3-12 BULAN
27 September 2019

6 Rekomendasi Slow Cooker untuk MPASI dengan Harga Terjangkau

Slow cooker jadi pilihan alat masak yang praktis dan mudah ketika membuat MPASI
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Serenata Kedang
Disunting oleh Orami

Buat Moms yang anaknya sedang menuju MPASI dan memutuskan mau memberi homemade cooking, pasti sekarang sedang sibuk-sibuknya mempersiapkan segala perlengkapan.

“Apabila Anda memutuskan untuk membuat makanan bayi sendiri, hal itu tidak sulit. Yang Anda butuhkan hanyalah food grinder dan cara untuk mengukus makanan tersebut,” ujar Jennifer Shu, MD, seorang dokter anak dari Atlanta.

Nah, cara untuk mengukus makanan tidak hanya bisa di kompor saja, lho Moms, tapi bisa juga menggunakan slow cooker. Apakah Moms sudah tahu apa itu slow cooker dan kegunaannya?

Slow cooker atau dikenal juga dengan istilah crack pot, merupakan alat memasak yang menggunakan listrik dan menggunakan suhu lebih rendah dibanding metode memasak lain seperti memanggang, merebus, atau menggoreng. Sesuai dengan namanya, slow, alat ini memasak dalam waktu lama karena menggunakan api kecil.

Dengan slow cooker, Moms bisa memasak tanpa pengawasan selama berjam-jam. Slow cooker bisa digunakan untuk membuat aneka makanan yang direbus, dipanggang, sup, semur, minuman, dessert, atau saus.

Banyak Moms yang memilih slow cooker sebagai alat pembuat MPASI karena sifatnya yang praktis. Mom cukup mencincang-cincang bahan makanan, masukkan ke dalam slow cooker, beri air, dan masak.

Selagi dimasak, Moms pun bisa mengerjakan hal-hal lain seperti mengajak anak bermain, membereskan rumah, atau aktivitas lainnya. Biasanya, butuh waktu 2 - 4 jam untuk memasak dengan slow cooker.

Nah, bagi yang masih bingung slow cooker mana yang paling bagus untuk MPASI tetapi harganya terjangkau, berikut ini daftarnya, Moms. Yuk, dicek!

1. Takahi 0.7 L Slow Cooker (Rp375.000)

slow cooker takahi.jpg

Saat membicarakan slow cooker untuk MPASI, banyak Moms yang merekomendasikan merek Takahi ini, lho.

Bukan tanpa alasan, slow cooker dari Takahi ini ternyata bisa diatur kecepatan masaknya, mulai dari off, low, high, dan auto shift (untuk menghangatkan masakan).

Potnya pun terbuat dari tembikar atau keramik sehingga sewaktu-waktu bisa diletakkan di atas kompor apabila mati listrik.

Watt-nya pun tidak terlalu besar, yakni 95 watt. Ada banyak varian ukuran untuk Takahi slow cooker, di antaranya 0.7 L, 1.2 L, sampai 2.4 L. Biasanya, ukuran yang sering digunakan untuk membuat MPASI adalah 0.7 L.

Baca Juga: Jangan Bingung Dulu, Ini Persiapan MPASI Pertama Bayi

2. Baby Safe LB 007 Slow Cooker (Rp250.000)

slow cooker baby safe.jpg

Baby Safe sudah banyak memproduksi alat-alat makan minum bayi, termasuk slow cooker. Tersedia dua varian ukuran yakni 0.8 L dan 1.5 L.

Slow cooker untuk MPASI dari Baby Safe ini dilengkapi dengan multiple timer, mulai dari 2, 3, dan 4 jam serta fitus keep warm.

Slow cooker ini pun sudah BPA Free sehingga Moms tidak perlu khawatir akan keamanannya untuk masakan, ya. Daya listriknya pun termasuk kecil, yakni hanya 80 watt.

Saat membeli Baby Safe slow cooker, Moms akan mendapatkan gelas takar beras sehingga memudahkan Moms untuk mengukur air dan beras yang harus dimasukkan.

3. Maspion MSC-1825 Slow Cooker (Rp250.000)

slow cooker maspion.jpg

Salah satu rekomendasi slow cooker untuk MPASI lainnya ialah merek Maspion, Moms. Ketika hendak membeli slow cooker, salah satu hal yang jadi pertimbangan adalah susah atau tidaknya membersihkan pot.

Nah, dengan Maspion slow cooker Moms tidak perlu khawatir karena pot Maspion menggunakan bahan keramik. Jadi, akan sangat mudah dibersihkan meskipun ada banyak sisa makanan yang menempel.

Ada dua varian slow cooker dari Maspion, yakni tipe MSC-6500 yang punya daya 210 watt dan kapasitas 6 L, dan tipe MSC-1825 dengan daya 180 watt dan kapasitas 2.5 L.

Tutupnya pun terbuat dari kaca sehingga memudahkan Moms untuk mengecek apakah makanan sudah matang atau belum, tanpa harus membuka tutupnya.

Baca Juga: Jangan Panik Dulu, Ini Dia Penyebab Diare pada Bayi

4. Cyprus 0064 Slow Cooker (Rp180.000)

slow cooker cyprus.jpeg

Slow cooker yang satu ini harganya terjangkau banget, Moms. Dengan kapasitas 0.7 L dan daya 70 watt, slow cooker untuk MPASI ini hanya bisa untuk memasak sekali makan saja.

Pot dan tutupnya terbuat dari keramik food grade yang tahan panas sehingga MPASI bisa jadi lebih bernutrisi dan lezat.

Slow cooker dari Cyprus ini punya satu waktu pengaturan yakni on/off dan proses memasaknya bisa sampai 6 jam. Namun, slow cooker yang satu ini sangat ringkas apabila mau dibawa untuk berpergian.

5. Miyako SC-400 Slow Cooker (Rp300.000)

slow cooker miyako.jpg

Satu lagi rekomendasi slow cooker untuk MPASI dengan harga terjangkau, yakni merek Miyako SC-400, Moms. Meskipun kapasitasnya besar yakni 4L, tetapi daya wattnya terbilang kecil yakni hanya 160 watt.

Desainnya sederhana namun tetap terlihat kokoh. Tutupnya terbuat dari kaca bening sehingga Moms bisa mengecek masakan kapan saja tanpa harus membukanya.

Pot bagian dalam dilapisi dengan material anti-lengket, jadi Moms tidak perlu khawatir akan susah ketika membersihkannya.

Ada 4 varian pengaturan yang bisa dipilih, yakni low, high, atau warm. Slow cooker ini juga punya fitur automatic warming, di mana masakan akan otomatis berubah ke warm setelah selesai dimasak.

Baca Juga: Catat! Ini 9 Jadwal Imunisasi Bayi Tambahan dan Manfaatnya

6. Mito Slow Cooker (Rp200.000)

slow cooker mito.jpg

Moms, punya slow cooker yang memiliki fitur auto warming sangat membantu, lho. Tentu saja supaya masakan bisa tetap hangat sampai tiba waktu makan Si Kecil.

Nah, slow cooker dari Mito dengan harga terjangkau ini pun punya fitur auto warming yang bisa menghangatkan masakan secara otomatis setelah matang.

Potnya pun terbuat dari keramik berkualitas tinggi dan BPA free. Selain itu, apabila suatu hari nanti listrik mati, Moms bisa juga menggunakan pot slow cooker ini di atas kompor. Slow cooker dengan kapasitas 0.7 L ini punya daya watt yang cukup kecil, yakni 135 watt saja.

Moms, itulah 6 rekomendasi slow cooker untuk MPASi dengan harga terjangkau. Bagaimana pun metode memasak yang dipilih Moms, entah itu menggunakan slow cooker atau kompor, selalu pastikan bahan makanan untuk MPASI masih segar dan fresh, ya. Selamat berburu slow cooker!

(SR/ERW)

Artikel Terkait