KESEHATAN
13 April 2020

Jus Nanas untuk Obat Batuk, Ini Resepnya!

Jus nanas termasuk obat rumahan yang bisa meredakan batuk dengan beberapa campuran bahan lain.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Sabrina
Disunting oleh Dina Vionetta

Jus nanas tidak hanya memberikan sejumlah vitamin, tetapi juga merupakan alternatif obat rumahan untuk mengatasi batuk.

Jenis pengobatan rumahan menggunakan jus nanas untuk mengatasi batuk ini telah diketahui olah masyarakat luas beberapa tahun terakhir.

Bahkan beberapa situs web mengklaim bahwa jus nanas lima kali lebih efektif untuk mengatasi batuk. Meskipun ada beberapa penelitian medis seputar jus nanas, tetapi masih butuh bukti lain untuk mengetahui efektivitasnya sebagai obat batuk.

Umumnya, jus nanas dikenal sebagai agen litik yang artinya membantu mengencerkan lendir sehingga lebih mudah untuk bergerak dengan batuk.

Sebuah penelitian dari Institut di India tahun 20120 silam membuktikan bahwa jus nanas adalah alternatif obat batuk yang paling efektif.

Jus nanas mengandung bromelain sejenis enzim yang memiliki sifat anti-inflamasi dan mengurangi rasa sakit. Bromelain dapat membantu meringankan gejala asma dan masalah pernapasan lainnya, termasuk mengencerkan lendir.

Sebenarnya bromelain tidak dikhususkan untuk meredakan batuk. Tetapi, sifat-sifat dalam nanas itulah yang bisa membantu mengurangi gejala batuk.

Baca Juga: Lebih Dalam Soal Batuk: Jenis, Penyebab, dan Cara Mengobatinya.

Jus Nanas Sebagai Obat Batuk Rumahan

Jus Nanas Ampuh Redakan Batuk

Foto: pixabay.com

Jika Moms ingin menggunakan jus nanas sebagai obat batuk rumahan dilansir dari healthline.com, Moms bisa mencampurkannya dengan madu, jahe, garam dan cabai rawit.

Dalam hal ini, cabai rawit bisa membantu mengeluarkan lendir. Sementara madu dan jahe membantu menenangkan tenggorokan serta memberikan sifat anti-inflamasi.

Campuran jus nanas untuk obat batuk rumahan

  • 1 cangkir jus nanas
  • 1 sendok teh jahe
  • 1 sendok teh madu
  • 1/4 sendok teh cabai rawit
  • 1/4 sendok teh garam

Minumlah 1/4 gelas ramuan jus nanas untuk obat batuk tersebut sebanyak 3 kali sehari. Perlu diingat, jangan berikan madu mentah pada ramuan alami ini, terlebih untuk pengobatan anak di bawah 1 tahun.

Baca Juga: Makan Nanas Saat Hamil Bisa Bikin Keguguran, Mitos Atau Fakta?

Bisa Meningkatkan Kesehatan Fisik

Jus Nanas Ampuh Redakan Batuk

Foto: freepik.com

Dikutip dari Journal of Nutrition and Metabolism, nanas juga mengandung beberapa phytochemical seperti asam coumaric, asam ferulic, asam chlorogenic dan asam ellagic. Nanas juga memiliki vitamin C, mangan, thiamin, riboflavin, pyridoxine, tembaga dan serat makanan.

Asupan nanas secara teratur dapat meningkatkan konsumsi phytochemical dan mikronutrien. Dua hal tersebut bisa memengaruhi imunologis dan membantu meningkatkan kesehatan fisik anak.

Sementara itu, madu juga memiliki sifat pereda mukolitik dan batuk. Sehingga batuk dipercaya bisa menekan gejala batuk.

Literatur menunjukkan bahwa madu bisa diindikasikan sebagai tindakan rasional dalam pengobatan batuk. Karena, madu juga tidak memberikan efek samping pada tubuh.

Baca Juga: Batuk Tidak Kunjung Sembuh? Ini 9 Alasannya!

Jika batuk berlangsung lebih dari seminggu hingga mengganggu tidur, Moms harus segera menghubungi dokter dan tanyakan pengobatan yang tepat. Selain itu, orang yang memiliki alergi nanas atau buah-buahan tropis, tidak dianjurkan untuk menggunakan resep ini sebagai obat batuk alami.

Artikel Terkait