI) lho, Moms.

Baca Juga: Review Jujur Kantong ASI BKA dari Moms Orami

Nah, itulah beberapa rekomendasi kantong ASI yang bisa Moms pilih. Untuk mengetahui kelebihan dan kekurangannya, Moms bisa langsung intip artikel Review Kantong ASI Favorit.

Artikel Terkait