RESEP
14 Juni 2020

Resep Crepes Stroberi untuk Si Kecil, Gampang Banget Bikinnya!

Mudah dan enak dijadikan camilan sore
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Kulitnya yang renyah dilapisi dengan isi beragam, mulai dari manis hingga asin, membuat crepes menjadi salah satu menu makanan yang pastinya disukai oleh anak-anak.

Jika Moms ingin Si Kecil menikmati crepes stroberi yang lebih lezat, kita bisa lho membuat crepes rumahan yang enak untuk dinikmati tidak hanya bagi anak, namun juga seluruh anggota keluarga.

Ditambah lagi Journal of Agriculture and Food Chemistry menyebutkan bahwa di antara buah beri, stroberi adalah sumber yang kaya akan beberapa senyawa bioaktif yang bergizi, yang berguna untuk meningkatkan kesehatan dan mencegah penyakit.

Apa bahan yang dibutuhkan dan bagaimana cara membuatnya? Simak resep crepes stroberi untuk Si Kecil di bawah ini ya.

Baca Juga: Resep: Puding Oreo

Resep Crepes Enak

resep crepes stroberi

Foto: pinterest.com

Bahan isian:

  • 450 gr stroberi segar atau beku, dipotong-potong
  • 1/4 gelas gula
  • 1 sendok teh tepung jagung
  • 1 sendok makan jus lemon

Bahan crepes:

  • 1 1/4 cangkir susu murni
  • 2 butir telur
  • 1 cangkir tepung
  • 1 sendok makan gula pasir
  • 1/4 sendok teh garam
  • 4 sendok makan mentega, dicairkan dan didinginkan
  • Gula manisan untuk hiasan

Baca Juga: Resep: Chocolate Carrot Cake

Cara Membuat Crepes Rumahan:

  1. Dalam panci sedang, aduk stroberi dan gula secara bersamaan, selama sekitar 30 menit. Jika Moms menggunakan stroberi beku, panaskan dengan gula di atas api sedang hingga mencair, sekitar 2 menit.
  2. Dalam mangkuk kecil, kocok tepung jagung dan jus lemon. Gabungkan keduanya dengan campuran stroberi. Rebus saus dengan api sedang-kecil sampai mengental, sekitar 10 menit, lalu sisihkan.
  3. Masukkan susu, telur, tepung, gula dan garam, tambahkan 3 sendok makan mentega, dalam blender, blender hingga halus.
  4. Panaskan oven hingga 175 derajat dan hangatkan wajan antilengket di atas api sedang. Olesi wajan dengan sisa mentega, lalu bentuk crepe di wajan dengan cepat menuangkan adonan 1/4 cangkir ke dalam wajan.
  5. Kemudian angkat panci dari panas dan miringkan dengan gerakan memutar untuk melapisi permukaan bagian bawah secara merata.
  6. Masak crepe hingga ujungnya menjauhi wajan dan bagian bawahnya berwarna cokelat keemasan, sekitar 2 menit. Balik crepe dengan spatula karet dan lanjutkan memasak sampai crepe berwarna kecoklatan di sisi yang berlawanan, sekitar 1 menit lagi.
  7. Untuk merakit crepes, hangatkan stroberi dengan api kecil, jika diinginkan. Tambahkan 2 sendok makan isian ke tengah setiap crepe dan gulung. Taburkan stroberi di atasnya, lalu bersihkan dengan gula manisan, jika diinginkan.

Baca Juga: Resep Crepes Cokelat Keju

Nah, itulah resep crepes rumahan untuk Si Kecil yang bisa Moms coba di rumah. Selamat mencoba!

Artikel Terkait