RUPA-RUPA
8 Agustus 2019

Kurangi Produksi Sampah, Ini Rekomendasi Online Shop yang Jual Alat Makan Ramah Lingkungan

Gaya hidup zero-waste tak hanya sekadar mengurangi produksi sampah dan limbah tercemar
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Semenjak ramai penggunaan sedotan non-plastik dan gerakan tanpa kantong plastik, tidak sedikit dari publik yang memutuskan untuk mengikuti gaya hidup "zero-waste".

Mengutip Earth Squad Global, zero-waste adalah gaya hidup pengurangan limbah dan sampah. Hal ini dilakukan dengan membatasi penggunaan sumber daya alam dan beralih ke sumber daya yang dapat didaur ulang.

Dengan langkah zero-waste ini, diharapkan dapat mengurangi produksi sampah dan limbah yang bertambah dan tentunya merusak bumi.

Lalu, apa saja manfaat jika seseorang mengubah gaya hidup zero-waste?

Baca Juga: 7 Tips Memilih Mainan Bayi Ramah Lingkungan

Manfaat Gaya Hidup Zero Waste

Dengan melakukan zero-waste, tidak hanya memberikan manfaat untuk bumi, tetapi juga berpengaruh pada kehidupan sosial, dan bahkan menguntungkan secara ekonomi.

Beberapa manfaat melakukan zero-waste, dikutip dari Toronto Environment adalah sebagai berikut:

1. Mengurangi Dampak Iklim

Mengurangi, menggunakan kembali, dan mendaur ulang dapat menjadi bagian penting dari strategi perubahan iklim untuk mengurangi emisi gas rumah kaca.

Diperkirakan sekitar 42% dari semua emisi gas rumah kaca disebabkan oleh produksi dan penggunaan barang, termasuk makanan, produk, dan pengemasan.

2. Menghemat Sumber Daya dan Mengurangi Polusi

Memroses bahan membutuhkan energi dalam jumlah besar dan menyebabkan polusi, baik itu penebangan hutan, penambangan mineral, atau pengeboran minyak.

Setelah produk tersebut digunakan, barang-barang dibuang di tempat pembuangan sampah atau dihancurkan.

Dengan zero-waste, seseorang dapat melestarikan sumber daya alam dan mengurangi polusi dari proses manufaktur, dan pembuangan.

Ini karena produk yang dibeli tidak banyak dibutuhkan, karena produk yang dibuat juga punya daya tahan yang lama dan kuat.

3. Membangun Keadilan Sosial dan Komunitas

Pendekatan zero-waste dapat mendukung masyarakat yang terpinggirkan, dan melindungi kesehatan masyarakat.

Proyek-proyek komunitas yang berfokus pada penggunaan kembali/recycle membantu mendistribusikan kembali barang-barang bermanfaat kepada yang membutuhkan. Seperti furnitur, atau pakaian yang bisa digunakan kembali.

Zero-waste juga melindungi kesehatan masyarakat dengan mengurangi polusi udara, air, dan tanah dengan menjaga racun dan limbah yang mencemari lingkungan.

Baca Juga: Perilaku Ramah Lingkungan dari Lingkungan Rumah

4. Menciptakan Lapangan Kerja

Gaya hidup zero-waste menciptakan lapangan pekerjaan yang baik dan ramah lingkungan, karena sumber daya digunakan secara berulang, ketimbang digunakan sekali dan kemudian dibuang atau dihancurkan.

Dalam skala besar, gaya hidup zero-waste yang mengurangi dan menggunakan kembali bahan-bahan atau produk bisa menciptakan lebih banyak pekerjaan di bisnis penyewaan atau sharing business.

Rekomendasi Online Shop Ramah Lingkungan

Jika Moms tertarik untuk mulai beralih ke gaya hidup zero-waste, tetapi masih ragu untuk melakukannya langsung dalam skala besar, bisa dengan terlebih dahulu mengganti alat makan dengan yang ramah lingkungan.

Berikut ini beberapa rekomendasi online shop ramah lingkungan di Instagram yang bisa dijadikan referensi.

1. Herbit of Earth (@herbitofearth)

alat makan ramah lingkungan-1.jpg

Foto: instagram.com/herbitofearth

Herbit of Earth menjual berbagai peralatan makan yang ramah lingkungan. Seperti sendok, garpu, pisau yang terbuat dari bambu.

Tak hanya itu, mereka juga menjual sedotan, sumpit, dan tumbler yang dibuat dari stainless steel, sehingga dapat dicuci dan digunakan berulang kali.

Untuk info lebih lengkapnya, bisa langsung mengunjungi link ini.

Baca Juga: 5 Tips Mudah Merawat Peralatan Dapur Dari Plastik

2. Hadiah Bumi (@hadiahbumi)

alat makan ramah lingkungan-2.jpg

Foto: instagram.com/hadiahbumi

Akun Instagram Hadiah Bumi menjual alat makan ramah lingkungan seperti sendok, garpu, dan sedotan yang terbuat dari bambu dan dikemas cantik.

Tak hanya itu, akun ini juga menjual peralatan mandi dari bambu seperti loofah, sikat gigi, dan sabun ramah lingkungan.

Berlokasi di Bojonegoro, Moms bisa membeli barang-barang menarik lainnya dari Hadiah Bumi dengan mengunjungi link ini.

3. Morning Vale (@morning.vale)

alat makan ramah lingkungan-3.jpg

Foto: instagram.com/morning.vale

Morning Vale menunjukkan kepeduliannya terhadap lingkungan dengan membuat ragam produk ramah lingkungan, tidak hanya sebatas alat makan saja, lho!

Selain alat makan, tumbler, dan sedotan ramah lingkungan, toko ini juga menjual peralatan mandi seperti sikat gigi, cotton bud, scrubber, bahkan sisir.

Wah, banyak sekali ya produknya. Moms bisa langsung kunjungi link ini jika ingin mencari tahu tentang produk yang dijual Morning Vale ini, ya!

4. Garuda Bali (@garudabali.id)

alat makan ramah lingkungan-4.jpg

Foto: instagram.com/garudabali.id

Terakhir, ada akun Garuda Bali yang menjual peralatan makan ramah lingkungan.

Uniknya, online shop ini menjual peralatan makan sekali pakai seperti piring, sendok, dan garpu. Namun tenang Moms, tetap ramah lingkungan kok karena dibuat dari kayu birch yang eco-friendly.

Selain itu, produk-produk dari Garuda Bali ini punya kisaran harga yang murah. Cocok bagi Moms yang ingin menjaga lingkungan tanpa perlu menghabiskan banyak uang.

Nah itu dia Moms online shop yang menjual peralatan makan ramah lingkungan. Ada yang pernah berbelanja di sana Moms?

Artikel Terkait