NEWBORN
16 Oktober 2020

10 Rekomendasi Lotion Bayi untuk Melembapkan dan Melembutkan Kulit

Merek-merek premium ini sudah terbukti khasiatnya
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Kulit bayi sangat sensitif dan mudah sekali kering, oleh sebab itu, lotion menjadi solusi untuk mengatasi masalah tersebut.

Banyak sekali jenis lotion dari berbagai mereka yang ada di pasaran. Tidak jarang, Moms juga kebingungan dalam memilihnya. Tetapi, Moms sebelumnya harus mencari tahu, bagaimana cara memilih lotion bayi.

Yuk, cari tahu lebih lanjut tips dan juga rekomendasi produk lotion bayi berikut ini, Moms!

Tips Memilih Lotion Bayi

tips memilih pelembap bayi

Foto: Orami Photo Stock

Karena kulit bayi cenderung kering, jadi penting untuk menjaga kulit agar tetap lembap. Moms bisa menggunakan lotion bayi setelah mengelap tubuhnya hingga kering, dan segera oleskan losion.

"Produk perawatan kulit bayi ini tidak menambah kelembapan pada kulit; namun mencegah kelembapan yang sudah ada di kulit agar tidak menguap," kata Karl Neumann, dokter anak di Forest Hills Pediatric Associates dan kontributor Kids Travel Doc.

Berikut ini beberapa tips memilih lotion bayi yang bisa dijadikan sebagai pertimbangan sebelum membeli, Moms.

Baca Juga: Hindari 5 Bahan Skincare Bayi yang Berbahaya

1. Pilih Produk Bebas Alergi

Bayi baru lahir mungkin tidak langsung mengalami alergi kulit hingga bertumbuh lebih besar, tetapi Moms perlu memerhatikan kandungan lotion bayi yang bebas alergi.

Menurut jurnal Skin Care for the Newborn, kulit bayi yang baru lahir berbeda dari kulit orang dewasa. Kulit bayi lebih rentan terhadap trauma dan infeksi, sehingga membutuhkan perawatan khusus.

Agar aman, biasa Moms dapat menggunakan produk dengan keterangan 'hypoallergenic' untuk bayi sehingga reaksi alergi tidak timbul.

Memilih lotion bayi yang hypoallergenic akan meminimalisir masalah alergi. Apalagi kulit bayi yang sangat sensitif, jadi sangat masuk akal untuk mengurangi sebanyak mungkin kemungkinan ruam dan komplikasi kulit.

2. Bebas dari Bahan Kimia Berbahaya

Dalam memilih produk skincare bayi, termasuk lotion bayi, pilih produk yang bebas dari bahan kimia berbahaya.

Jika produk lotion bayi itu mengandung banyak bahan kimia berbahaya, maka kemungkinan besar akan merusak kulit bayi Moms dari luar maupun dari dalam.

Moms perlu jeli dalam memerhatikan kandungan bahan di produk. Banyak produk lotion bayi yang bebas paraben, minyak mineral, phthalate, dan pewangi buatan untuk memastikan produknya tidak melukai kulit anak.

Baca Juga: 3 Manfaat Skincare Organik untuk Bayi

3. Kandungannya dari Bahan Alami

Meskipun memang tidak semua produk skincare bayi terbuat dari bahan-bahan alami, ada baiknya Moms memilih lotion bayi yang terbuat dari bahan alami karena kulit Si Kecil yang masih sangat sensitif.

Tetapi, meskipun produknya mengklaim terbuat dari bahan alami, Moms juga tetap harus berhati-hati dan memeriksa bahan-bahan kandungan lainnya agar lebih aman, ya.

"Hanya karena itu bahan alami, bukan berarti itu baik untuk kulit," kata Dr. Elaine Siegfried, dokter kulit anak di St. Louis.

4. Harga Murah

Harga juga menjadi pertimbangan Moms ketika hendak membeli produk lotion bayi. Karena produk ini mungkin bisa menjadi produk yang hampir dibutuhkan oleh anak setiap saat.

Baca Juga: Menggunakan Produk Skincare Natural untuk Bayi, Apakah Perlu?

Rekomendasi Lotion Bayi

Nah, jika Moms sudah mengetahui tips memilih lotion bayi, selanjutnya ada rekomendasi produk yang bisa menjadi pilihan untuk menjaga kelembapan dan kelembutan kulit Si Kecil. Apa saja? Berikut daftarnya!

1. Sebamed Baby Lotion 200ml

16% Rp170.800
Rp142.500
Sebamed Baby Lotion 200ml

Berikan perawatan terbaik bagi buah hati Moms menggunakan Sebamed Baby Lotion. Lotion bayi ini mengandung moisturizer yang mampu membuat kulit lebih lembut sehingga sangat direkomendasikan untuk negara tropis.

Tak hanya itu, produk ini punya banyak keunggulan, seperti terbuat dari bahan-bahan pilihan terbaik, aman untuk kulit, dan mengandung emolient yang mudah diserap dengan 7 persen lipids.

Produk ini dianjurkan untuk digunakan oleh bayi dengan alergi, kulit kering, eksim, kulit terbakar, dan kulit sensitif.

Moms bisa mengaplikasikan secara merata lotion bayi ini hingga bagian terluar wajah dan lakukan gerakan memutar dengan lembut khususnya di daerah mata. Produk ini bisa digunakan usai mandi dan juga sebelum menggunakan popok.

2. Cetaphil Baby Daily Lotion 400ml

27% Rp199.900
Rp144.100
Cetaphil Baby Daily Lotion 400ml

Moms tentu sudah familiar dengan produk Cetaphil. Gunakan Cetaphil Baby Daily Lotion yang mengandung gliserin serta shea butter sehingga dapat melembapkan dan melindungi kulit bayi.

Cetaphil Baby Daiy Lotion merupakan rekomendasi lotion bayi yang sudah diuji secara dermatologi untuk membantu menghidrasi dan menutrisi kulit lembut Si Kecil.

Moms tidak perlu ragu, karena produk ini telah teruji secara klinis untuk menjaga kelembapan kulit lembut sepanjang hari, dan juga melindungi lapisan kulit bayi yang sensitif.

Apalagi, dengan kandungan sunflower seed oil yang kaya akan antioksidan, dan shea butter yang membantu melembutkan tekstur kulit bayi. Ditambah, lotion bayi ini hypoallergenic, kandungan pH seimbang, sehingga aman digunakan untuk wajah dan seluruh tubuh bayi.

Baca Juga: 8 Produk Skincare yang Dibutuhkan oleh Bayi

3. Mustela Hydrabebe Body Lotion 500 ml

13% Rp303.600
Rp263.700
Mustela Hydrabebe Body Lotion 500 ml

Rekomendasi lotion bayi selanjutnya adalah Mustela Hydra Bébé Body Lotion yang bisa menjadi pilihan untuk melembapkan dan menguatkan kulit Si Kecil yang sensitif.

Secara khusus, produk ini diformulasikan untuk digunakan sejak bayi baru lahir, Mustela Hydra Bébé Body Lotion dirancang untuk perawatan sehari-hari pada wajah bayi.

Dengan kandungan vegetable oil serta vitamin E dan F, yang bisa melembapkan kulit secara instan untuk jangka waktu yang lama. Apalagi, sebanyak 88 persen kandungan dari produk ini berasal dari alam.

Ada shea butter yang membuat kulit Si Kecil menjadi kenyal, lembut, dan halus dengan sempurna. Lalu kandungan Avocado Perseose yang merupakan bahan alami dipatenkan untuk memperkuat pelindung kulit dan mempertahankan kekuatan sel.

Kandungan jojoba oil dapat menambah cadangan lipid, memperbaiki kulit dan memberikan pelembap alami sebagai lotion bayi. Serta vitamin F yang bisa mengembalikan dan mempertahankan keseimbangan cairan kulit.

4. Pigeon Baby Milky Lotion

pigeon pigeon baby milk lotion full02

Berikan perawatan maksimal untuk kulit Si Kecil dengan menggunakan Pigeon Baby Milky Lotion. Ini juga bisa menjadi rekomendasi lotion bayi yang patut Moms pilih.

Baby Milky Lotion diformulasikan dengan bahan pelembap yang menyerupai vernix (lapisan pelindung alami ketika bayi baru lahir). Krim lotion ini digunakan untuk melembapkan dan menyejukan kulit bayi.

Selain itu, produk ini juga bebas pewangi dan pewarna, dan menyejukkan kulit Si Kecil.

Baca Juga: 5 Bahan Skincare Berbahaya untuk Bayi Kulit Sensitif, Yuk Hindari!

5. My Baby Lotion Telon Plus 50gr

19% Rp22.600
Rp18.200
My Baby Lotion Telon Plus 50gr

Untuk Moms yang hendak mencari rekomendasi lotion bayi yang murah, bisa dengan memilih My Baby Lotion Telon Plus dengan harga terjangkau.

Telon bentuk lotion bayi ini dapat digunakan untuk menghangatkan bayi, mencegah perut kembung, masuk angin dan melindungi bayi dari gigitan nyamuk. Ideal digunakan setelah selesai mandi atau saat udara dingin.

Produk ini terbuat dari bahan alami, dan punya kandungan minyak sereh dan chamomile oil. Sehingga bisa melindungi Si Kecil dari nyamuk selama 6 jam.

6. Topfer Babycare Body Lotion

topfer baby care bodylotion 200ml

Moms mungkin masih terasa asing ketika melihat nama ini. Tetapi, produk Topfer Babycare Body Lotion juga termasuk rekomendasi lotion bayi yang patut dicoba.

Dengan gandum organik yang bergizi dan minyak organik yang menyegarkan kulit, lotion bayi ini menghidrasi kulit tanpa menjadikannya terlalu berminyak. Cepat menyerap ke dalam kulit, dengan lembut menutrisi dan melembapkan.

Selain bagus untuk bayi, body lotion ini juga cocok untuk seluruh keluarga, dan sangat cocok untuk kulit sensitif orang dewasa.

Beberapa kandungan bahan alami organiknya seperti wheat bran, calendula, jojoba oil, almond oil, dan olive oil. Setiap bahan alaminya mampu menjaga kulit bayi agar tetap lembut. Dianjurkan untuk dipakai setelah mandi.

Apalagi, produk ini tidak mengandung pengharum, pewarna, maupun pengawet sintetis yang bisa membahayakan kulit sensitif bayi.

Baca Juga: Ketahui Masa Kedaluwarsa Skincare Bayi

7. Corine de Farme Baby Lotion

baby lotion.1542736839

Gunakan Corine De Farme Baby Lotion 250 ml untuk membuat kulit Si Kecil tetap bersih dan lembap. Rekomendasi lotion bayi ini dibuat dari 97 persen bahan alami sehingga aman untuk kulit bayi.

Selain itu, produk ini berguna untuk membersihkan dan melembapkan kulit bayi sehingga lembut dan harum. Tak hanya itu, produknya telah teruji di bawah pengawasan dermatolog.

Produk ini juga bebas paraben, phenoxyetahnol, alkohol, tanpa pewarna dan minyak mineral, serta hypoallergenic dan juga telah diuji di bawah pengawasan dermatolog.

Selain dapat menghaluskan dan menjaga keelastisan kulit, produk ini juga quick break, teksturnya sangat ringan dan mudah menyatu dengan air sehingga sangat cocok di gunakan untuk iklim panas.

8. PureBB Lotion

purebb lotion.png

PureBB Lotion adalah rekomendasi lotion bayi untuk perawatan kulit tubuh secara menyeluruh untuk bayi baru lahir dengan triple action (menutrisi, meregenerasi, menyejukkan) dan juga cocok untuk kulit normal.

Karena kulit bayi belum berfungsi secara sempurna, penggunaan PureBB Lotion membantu bayi yang baru lahir merasa nyaman dan menjaga kesehatan kulit bayi.

Selain itu, produk ini bisa mendampingi kulit bayi agar terus tumbuh hingga mencapai perkembangan fungsi kulit yang sempurna. Apalagi dengan kandungan pH 5,5 yang sesuai dengan pH kulit bayi.

Produk ini juga punya triple action moisturizer (cocoa butter, sun flower, dan aloe vera) sehingga bisa melembapkan, menutrisi dan menyejukkan kulit seluruh tubuh bayi.

Selain itu, PureBB Lotion lulus uji hypoallergenic tested/bebas alergi, karena telah diformulasikan dengan bahan yang tidak menyebabkan iritasi kulit.

Baca Juga: Phenoxyethanol pada Skincare, Pengganti Paraben yang Aman untuk Kulit Bayi

9. Dr.ato Real Moisture Lotion

141000018034745 d1

Rekomendasi lotion bayi lain yang bisa menjadi rekomendasi adalah Dr.ato Real Moisture Lotion. Lotion bayi ini sangat direkomendasikan untuk kulit yang kering dan sensitif.

Produk ini bisa melembapkan kulit hingga 48 jam dengan fitur unggulan Real Moisture Lotion, sehingga direkomendasikan untuk kulit sensitif dan kering.

Mengandung Pelindung Pelembab Khusus untuk bayi, dengan bahan pelembap khusus dari Boryeong Medience yang didasarkan pada asam amino yang menyumbang lebih dari 40% dari faktor pelembab alami bayi.

Selain itu, produk ini mengandung tiga bahan pelembab alami: Tiga elemen pelembap dari Ceramide + hyaluronic acid + shea butter menciptakan penghalang pelembap yang maksimal.

Tak hanya itu, produk Dr.ato Real Moisture Lotion bebas pewangi dan alergen.

Dengan kandungan bahan pelembap alami ceramid, hyaluronic acid, dan shea butter, efektif mengatur keseimbangan dan kelembapan kulit, dan bebas dari kandungan bahan penyebab alergi berdasarkan EU Standard.

10. Zwitsal Baby Lotion Classic

Zwitsal Baby Lotion Classic.jpg

Tersedia dalam kemasan 100 mL dan 200 mL, Zwitsal Baby Lotion Classic juga menjadi rekomendasi lotion bayi yang patut dicoba.

Lotion bayi ini mengandung canola oil yang baik untuk menjaga kelembapan kulit dan memberikan manfaat alam ke kulit Si Kecil.

Dilengkapi dengan Vitamin E sebagai antioksidan untuk melindungi kulit dari pengaruh buruk lingkungan. Kulit bayi akan terasa lebih lembut, sehat, dan harum.

Produk ini juga teruji hypo-allergenic, baik untuk digunakan kulit bayi yang sensitif sekalipun.

Itulah beberapa rekomendasi lotion bayi yang bisa menjadi pilihan untuk memberikan perlindungan dan menjaga kelembapan kulit Si Kecil. Produk mana yang kira-kira menarik perhatian Moms?

Artikel Terkait