PROGRAM HAMIL
30 November 2017

Rencanakan Kehamilan Lagi 6 Bulan Pasca Keguguran

Waktu terbaik merencanakan kehamilan pasca keguguran
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh fitria.rahmadianti
Disunting oleh fitria.rahmadianti

Dalam kebanyakan kasus, keguguran adalah bentuk proteksi tubuh secara alami akibat kelainan janin atau masalah internal yang tidak dapat dikendalikan oleh wanita hamil.

Pada kasus tertentu, tubuh mungkin mengalami keguguran sebanyak empat dari lima kehamilan tanpa seorang wanita sadar kalau dia hamil. Proses pembuahan yang tidak sempurna acapkali mengharuskan tubuh perempuan memulihkannya.

Setelah keguguran, kemungkinan hamil bisa meningkat atau bahkan tetap tidak berubah. Jumlah keguguran dapat menurunkan peluang hamil dari waktu ke waktu, tetapi ada juga kemungkinan bahwa keguguran tidak akan berpengaruh pada peluang hamil, meskipun ada kemungkinan berpengaruh pada waktu kelahiran bayi.

Peluang hamil setelah keguguran akan sangat tergantung pada alasan keguguran sebelumnya.

Berapa Lama Idealnya Wanita Harus Menunda Rencana Kehamilan Pasca Keguguran?

Moms tentu bertanya-tanya berapa lama idealnya wanita yang mengalami keguguran dapat mencoba program hamil lagi. Apakah secepat mungkin? Segera setelah pendarahan berhenti? Tiga bulan? Enam bulan? Atau apabila Moms sudah pulih secara fisik dan emosional?

Jawabannya: semua saran ini dianjurkan bagi mereka yang pernah mengalami keguguran. Tubuh perempuan siap hamil lagi tak lama setelah keguguran. Kadar hormon berada pada tingkat tertinggi, sehingga infertilitas berkurang dan kesuburan meningkat.

Namun, demi kesehatan dan pemulihan fisik dan emosi perempuan serta mengurangi kemungkinan keguguran berulang, banyak dokter akan menyarankan untuk menunggu setidaknya satu siklus menstruasi teratur untuk meningkatkan kemungkinan hamil dan mempertahankan kehamilan yang sehat tanpa komplikasi.

Berapa lama wanita harus menunggu sebelum mencoba program hamil setelah keguguran masih menjadi perdebatan serius.

Sebuah studi baru-baru ini meneliti catatan medis lebih dari 30.000 perempuan Skotlandia dan menemukan bahwa kehamilan dalam waktu enam bulan pasca keguguran berkaitan dengan risiko keguguran berulang yang lebih rendah, kehamilan ektopik, atau berbagai risiko lainnya dibanding kehamilan pada 6-12 bulan setelah keguguran.

Menurut salah satu penelitian terkenal, wanita yang mengalami keguguran harus memikirkan rencana kehamilan dalam waktu enam bulan. Pendapat ini dikemukakan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), yang menyarankan para pasangan agar menunggu setidaknya enam bulan sebelum menjalani program hamil pasca keguguran.

Tinjauan ilmiah juga menemukan bahwa wanita yang menjalani program hamil dalam kurun waktu ini bisa menurunkan risiko keguguran berulang hingga hampir seperlimanya. Selain peluang mereka cepat hamil lebih tinggi, kemungkinan anak mereka terlahir prematur juga kecil.

Dr. Sohinee Bhattacharya, penulis utama penelitian tersebut dari University of Aberdeen, Skotlandia, mengemukakan bahwa temuan itu bisa berkaitan dengan usia.

Artinya, wanita yang berusia lebih tua lebih mungkin mengalami keguguran berulang, sehingga jika ingin menunda kehamilan dengan berbagai macam alasan tertentu, maka Moms lebih cenderung mengalami keguguran berulang. Tentunya Moms tidak ingin mengalami penderitaan ini untuk kesekian kalinya, bukan?

Berapa Besar Peluang Hamil Setelah Keguguran?

Banyak wanita merasa gamang mencoba program hamil terlalu cepat, meskipun sudah mendapat petunjuk medis tentang jeda waktu rencana kehamilan pasca keguguran.

Tinjauan tersebut diterbitkan dalam jurnal Human Reproduction Update, yang memeriksa 16 penelitian dengan mengambil sampel 1,04 juta perempuan untuk menemukan dampak kehamilan dalam waktu enam bulan.

Ditemukan bahwa peluang mengalami keguguran berulang turun hingga 18 persen dalam periode ini, dengan teori lain adalah bahwa wanita yang mengalami keguguran masih memiliki kadar asam folat tinggi yang diperlukan oleh bayi mereka ketika mereka mencoba program hamil lagi.

Kemungkinan anak yang lahir prematur turun 21 persen, sementara tingkat kekurangan berat badan bayi dan lahir mati tidak berbeda pada mereka yang mengandung dalam waktu enam bulan dibanding setelah kurun waktu itu.

Perempuan juga kemungkinan kecil menderita preeklampsia, yaitu tekanan darah tinggi pada kehamilan yang bisa berbahaya bagi janin.

Peluang kehamilan pasca keguguran sering kali sama dengan sebelum keguguran. Perempuan, yang mencoba program hamil kedua, cenderung berhasil 95%. Wanita dengan dua atau lebih keguguran memiliki tingkat keberhasilan 75% pada upaya berikutnya.

Kesehatan, penyakit, komplikasi, dan faktor lain akan memengaruhi peluang hamil. Namun, penting untuk dicatat bahwa beberapa perempuan lebih mungkin mengalami keguguran karena beberapa alasan yang tidak diketahui.

Menu sehat yang kaya asam folat sebelum mencoba kehamilan kedua adalah salah satu faktor paling penting untuk meningkatkan peluang hamil. Beberapa ahli percaya, keguguran lebih mungkin terjadi pada wanita dengan kadar asam folat berkurang sebelum hamil.

Janin membutuhkan asam folat selama minggu-minggu pertama perkembangan, bahkan sebelum seorang wanita tahu kalau dia hamil. Konsumsi vitamin prenatal pasca keguguran dan selama rencana kehamilan berikutnya dapat meningkatkan kadar asam folat.

Bagaimana Tindakan Selanjutnya untuk Merencanakan Program Hamil Pasca Keguguran?

Sebelum mempertimbangkan rencana kehamilan, Moms bisa mencoba cara ini agar cepat hamil. Moms mungkin ingin tahu apa yang harus Moms lakukan selanjutnya. Tidak ada kata ‘harus,’ hanya pertimbangkan apa yang aman dan tepat bagi Moms dan pasangan. Sebaliknya, ada sejumlah pilihan:

  • Memutuskan untuk tidak berbuat apa-apa saat ini, dan mempertimbangkan rencana kehamilan di kemudian hari
  • Sepakat mencoba program hamil dan tetap rutin berhubungan seks
  • Setuju ingin mencoba hamil lagi, tapi tidak sekarang
  • Meminta saran dokter jika Moms mengalami keguguran berulang atau jika Moms telah berjuang keras untuk hamil
  • Memutuskan untuk berhenti berusaha

Ingatlah: dalam beberapa kasus keguguran, pengalaman setiap wanita akan berbeda-beda dan cara Moms mengatasi trauma pasca keguguran dan keputusan Moms untuk mencoba hamil lagi atau tidak, semuanya ada di tangan Moms.

Nah, bagi Moms yang telah melewati keguguran, bagaimana cara Moms sehingga berhasil menjalani program hamil lagi? Silakan bagikan pengalaman Moms di kolom komentar.

(ROS)

Artikel Terkait