RESEP
5 Juni 2020

Resep Dalgona Selain Kopi untuk Anak

Mau minuman dalgona rasa Milo, Nutella, Oreo, matcha, atau stroberi, Moms?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fitria Rahmadianti
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Moms mungkin tahu tentang dalgona coffee, bahkan bisa jadi sudah membuatnya. Nah, kali ini ada resep dalgona selain kopi, jadi bisa untuk anak-anak!

Melihat tampilan dalgona coffee yang menarik, Si Kecil mungkin ingin mencobanya. Namun, Moms mungkin termasuk tipe orang tua yang melarang konsumsi kopi untuk balita. Tenang, Moms, ada resep dalgona untuk anak, kok.

Cara membuatnya sangat mudah dan Moms bebas berkreasi dengannya. Bahkan, Moms juga bisa mengajak Si Kecil membuat resep dalgona untuk anak berikut ini.

Baca Juga: Resep Dalgona Coffee, Minuman Kopi Berbusa yang Sedang Viral

Resep Dalgona Selain Kopi

Resep dalgona selain kopi bisa memiliki banyak varian, seperti dalgona cokelat, matcha, atau stroberi. Namun, minuman-minuman tersebut harus dibuat dengan tambahan krim kocok, pengembang kue (SP), atau putih telur karena bubuk minuman tidak mengandung protein seperti kopi. Bahan tambahan paling aman dan enak untuk dibuat minuman tentu krim kocok.

Minuman tinggi kalori ini terutama cocok untuk Si Kecil yang berat badannya di bawah ideal. Kombinasi susu dan krim kocok disarankan situs web St. Jude Children’s Research Hospital untuk menambah berat badan balita.

Akun Instagram @sweetportfolio membuat banyak kreasi resep dalgona selain kopi. Intinya, Moms perlu menyiapkan krim cair (atau krim bubuk yang diberi air), bubuk minuman atau selai, serta pemanis tambahan jika perlu. Semuanya dikocok sampai mengembang, lalu disendokkan ke atas segelas susu dingin. Tambahkan topping seperti biskuit untuk mencocol krim agar lebih seru!

Baca Juga: Yuk Cari Tahu Kepribadian Berdasarkan Kopi Favorit!

Bahan Minuman Dalgona Nonkopi:

  • 1/3 cangkir whipped cream
  • 1 sdm Milo bubuk atau bubuk minuman rasa stroberi, 1 sdt matcha (bubuk teh hijau), 2 biskuit Oreo yang dihancurkan tanpa krimnya , 1 sdm Nutella, atau perasa lain
  • 1/2 gelas susu cair
  • Es secukupnya
  • Topping biskuit dan lain-lain, jika suka

Cara Membuat Minuman Dalgona Nonkopi

  1. Tambahkan es ke gelas berisi susu cair. Sisihkan.
  2. Kocok whipped cream dan bubuk minuman atau selai sampai mengembang menggunakan mikser atau whisk.
  3. Sendokkan krim ke atas susu.
  4. Beri topping jika suka. Nikmati segera.

Baca Juga: Ini 10 Istilah Di Dunia Kopi yang Sering Didengar

Moms bisa mengaduk krim ke minumannya sampai rata sehingga rasanya seperti es krim leleh. Atau, jadikan krim sebagai cocolan biskuit, baru susunya diminum belakangan. Si Kecil pasti suka resep dalgona untuk anak ini!

Artikel Terkait