KESEHATAN
11 Agustus 2016

Relaksasi dalam 5 Pose Yoga

Yuk, rileks sejenak!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh (fitria.rahmadianti)
Disunting oleh (fitria.rahmadianti)

Pundak terasa tegang, mata terasa kering, dan kepala mulai pusing? Bila Anda seharian berada di depan komputer dan berkutat dengan kesibukan, maka sudah waktunya untuk berhenti sejenak. Mari melakukan relaksasi untuk meringankan beban yang ada di pundak Anda, karena bekerja dengan keadaan tegang tak akan menjadi hasil yang maksimal. Kini saatnya menyisakan beberapa menit untuk melakukan 5 Asana yang akan melunturkan ketegangan Anda, cukup melakukan 5 Pose. Simak pose-pose berikut ini.

1. Fish Pose

Berbaringlah dengan punggung menempel rata pada matras. Kemudian angkat punggung Anda setinggi mungkin tanpa merubah posisi kepala dan pinggang, yakni tetap menempel pada matras. Tahan pose ini dalam 10 hitungan napas.

2. Child Pose

Bersimpuhlah dengan melebarkan kedua lutut dan kaki menempel rapat rata pada matras. Kemudian angkat pinggang Anda dan berbaringlah pada kedua paha Anda. Rileks, letakkan kepala Anda pada matras dan posisikan kedua lengan di samping kepala dengan telapak menghadap ke atas. Bertahanlah dalam pose ini dalam 10 kali pernapasan. Akhiri child pose dengan duduk bersimpuh.

3. Ardha Uttanasana

Gerakan ini sangatlah sederhana. Berdirilah dengan kedua kaki rapat dan bungkukkan badan Anda hingga kedua telapak tangan menyentuh matras. Usahakan pinggang dan badan Anda dalam posisi sejajar, lalu rapatkan kedua tangan Anda pada ujung kaki. Tahan posisi ini dalam 10 hitungan napas.

4. Warrior 2, modified

Awali pose ini dengan memutar pundak searah jarum jam, berdirilah dengan meregangkan kedua kaki Anda. Lalu, jatuhkan beban tubuh Anda pada kaki kanan dan tekuk hingga 90 derajat, posisikan sejajar dengan tangan kiri Anda. Angkatlah lengan kanan Anda di atas kepala dan raihlah siku kiri Anda. Tahan pose ini dalam 5 hitungan napas dan lakukan dengan bagian tubuh yang berlawanan.

5. Prasarita Padottanasana

Berdirilah di antara kedua kaki Anda, beri jarak selebar mungkin dan bungkukkan badan Anda hingga kepala menyentuh matras. Bagi pemula, Anda bisa menggunakan kursi atau block untuk melakukan pose ini. Rendahnya kepala Anda ditentukan oleh tingkat kelenturan tubuh Anda. Cobalah secara bertahap hingga pose ini terwujud dengan sempurna.

--SR

Foto: popsugar

Artikel Terkait