RESEP
8 Mei 2020

Resep Bolu Kukus Mekar Cantik, Yuk Coba!

Simak juga tips antigagalnya ya Moms!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fitria Rahmadianti
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Bolu kukus memang bisa dengan mudah dan murah dibeli di toko kue dan di pasar. Namun, membuat bolu kukus agar mekar cantik bisa memberikan kepuasan tersendiri, lho.

Bolu kukus adalah jenis sponge cake yang mengembang dan lembap karena dimasak dengan cara dikukus. Tampilannya cantik seperti bunga yang sedang mekar. Tapi, membuatnya merekah sempurna ternyata cukup menantang, lho, Moms.

Banyak orang mengaku gagal membuat bolu kukus agar mekar cantik. Masalah yang sering ditemui adalah bolu kukus “mingkem” dan bantat. Nah, di artikel ini, Moms akan mendapatkan kiat agar bolu kukus sukses “tertawa” lebar.

Asyiknya lagi, proyek membuat bolu kukus agar mekar cantik bisa melibatkan anak-anak. Ajak mereka mewarnai adonan dan memasukkannya ke cetakan dengan pola berbeda-beda.

Jika Moms menggunakan panci kukus dengan tutup transparan, Si Kecil bisa melihat bolunya merekah seperti bunga saat dimasak. Ia pasti akan gembira!

Baca Juga: Resep Oreo Cheese Cake Tanpa Oven, Gampang!

Resep Bolu Kukus Mekar

Siap dengan tantangan membuat bolu kukus agar mekar cantik, Moms? Ini resep dari Meysi Budiyanti yang menggunakan metode all-in-one atau langsung mencampur semua bahan.

Bahan Bolu Kukus Mekar

  • 200 gram terigu protein rendah
  • 200 gram gula pasir
  • 200 ml santan (atau 65 ml santan instan plus 135 ml air)
  • 1 butir telur suhu ruang
  • 1 sdt emulsifier
  • ½ sdt vanili bubuk
  • Pewarna makanan sesuai selera

Cara Membuat Bolu Kukus Mekar

  1. Campur semua bahan menjadi satu kecuali pewarna makanan.
  2. Kocok menggunakan mikser dengan kecepatan tinggi selama 10 menit. Adonan akan sedikit berjejak, kaku, dan kental.
  3. Jika ingin diberi macam-macam warna, pisahkan adonan menjadi beberapa bagian lalu beri pewarna yang berbeda-beda sesuai selera dan aduk rata.
  4. Masukkan masing-masing adonan ke plastik segitiga dan gunting ujung plastiknya. Semprotkan adonan dasar ke cetakan bolu kukus yang sudah dialasi cup kertas sampai 2/3 penuh. Kemudian, semprotkan adonan warna lain ke atasnya sampai penuh.
  5. Panaskan kukusan dengan api besar sampai beruap banyak. Masukkan cetakan-cetakan bolu kukus dan kukus selama 10 menit.
  6. Tes kematangan bolu dengan tusuk gigi. Jika sudah matang, matikan api.
  7. Bolu kukus siap disajikan.

Baca Juga: Resep Puding Pisang Kukus yang Lembut dan Enak

Tips Membuat Bolu Kukus agar Mekar Cantik

bolu kukus

  • Sebaiknya gunakan terigu protein rendah (tepung cake) agar hasilnya lebih ringan dan lembut. Kalau tidak ada, Moms bisa mencampur ¾ cup terigu serbaguna dengan ¼ cup tepung jagung.
  • Menggunakan santan membuat bolu kukus terasa lebih gurih. Namun, ada juga resep yang memakai soda untuk mengembangkan bolunya. Jika Moms menggunakan soda manis, Moms bisa mengurangi takaran gula pasirnya. Pastikan juga soda baru dibuka saat akan digunakan, ya, Moms, agar masih berkarbonasi. Jangan lupa tambahkan baking powder. Dikutip dari jurnal NF94-186 Functions of Baking Ingredients, baking powder mengandung baking soda dan sejumlah asam untuk berekasi. Adonan yang dibuat dengan baking powder bisa mengembang dua kali lipat. Jadi, jangan sampai terlewat ya Moms.
  • Jika Moms ingin membuat motif semangka atau buah naga, Moms bisa membuat bintik-bintiknya menggunakan meses, selasih, atau wijen hitam.
  • Cetakan bolu kukus berbentuk seperti cup yang terbuat dari aluminium yang bisa menghantarkan panas dengan baik. Di dasar dan sisi cetakan terdapat lubang-lubang agar uap panas bisa menembus cetakan dan mematangkan kue secara merata. Jika Moms tidak punya, Moms bisa menggantinya dengan cetakan silikon yang dialasi cup kertas.
  • Isi adonan ke cetakan hingga penuh agar bolu kukus mekar cantik.
  • Jangan terlalu rapat meletakkan cetakan-cetakan bolu kukus di dalam kukusan karena adonan butuh ruang untuk mengembang sempurna.
  • Air kukusan jangan terlalu tinggi karena saat mendidih bisa menciprati bagian bawah bolu kukus. Akibatnya, bolu menjadi bantat.
  • Lapisi tutup kukusan dengan serbet untuk mencegah uap menetes ke bolu.
  • Hindari membuka tutup kukusan sebelum waktunya karena bisa membuat bolu gagal mengembang.
  • Setelah 10 menit mengukus, matikan api. Namun, diamkan dulu lima menit, baru buka tutup kukusan. Ini untuk mencegah bolu menciut karena perubahan suhu yang drastis.
  • Simpan bolu kukus di wadah bertutup kedap udara atau bungkus dengan plastik satu per satu agar bolu tidak kering dan keras

Baca Juga: Kreasi Resep Takjil dengan 3 Bahan, Mudah!

Dengan tips di atas, membuat bolu kukus agar mekar cantik bukan hal mustahil lagi. Selamat mencoba!

Artikel Terkait