BALITA DAN ANAK
10 Desember 2019

Remaja Rentan Obesitas! Ini Aktivitas Fisik untuk Mempertahankan Berat Badan Ideal

Aerobik, yoga, jalan-jalan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Moms, remaja bisa jadi rentan terhadap obesitas lho. Beberapa gelaja remaja rentan obesitas terkadang tak dihiraukan oleh Moms atau Dads.

Melansir dari Stanfordchildren, salah satu gejala utama obesitas adalah terlalu banyak lemak yang ada pada tubuh. Namun, hingga saat ini masih sulit menentukan cara mengukur lemak yang ada di dalam tubuh.

Untuk itu, ada pedoman standar untuk mengukurnya yakni, Body Mass Index (BMI) atau yang biasa kita kenal dengan sebutan Indeks Masa Tubuh (IMT).

Masih dalam laman yang sama, remaja dikatakan rentan obesitas setelah pengukuran IMT nya menunjukkan lebih dari 30.

Tak hanya dapat dilihat menggunakan IMT, Moms juga dapat melacak remaja yang dikatakan rentan obesitas berdasarkan beberapa hal berikut:

  1. Riwayat penyakit keluarga
  2. Tekanan darah tinggi
  3. Tingkat Kolesterol total
  4. Kekhawatiran tentang berat badan Si Kecil

Jika Moms sudah memastikan hal-hal tersebut, sebaiknya Moms segera menghubungi dokter. Konsultasikan mengenai keadaan Si Kecil yang kini sudah menginjak remaja yang dikhawatirkan rentan terhadap obesitas.

Baca Juga: Bagaimana Cara Menghitung Berat Badan Ideal? Simak Penjelasannya di Sini

Aktivitas Fisik untuk Mempertahankan Berat Badan Ideal

Jika Moms tidak ingin hal itu terjadi pada Si Kecil yang sudah menginjak remaja, ada beberapa hal yang bisa Si Kecil lakukan lho Moms.

Hal ini bisa dilakukan untuk mencegah obesitas yang rentan terjadi pada Si Kecil yang menginjak remaja.

Melansir dari Kidshealth, rupanya beberapa ahli menyarankan Si Kecil yang menginjak usia remaja untuk beraktivitas dengan olahraga selama kurang lebih 60 menit.

Bukan tanpa alasan, hal ini agar Si Kecil akan terus bugar dan energik saat menjalani aktivitasnya sehari-hari.

Mengutip dari ahli kesehatan dari Kidshealth, berikut beberapa aktivitas fisik untuk mempertahankan berat badan ideal.

1. Aerobik

remaja rentan obesitas

Foto: pixabay

Moms, rupanya aerobik bisa menjadi salah satu aktivitas fisik untuk mempertahankan berat badan ideal lho. Dalam latihan kekuatan di aerobik, ahli menyarankan bahwa Si Kecil harus memfokuskan pada bagian otot utama.

Bagian otot utama yang dimaksud adalah tubuh bagian atas serta kaki. Si Kecil juga dianjurkan untuk melakukan beberapa latihan ringan sebelum melakukan aerobik.

Baca Juga: Inilah Berat Badan Bayi Ideal Di Satu Tahun Pertama

2. Yoga

remaja rentan obesitas

Foto: pixabay

Tak hanya aerobik, rupanya yoga juga bisa diterapkan sebagai aktivita fisik untuk mempertahankan berat badan ideal si Kecil lho Moms. Pose dalam yoga dinilai merupakan cara yang bagus untuk meregangkan otot yang ada dalam tubuh Si Kecil.

Dalam aktivitas yoga yang dilakukan Si Kecil, hal yang paling ditonjolkan adalah peregangan. Tentu saja, Moms harus meminta bantuan pelatih untuk membimbing Si Kecil salam melakukan yoga.

Baca Juga: Berat Badan Ideal Atau Tidak? Cari Tahu Dengan Cara Ini

3. Jalan Santai

remaja rentan obesitas

Foto: pixabay

Moms, jika Si Kecil terlalu lelah untuk melakukan aerobik ataupun yoga, Moms dapat mengajaknya untuk sekadar berjalan-jalan dengan santai.

Ajak Si Kecil untuk berjalan-jalan keliling lingkungan sekitar rumah. Untuk menambah daya tarik Si Kecil, ajaklah serta hewan kesayangan Si Kecil untuk berjalan-jalan.

Aktivitas yang membuat Si Kecil bergerak dan memompa jantung ini tentu saja baik untuk Si Kecil. Itulah beberapa aktivitas fisik untuk mempertahankan berat badan ideal dilakukan remaja yang rentan obestias.

Selamat mencoba ya!

Artikel Terkait