BAYI
20 Februari 2020

10 Inspirasi Nama Anak Laki-laki Islam dengan Awalan Huruf A, Religius!

Pilihlah nama-nama anak Islami yang bisa menginspirasi dan memberi ilham bagi sesama
Artikel ditulis oleh Serenata Kedang
Disunting oleh Orami

Moms, memilih sebuah nama bisa jadi momen paling penting sekaligus membingungkan bagi kedua orang tua. Apalagi jika ini adalah anak pertama atau anak yang sudah sangat dinantikan kehadirannya.

Nama merupakan simbol harapan yang diberikan orang tua kepada anak. Maka, sebaiknya berikan nama-nama yang mengandung hal-hal positif dan arti bagus supaya anak bisa mendapatkan harapan yang baik pula.

Ahli nama bayi sekaligus penulis buku The Baby Name Wizard: A Magical Method for Finding the Perfect Name for Your Baby Laura Wattenberg mengatakan, sebuah nama jadi lebih penting karena saat ini nama jadi lebih bervariasi.

"Setiap pilihan nama jadi punya arti yang kuat bagi anak-anak,” katanya.

Inspirasi Nama Anak Laki-laki Islam dengan Awalan Huruf A

Tenang, Moms, untuk mempermudah Moms memilih nama-nama dengan arti dan harapan yang bagus, berikut ini pilihan nama anak laki-laki Islam dengan awalan huruf A.

Baca Juga: Wajib Tahu! Ini 9 Gejala Penyakit Lupus pada Perempuan

1. Arif

Ragam Pilihan Nama Anak Laki-laki Islam dengan Awalan Huruf A nama bayi.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Nama Arif berasal dari bahasa Arab yang punya arti bijaksana, yang mengetahui, tahu, atau yang bijak. Nama ini umumnya diberikan pada anak laki-laki sebagai nama depan.

Karena punya arti bijaksana, biasanya anak dengan nama Arif punya kecenderungan untuk tampil percaya diri, berani mengekspresikan keinginannya, dan suka dengan petualangan.

2. Aariz

Aariz berasal dari bahasa Arab dengan arti laki-laki terhormat, cerdas, dan pemimpin bangsa. Nama Aariz merupakan nama anak laki-laki, bisa diberikan sebagai nama depan, tengah, atau belakang.

Orang tua yang memberikan nama Aariz biasanya punya harapan anaknya jadi pemimpin berwibawa, senang bertualang, dan jadi pribadi yang mandiri.

3. Abdul

Ragam Pilihan Nama Anak Laki-laki Islam dengan Awalan Huruf A nama bayi.jpg3.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Abdul merupakan nama yang biasa digunakan untuk anak laki-laki, berasal dari bahasa Arab. Nama Abdul punya arti pelayan atau hamba.

Orang tua yang memberikan nama Abdul punya keinginan agar anaknya jadi hamba yang setia pada Allah SWT. Biasanya anak dengan nama Abdul punya karakter suka berusaha keras, jujur, teliti, dan bisa dipercaya.

Baca Juga: 8 Obat Alami yang Mujarab Atasi Radang Tenggorokan

4. Aqib

Nama Aqib juga jadi salah satu nama anak laki-laki Islam yang punya arti bagus, yaitu balasan yang baik. Dengan nama Aqib, anak diberikan harapan bisa jadi pribadi yang berambisi untuk jadi pemimpin berjiwa baik, ambisius, bertekad tinggi, dan selalu ingin berhasil supaya bisa membantu orang lain.

Dalam bahasa Arab, Aaqib berarti follower atau pengikut.

5. Amir

Ragam Pilihan Nama Anak Laki-laki Islam dengan Awalan Huruf A nama bayi.jpg4.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Amir juga jadi salah satu nama anak laki-laki Islam yang jadi pilihan orang tua. Amir atau Emir berasal dari bahasa Arab yang punya arti pemimpin, jenderal, atau pangeran.

Emir biasa diterjemahkan jadi Amir, Aamir, atau Ameer adalah gelar bangsawan tinggi yang banyak digunakan di negara Timur Tengah, Arab, Afrika Utara, dan Turki.

6. Affan

Nama Affan mulai meningkat popularitasnya sejak tahun 2008. Nama ini berasal dari bahasa Arab dengan arti menjaga diri dari yang tidak halal, atau bisa juga berarti pendaki.

Nama satu ini paling cocok digunakan sebagai nama depan anak laki-laki. Salah satu artis terkenal yang menggunakan nama Affan adalah Alfie Affandi, pemeran Ustaz Jefri Al Buchori dalam film Hijrah Cinta (2014).

7. Adam

Ragam Pilihan Nama Anak Laki-laki Islam dengan Awalan Huruf A nama bayi.jpg2.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Dalam bahasa Inggris, Adam berarti manusia pertama, sedangkan dalam bahasa Islami, Adam berarti Nabi pertama. Nama Adam diberikan dengan harapan anak bisa jadi teladan yang baik bagi keluarga dan sekitar.

Belakangan, nama Adam mulai menurun popularitasnya tapi tidak mengurangi arti dan harapan yang dibawa oleh nama ini. Dalam beberapa bahasa seperti Jerman, Prancis, dan Hungaria, Adam punya arti bumi merah.

Baca Juga: 4 Tips Mencegah Penyakit DBD di Rumah

8. Afdhal

Afdhal dalam bahasa Islami berarti lebih utama dan merupakan bentuk lain dari kata afdhol. Afdhal juga bisa berarti kemuliaan, keunggulan, luar biasa, dan menonjol.

Nama ini paling cocok diberikan sebagai nama pertama atau tengah untuk anak laki-laki.

9. Awad

Ragam Pilihan Nama Anak Laki-laki Islam dengan Awalan Huruf A nama bayi.jpg5.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Nama anak laki-laki Islami yang satu ini termasuk unik, Moms, karena jarang ada yang punya. Awad punya arti pemberian atau hadiah yang diberikan.

Nama ini umumnya dibeirkan untuk anak laki-laki sebagai nama tengah. Orang tua yang memberikan nama Awad biasnaya punya harapan agar anaknya bisa menjadi penolong bagi siapapun, bijaksana, dan setia.

10. Azam

Azam dalam bahasa Arab berarti keazaman (cita-cita) dan dalam bahasa Islami berarti agung atau yang paling penting. Nama Azam biasnaya diberikan sebagai nama depan atau nama tengah.

Anak dengan nama Azam biasanya punya ambisi kuat untuk mencapai keinginannya, jujur, teliti, dan tidak suka kecurangan.

Moms, itulah ragam pilihan nama anak laki-laki Islam dengan awalan huruf A beserta artinya yang bisa dipertimbangkan. Jangan lupa, konsultasikan juga dengan Dads ya untuk pemilihan nama anak.

(SR/ERN)

Artikel Terkait