RESEP
29 Juli 2019

Resep Bublanina, Kue Buah Asal Ceko

Cocok dinikmati bersama secangkir teh hangat!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Intan Aprilia

Nama bublanina mungkin terdengar asing di telinga Moms. Tapi, bahan-bahan yang mudah didapat serta langkah pembuatan yang praktis membuat kue buah bertekstur padat ini patut Moms coba.

Bublanina adalah kue yang berasal dari Ceko. Dalam Bahasa Ceko, bublanina berarti “gelembung”. Tampaknya, nama tersebut diambil dari permukaan kue yang tampak menggelembung sehingga hampir menutupi buah di atasnya.

Resep bublanina aslinya menggunakan ceri atau bluberi, meski sebenarnya kue ini bisa menggunakan buah apa saja yang sedang musim. Plum, aprikot, dan stroberi juga bisa dipakai dalam bublanina.

Saat dipanggang, sari buah akan menyebar di adonan sehingga membuat kue lebih lembut. Bagian atas bublanina biasanya ditaburi gula halus atau streusel (sejenis crumble atau remah kue).

Baca Juga: Lembut dan Segar, Yuk Coba Bikin Resep Mango Cake!

Bublanina mirip dengan kue bernama “clafoutis” asal daerah Limousin, Prancis. Bedanya, clafoutis tradisional menggunakan ceri hitam dan adonannya seperti flan yang berbasis susu. Kalau menggunakan buah jenis lain, orang Prancis menyebutnya “flaugnarde”.

Bublanina dapat ditemukan di pasar-pasar di Praha atau di restoran-restoran di Ceko. Kue tradisional ini biasa dijadikan menu sarapan bersama secangkir kopi.

Ada dua cara membuat bublanina. Cara yang paling mudah adalah mencampur semua bahan lalu mengocoknya sampai tercampur rata dan memanggangnya. Metode ini membuat tekstur kue padat.

Jika ingin kue agak empuk mengembang seperti sponge cake, telur dan gula perlu dikocok dulu sampai mengembang, baru dicampur bahan lain. Ini langkah lengkap resep kue bublanina:

Baca Juga: Yuk Coba Resep Dessert dan Kue Seru dari Nicky Tirta!

shutterstock_291751421.jpg

Bahan-bahan Resep Kue Bublanina:

  • 4 butir telur
  • 200 gram gula halus
  • 120 ml minyak
  • 200 gram terigu
  • 1 sdm baking powder
  • 1/2 sdt vanili bubuk atau ekstrak vanili
  • Buah seperti ceri, bluberi, stroberi, dan sebagainya

Baca Juga: Belajar Bikin Kue? Ini 8 Peralatan Membuat Kue yang Harus Dimiliki

Resep Kue Bublanina:

  1. Persiapan: Panaskan oven dengan suhu 180 derajat Celcius. Olesi bagian dalam loyang dengan margarin. Sisihkan.
  2. Kocok telur dan gula sampai berbuih atau sekitar lima menit.
  3. Tambahkan minyak dan kocok rata.
  4. Masukkan terigu, baking powder, dan vanili bubuk. Aduk hingga tercampur rata dan halus tanpa gumpalan.
  5. Tuang adonan ke loyang. Tata buah di atasnya.
  6. Panggang selama 30-35 menit. Keluarkan dari oven. Tes kematangan kue dengan menusukkan tusuk gigi. Jika tidak ada adonan menempel di tusuk gigi, berarti kue sudah matang. Biarkan hingga kue dingin.
  7. Setelah dingin, keluarkan kue dari loyang dan potong-potong.
  8. Bublanina siap dinikmati bersama secangkir teh atau kopi.

Moms juga bisa mengganti setengah bagian minyak dengan margarin leleh agar kue yang dihasilkan lebih wangi. Mudah kan resep kue bublanina ini? Yuk bikin di rumah!

(EMA)

Artikel Terkait