3-12 BULAN
1 Juni 2020

Rekomendasi Porsi Susu dan MPASI Bayi

Ketahui rekomendasi porsi susu dan MPASI bayi agar perkembangan bayi lebih maksimal
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Gladys
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Pernahkah Moms bertanya-tanya, apakah ASI yang didapatkan bayi cukup? Atau apakah bayi sudah kenyang setelah mengonsumsi MPASI? Porsi makan setiap bayi tentu berbeda antara satu dengan yang lainnya.

Rekomendasi Porsi Susu dan MPASI Bayi

Namun, berikut ini rekomendasi porsi susu dan MPASI bayi secara umum, yang dapat membantu Moms mengetahui apakah kebutuhan makan Si Kecil terpenuhi dengan baik.

1. Baru Lahir – 6 Bulan

1 Baru Lahir – 6 Bulan.jpg

Foto: phduet - freepik.com

Bayi baru lahir akan mendapatkan seluruh kalori yang dibutuhkannya melalui ASI atau susu formula. Sehingga tidak ada pembagian rekomendasi porsi susu dan MPASI bayi, karena semua berasal dari susu.

Menurut American Academy of Pediatrics, bayi baru lahir umumnya minum ASI setiap dua sampai tiga jam sekali. Dalam sekali minum ASI dapat menghabiskan sekitar 30-60 ml.

Bayi usia dua bulan umumnya mengonsumsi 120-150 ml ASI setiap tiga sampai empat jam sekali. Sedangkan bayi usia enam bulan mengonsumsi 240 ml setiap empat sampai lima jam sekali.

Untuk bayi yang mengonsumsi susu formula, akan menghabiskan 60-90 ml per sekali minum dan minum setiap tiga sampai empat jam sekali. Umumnya, jumlah susu formula yang dikonsumsi bertambah 30 ml setiap bulan.

“Bayi akan memberi petunjuk jika sudah kenyang, dengan memperlihatkan kekurang tertarikannya dengan susu dan akan menarik menjauhkannya. Jangan paksakan bayi untuk makan lebih dari yang bayi inginkan jika bayi tetap berkembang dengan baik,” ungkap Nancy Choi, MD, seperti dikutip dari healthline.com.

Baca Juga: Berapa Banyak Porsi MPASI Pertama Bayi 6 Bulan?

2. 6-8 Bulan

2 6-8 Bulan.jpg

Foto: life is fantastic – Unsplash.com

“Saat bayi mencapai usia enam sampai delapan bulan, hampir semua kalorinya masih berasal dari ASI atau susu formula,” ungkap Natalie Muth, MD, R.D.N., pengarang buku The picky Eater Project, seperti dikutip dari parents.com.

Cobalah untuk tetap memberi bayi ASI setiap tiga sampai empat jam sehari atau bagi yang memberikan susu formula, maka rekomendasinya adalah sekitar 960 ml – 1,080 ml setiap hari yang dibagi dalam beberapa sesi minum.

Rekomendasi porsi susu dan MPASI bayi di usia ini adalah dengan memberikan makanan padat dua kali setiap hari dengan 2-4 sendok makan tiap waktu makannya. Tambahkan sedikit demi sedikit satu sendok dalam hitungan beberapa hari.

Baca Juga: Ketahui Porsi MPASI yang Tepat Sesuai dengan Tahapan Usia Bayi

3. 9-12 Bulan

3 9-12 Bulan.jpg

Foto: Rainier Ridao – Unsplash.com

Saat bayi mencapai usia sembilan hingga 12 bulan, rekomendasi porsi susu dan MPASI bayi adalah dengan memberikan sekitar 480 sampai 720 ml susu formula atau ASI setiap empat hingga lima jam sekali.

“Di usia sembilan hingga 12 bulan, setengah dari kalori bayi akan berasal dari makanan dan setengah sisanya dari ASI atau susu formula,” ungkap Dr. Muth. Bayi di usia ini cenderung akan tertarik untuk berpetualang dengan banyak pilihan rasa.

Sehingga jika bayi terlihat tertarik dengan camilan yang Moms konsumsi, tidak ada salahnya memberikannya sedikit. Namun, tentu tetap perhatikan jenis makanan yang diberikan, dalam kadar aman untuk dikonsumsi oleh bayi.

Baca Juga: Makanan Apa yang Baik Untuk MPASI Pertama Bayi 6 Bulan?

Itulah rekomendasi porsi susu dan MPASI bayi. Dengan mengetahui porsi yang tepat, perkembangan bayi pun akan bertumbuh dengan lebih baik.

Artikel Terkait