BAYI
29 Juli 2020

3 Jenis Makanan Pertama untuk Bayi dan 3 Resepnya!

Buah dan sayur tertentu dapat diberikan sebagai makanan pertama untuk bayi
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Gladys
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Saat bayi mulai mendekati usia enam bulan, Moms tentu mengetahui bahwa inilah saatnya untuk mulai mencari apa menu makanan pertama untuk bayi yang tepat.

Apapun jenis makanan yang nanti akan Moms pilih, pastikan tekstur makanan pertama untuk bayi harus lembut dan halus, bahkan hingga dapat menetes dari sendok.

Untuk mendapatkan tekstur tersebut, biasanya Moms perlu mengolah makanan pertama untuk bayi dengan cara puree, mash, dan menambahkan sedikit air hingga mendapatkan konsistensi yang diinginkan.

3 Jenis Makanan Pertama untuk Bayi

Berikut ini rekomendasi makanan pertama untuk bayi yang dapat Moms siapkan saat bayi sudah siap untuk MPASI.

1. Cereal

1 Cereal.jpg

Foto: Phong Duong – Unsplash.com

Makanan pertama untuk bayi yang dapat Moms berikan adalah cereal. “Jika mengikuti tradisi, sereal gandum tunggal biasanya diperkenalkan terlebih dahulu.

Namun sebenarnya, tidak ada bukti medis yang memperlihatkan keuntungan bagi bayi dengan memperkenalkan makanan padat berdasarkan urutan tertentu,” ungkap Dokter anak di American Academy of Pediatrics, David Hill, MD, FAAP, seperti dikutip dari healthychildren.org.

Dikutip dari whattoexpect.com, jika Moms ingin memberi makanan pertama untuk bayi berupa sereal, pilih varietas butir tunggal (beras, barley, atau oats).

Campur dengan sedikit susu formula atau ASI dan bahkan air untuk mendapatkan tekstur makanan pertama untuk bayi berupa sup yang creamy.

Sebagai makanan pertama untuk bayi, sebaiknya tidak menggabungkannya dengan buah atau sayur terlebih dahulu. Karena pada masa ini sebaiknya memperkenalkan hanya satu makanan pada satu waktu.

Barulah setelah bayi Moms rutin makan sereal dengan baik, Moms bisa menambahkannya dengan buah-buahan atau sayuran ke dalam campuran serealnya dan bukan memberikannya secara terpisah.

Baca Juga: Makanan Apa yang Baik Untuk MPASI Pertama Bayi 6 Bulan?

Resep Sereal, Makanan Pertama untuk Bayi

Untuk mengenalkan sereal pada bayi pertama kalinya, Moms bisa membuat Bubur Oat Susu Buah yang mudah dan praktis dalam membuatnya.

Pilihan buahnya juga bisa Moms atur sesuai selera Si Kecil, tidak perlu terpaku pada satu macam buah ya Moms.

Bahan:

  • 1 sdm oat instan
  • 1 sdm tepung oat 30ml sufor atau ASIP
  • 1/2 buah kiwi hijau
  • 1 buah pisang
  • Butter secukupnya

Cara Membuat:

  1. Mulai dengan merebus oat atau tepung oat menggunakan api sedang dan campur bersama air secukupnya. Aduk sampai setengah matang.
  2. Masukkan sufor atau ASIP, aduk sampai asat serta matang.
  3. Matikan api, masukkan butter secukupnya, aduk merata.
  4. Setelah Moms tuang di mangkuk makan Si Kecil, sjikan bersama dengan potongan buah pisang atau kiwi hijau yang sudah disiapkan sebelumnya.
  5. Sajikan pada Si Kecil ya Moms!

Baca Juga: Asyiknya Membuat Makanan Bayi Sendiri

2. Sayur

2 Sayur.jpg

Foto: StockSnap – Pixabay.com

Sayur-sayuran sudah pasti masuk dalam daftar makanan pertama untuk bayi yang tepat. Selain sehat dan bergizi, sayur-sayuran juga tidak memicu alergi.

Mulailah dengan pilihan sayuran berwarna kuning atau oranye, misalnya ubi jalar dan wortel. Ubi jalar memiliki dua varietas, yaitu warna putih dan orange pada bagian dalamnya.

Keduanya memiliki kulit berwarna kemerahan dan merupakan sumber potasium, vitamin C, serta serat. “Tapi, saya lebih memilih menggunakan varietas ubi jalar dengan warna orange di dalamnya, karena juga merupakan sumber beta karoten.

Nutrisi ini dapat mencegah beberapa tipe kanker dan menyapu radikal bebas,” ungkap ahli nutrisi dan makanan bayi, Annabel Karmel dalam bukunya Superfoos for Babies and Children, seperti dikutip dari parents.com.

Moms bisa memberikan sayuran berwarna hijau yang juga baik sebagai makanan pertama untuk bayi, seperti: kacang polong dan buncis yang memiliki rasa sedikit lebih kuat.

Kacang polong mengandung sumber vitamin, serat, dan mineral yang sangat baik. Kacang polong cocok dikenalkan sebagai makanan pertama untuk bayi karena mengandung magnesium, potassium, zat besi, dan fosfor.

Selain itu, bayam juga terbaik untuk Moms berikan sebagai makanan pertama untuk bayi. Bayam mengandung banyak nutrisi, seperti vitamin A, K, asam folat, vitamin C, kalsium, zat besi, serat, zinc, dan magnesium.

Baca Juga: 5 Sayur Terbaik untuk MPASI Pertama Bayi

Resep Sayur, Makanan Pertama untuk Bayi

Untuk mengenalkan sayur pada bayi pertama kalinya seringkali bukan hal yang mudah. Untuk mengatasi masalah tersebut, Moms bisa memberikan sup sayur untuk bayi, salah satunya adalah Sup Bayam Kental.

Bahan:

  • 1 cangkir daun bayam cincang
  • 1 sendok makan keju
  • 1 genggam kentang rebus

Cara Memasak:

  1. Rebus daun bayam dengan api sedang dan tidak terlalu lama, sisihkan.
  2. Haluskan semua bahan mulai dari keju dan kentang rebus dengan blender atau food processor, saring (opsional).
  3. Sup bayam kental siap disajikan untuk Si Kecil.

Baca Juga: Manfaat Sup Sayur Untuk Bayi. Ada Resepnya Lho Moms!

3. Buah

3 Buah.jpg

Foto: Gabriela Sanda – Pixabay.com

Makanan pertama untuk bayi yang juga tidak kalah penting adalah buah-buahan. Apel agaknya menjadi favorit dan kaya manfaat.

Antara lain, adanya kandungan pektin dalam apel yang dapat mencegah konstipasi. Selain itu buah apel mempunyai ragam nutrisi yang bayi butuhkan, mulai dari vitamin C, K, kalium, serat, serta berbagai mineral lainnya.

Buah pir merupakan salah satu makanan yang jarang menimbulkan alergi, sehingga cocok sebagai makanan pertama untuk bayi. Apalagi buah pir juga mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan bayi dan dapat membantu menjaga tingkat antioksidan pada bayi.

Buah lain yang juga sangat praktis, baik dalam hal penyajian dan untuk dibawa bepergian, yaitu pisang. Pisang mengandung gula yang lambat diolah tubuh, sehingga dapat memberikan energi berkelanjutan untuk bayi. Buah ini juga baik sebagai pengobatan diare serta sembelit yang dialami oleh bayi.

Baca Juga:6 Manfaat Sayuran dan Buah Oranye untuk MPASI Bayi

Resep Buah, Makanan Pertama untuk Bayi

Buah pir mengandung kalium, serat, dan vitamin C tinggi. Selain itu, buah pir juga mengandung natrium, kolesterol, atau lemak jenuh yang baik digunakan untuk MPASI.

Buah pir juga cocok dikenalkan pada bayi sedini mungkin, maka dari itu Moms bisa memberikannya puree buah pir yang praktis dibuat sendiri di rumah.

Bahan:

  • 5 buah pir
  • 180-240 mm air, ASI, atau sufor

Cara Membuat:

  1. Cuci buah pir, kupas, serta potong menjadi dua bagian. Setelah itu, potong lagi setiap bagian tersebut menjadi 6 potongan lagi.
  2. Masukkan buah pir dan air ke dalam panci.
  3. Masak selama 20-30 menit dengan api sedang, aduk sesekali sampai buah pir melunak dan bisa dihaluskan.
  4. Setelah lunak, haluskan buah pir menggunakan blender hingga mencapai konsistensi yang Moms inginkan.
  5. Puree buah bir siap disajikan untuk Si Kecil dan Moms bisa menyimpannya di lemari es jika tidak langsung disajikan.

Baca Juga: 3 Resep Kombinasi Buah Segar Untuk MPASI Bayi

Itulah rekomendasi makanan pertama untuk bayi yang dapat Moms siapkan untuk MPASI pertamanya. Selamat mencoba, Moms!

Artikel Terkait