RESEP
31 Oktober 2020

Kenyal dan Nikmat, Ini Resep Choi Pan Rumahan yang Bisa Dicoba!

Ternyata membuat choi pan yang gurih nan lembut cukup mudah dan bisa dilakukan di rumah!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Rizky
Disunting oleh Intan Aprilia

Pernah nggak sih Moms saat menonton adegan makan di sebuah film, kemudian tiba-tiba langsung ingin makan makanan dalam film tersebut?

Mungkin hal ini cukup umum terjadi, apalagi jika film tersebut memang fokus membahas makanan atau menjadikan makanan sebagai benang merah dalam cerita.

Salah satu film yang cukup Indonesia yang pasti bikin Moms lapar saat menontonnya adalah film Aruna dan Lidahnya.

Film yang diangkat dari novel karya Laksmi Pamuntjak ini menceritakan Aruna (diperankan oleh Dian Sastrowardoyo) dan kawan-kawannya berpetualang ke beberapa kota di Indonesia. Nah, salah satu camilan yang langsung menjadi perhatian banyak orang adalah Choipan.

Choi pan atau chai kue adalah kuliner gurih nan lembut khas Pontianak, Bangka Belitung, dan Singkawang. Makanan ini diperkenalkan oleh penjual keturunan Tionghoa, tepatnya dari suku Teochew (Tio Ciu) yang banyak mendiami Kalimantan Barat.

Mereka adalah perantauan asal China daratan yang memperkenalkan hidangan kukus bernama xiao tje, yang kemudian diadaptasi menjadi choi pan.

Choi pan boleh dibilang menjadi makanan yang paling populer dan paling khas di Pontianak. Chai pan merupakan kuliner wajib bagi para turis yang berkunjung ke Pontianak, namun saat Moms berkunjung ke Pontiakan sebaiknya tanyakan pedagangnya dahulu apakah choi pan yang dijual halal atau tidak.

Choi pan merupakan makanan mungkin mirip dengan pangsit, wonton atau mungkin seperti gyoza.

Choi pan umumnya berbentuk setengah lingkaran resep choi pan sebetulnya sangat sederhana, yakni campuran tepung beras dan sagu dengan isian seperti bengkuang, talas, pepaya muda, dan kucai lalu dikukus atau digoreng.

Baca Juga: 5 Menu Masakan Harian untuk Suami, Mudah dan Lezat!

Sebetulnya, di masing-masing kota choi pan bisa disajikan dengan cara yang berbeda. Untuk choi pan khas Pontianak biasanya menggunakan isian berupa bengkoang yang diiris tipis-tipis memanjang seperti batang korek api, ebi, serta diberi taburan bawang putih goreng.

Sementara, jika Moms berkunjung ke Bangka Belitung, choi pan di sana akan diberi isian daun pepaya muda dan disajikan tanpa bawang putih.

Jika Moms sedang bingung mau masak apa, mungkin choi pan bisa menjadi pilihan. Moms tak perlu jauh-jauh ke Kalimantan atau Bangka Belitung untuk mencicipinya, karena Moms bisa membuat choi pan sendiri di rumah.

Jika Moms ingin tahu bagaimana caranya, simak resep choi pan yang bisa Moms coba berikut ini!

Berikut ini beberapa resep choi pan yang bisa Moms coba buat di rumah:

Resep Choi Pan Halal Khas Kalimantan

Resep Choi Pan Halal Khas Kalimantan

Foto: sashylittlekitchen.com

Meskipun makanan ini berasal dari Tionghoa, namun bukan berarti makanan ini tidak halal.

Pasalnya, isian dari choi pan sendiri umumnya adalah sayuran, dan bahan-bahan pelengkapnya seperti minyak juga bisa dipilih yang halal sehingga Moms tak perlu khawatir lagi. Berikut resep choi pan halal khas Kalimantan:

Bahan-Bahan Kulit:

  • 100 gram tepung beras
  • 2 gram sagu/tapioka
  • 125 ml air hangat
  • 3 sdm minyak sayur

Bahan-Bahan Isian:

  • 200 gram bengkuang yang sudah diserut tipis
  • 20 gram lobak yang sudah diiris halus
  • 1 siung bawang putih yang sudah dicincang halus
  • 50 gram ebi (rendam air, tiriskan, lalu cincang)
  • Garam, lada, kaldu jamur secukupnya
  • Minyak sayur secukupnya

Bahan-Bahan Pelengkap:

  • 6 siung bawang putih yang sudah dicincang halus dan digoreng
  • 100 ml minyak sayur

Cara Membuat:

  1. Untuk membuat isian, Moms perlu memanaskan minyak lalu tumis bawang putih hingga harum. Setelah itu masukkan bengkuang, lobak, ebi, merica, dan garam. Aduk bahan ini hingga rata dan tunggu hingga sayuran layu. Setelah itu, angkat dan sisihkan.
  2. Untuk membuat kulit, Moms harus mencampurkan semua bahan kecuali air. Setelah itu, masukkan air perlahan-lahan sambil diuleni hingga adonan kalis.
  3. Moms perlu mengambil sekitar 2 sdm adonan kulit, bentuk bulat, pipihkan. Setelah itu, masukkan sedikit bahan isian ke tengah kulit.
  4. Setelah itu, lipat membentuk bulan sabit, lalu tekan bagian tepinya hingga merekat.
  5. Apabila semua adonan sudah dibentuk, kukus hingga matang. Moms kemudian bisa menggoreng sekitar 15 menit hingga matang.
  6. Choi pan isi bengkuang halal khas Kalimantan sudah siap disajikan beserta pelengkap dan sambal.

Choi pan khas Kalimantan biasanya menjadi jajanan khas yang dijajakan pada pagi hari, karena biasanya warga sekitar mengkonsumsinya untuk sarapan. Sensasi lembutnya kulit Choi Pan, manis yang dihasilkan dari bengkuang, asin dari bumbu dan ebi, serta pedas dari cocolan sangat disukai warga sekitar, Moms juga mungkin akan sangat menyukai makanan ini.

Baca Juga: 6 Variasi Resep Bola Ubi, Cocok untuk Camilan Sederhana

Resep Choi pan Rumahan Isi Ayam

Resep Choi pan Rumahan Isi Ayam

Foto: kumparan.com

Beberapa orang juga telah mencoba memodifikasi membuat choi pan, seperti misalnya dengan mencampurkan daging ayam ke dalamnya.

Jika Moms ingin mencoba membuatnya, berikut ini adalah resep choi pan rumah isi ayam:

Bahan-Bahan Kulit:

  • 300 gram dari tepung beras.
  • 100 gram dari tepung sagu.
  • 1/2 sdm garam.
  • 1 liter air.
  • 6 sdm minyak goreng.

Bahan-Bahan Isian:

  • 500 gr daging ayam di cincang
  • 100 gr ebi.
  • 4 siung bawang putih yang sudah dicincang.
  • 1/2 sdm dari kaldu bubuk.
  • 1/2 sdt dari gula.
  • 1/2 sdt dari merica.

Bahan-Bahan Saus Bawang Putih:

  • Minyak goreng secukupnya
  • 5 buah cabe merah.
  • 2 siung dari bawang putih.
  • 250 ml air
  • 2 sdm cuka
  • Garam secukupnya

Cara Membuat:

  1. Isian: pertama-tama, panaskan minyak masukan bawang putih hingga agak kecoklatan, masukan lagi ebi, daging ayam cincang, kaldu bubuk, merica bubuk, gula, aduk sampai rata dan kemudian angkat.
  2. Kulit: panaskan air sampai mendidih. Kemudian siapkan wajan dan masukan tepung beras, tepung sagu, garam dan aduk agar tercampur rata. Setelah itu Moms perlu menuang air panas sedikit-sedikit sambil diaduk sampai adonan kalis. Masukan minyak dan diaduk sampai adonan nya menjadi keras diamkan sampai agak dingin. Siapkan wadah dan taburi wadah pakai sagu biar adonan tidak lengket lalu uleni sampai adonan bisa digiling. Jika sudah digiling sampai tipis lalu cetak berbentuk bulat.
  3. Lalu isi dengan isian tadi yang telah dibuat, dan bentuk lipat seperti pastel.
  4. Kemudian kukus sampai matang
  5. Saus: Cuci cabenya terlebih dahulu lalu potong-potong, bawang putih masukan kedalam blender dan setelah diblender, tuang ke mangkok. Panaskan air sampai mendidih lalu tuang kedalam bumbu yang telah dihaluskan, lalu tambahkan cuka dan garam. Moms bisa mengoreksi rasanya untuk menambahkan garam atau cuka.
  6. Sajikan choi pan dengan saus cabai selagi hangat supaya rasanya makin nikmat.

Baca Juga: 6 Kreasi Resep Kue Kacang Lezat dan Menggoda

Jika Moms tidak ingin repot, beberapa restoran di Jakarta juga banyak yang menyajikan choi pan. Namun, jika Moms ingin berkreasi, tidak ada salahnya untuk membuatnya sendiri di rumah.

Moms juga bisa mengganti resepnya dengan isian yang Moms inginkan atau yang menjadi favorit keluarga, semisal udang, atau bahkan daging sapi.

Moms juga bisa mencampurkan daging tersebut dengan beberapa sayuran yang dikhususkan sebagai camilan sehat untuk anak. Selamat mencoba ya Moms!

Artikel Terkait