RESEP
25 September 2020

Resep Kimbap ala Drama Korea yang Lezat dan Sederhana

Cocok sebagai camilan yang mengenyangkan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Dina Vionetta

Jika Moms suka menonton drama Korea, atau acara memasak makanan Korea, mungkin familiar dengan salah satu masakannya yang bernama kimbap (김밥) atau gimbap.

Gimbap berasal dari norimaki, yaitu sejenis sushi. Norimaki ditemukan pada zaman Edo dan dicatat pada tahun 1750. Jepang memperkenalkan norimaki ke Korea selama Korea di bawah kekuasaan Jepang.

Gimbap menjadi populer di Korea Selatan dari tahun 1960-an hingga 1970-an sebagai jenis makanan portabel atau makanan cepat saji karena mudah dimakan tanpa lauk. Sebelumnya, hanya orang kaya yang diizinkan membawa gimbap dalam karyawisata.

Selama bertahun-tahun, Gimbap disebut "Norimaki" dalam bahasa Jepang di Korea Selatan, tetapi pada tahun 1948 Pemerintah Korea Selatan memutuskan untuk menyebutnya "Gimbap" sesuai dengan kebijakan bahasanya.

Resep ini tidak hanya karena sederhana, tetapi juga dapat dinikmati oleh banyak orang. Moms bisa membuat resep kimbap ala drama Korea nan lezat dengan bahan yang mudah dibuat.

Baca Juga: Resep Nasi Goreng Kimchi Ala Drama Korea, Lezat!

Resep Kimbap Ala Drama Korea

Nama kimbap sendiri berasal dari kata "kim" (rumput laut) dan "bap" (nasi). Pada dasarnya, makanan ini dibuat dengan meletakkan nasi di atas lembaran rumput laut kering, lalu diisi oleh beberapa topping dan digulung.

Yuk, cek seperti apa bahan yang dibutuhkan dan bagaimana cara membuat kimbap berikut ini, Moms.

Baca Juga: Kenali 5 Jenis Banchan, Makanan Pendamping Khas Korea yang Lezat

Bahan:

  • 200 gram beras
  • 3 lembar rumput laut kering
  • 2 buah wortel, rebus dan potong memanjang
  • 1 buah mentimun, potong memanjang
  • 1 ikat bayam, ambil daunnya
  • 2 butir telur, goreng dadar dan iris memanjang
  • 2 buah sosis, goreng dan iris memanjang
  • Minyak wijen, secukupnya
  • Garam, secukupnya
  • Air secukupnya untuk merebus
  • Alat untuk menggulung kimbap

Baca Juga: Resep Cheesy Tteokbokki, Camilan Korea Super Lezat!

Cara Membuat:

  1. Cuci beras hingga bersih, lalu masak dengan menggunakan rice cooker.
  2. Rebus air menggunakan panci, masukkan sayur bayam yang sudah dicuci. Rebus hingga setengah matang saja. Oleskan minyak wijen pada sayuran bayam tersebut.
  3. Bila nasi sudah matang, ambil nasi secukupnya dan letakkan dalam mangkuk, beri sejumput garam dan 1 sdm minyak wijen, aduk hingga rata.
  4. Ambil alat penggulung kimbap, letakkan satu lembar rumput laut di atasnya. Lalu tata nasi di atas lembaran rumput laut tersebut, tekan-tekan sambil diratakan. Pastikan lapisan nasi tidak terlalu tebal.
  5. Tata sayur bayam, wortel, mentimun, sosis di bagian ujung, lalu taburi dengan wijen.
  6. Gulung perlahan mulai dari sisi yang terdapat topping, tekan-tekan supaya nasi jadi lebih padat dan tidak mudah pecah. Segel pinggiran rumput laut dengan minyak wijen.
  7. Lepaskan alat penggulung, lalu potong-potong sesuai selera.
  8. Kimbap ala drama Korea siap disajikan.

Aneka Varian Kimbap yang Bisa Moms Coba

Naked Kimbap

Foto: cookpad.com/Retno Asih MB

Tidak hanya kimbap jenis di atas, Moms juga bisa mencoba untuk membuat variasi kimbap berikut ini, lho. Yuk, simak apa saja.

Chungmu Kimbap

Chungmu kimbap berasal dari kota tepi laut Chungmu (sekarang Tongyeong), hidangan ini merupakan kimbap tanpa isi yang bentuknya lebih ramping dan tidak berbumbu. Bahannya hanya nasi dan nori. Ia biasa disajikan dengan ojingeo-muchim (salad cumi-cumi) pedas dan seokbakji (kimchi lobak).

Mayak Kimbap

Ia merupakan makanan khas Pasar Gwangjang di Seoul. Mayak secara literal berarti "obat", mungkin karena untuk rasanya yang adiktif dan pekat.

Mayak berukuran kecil, berisi wortel, bayam, dan danmuji (acar lobak kuning) yang ditaburi biji wijen dan dicelupkan ke dalam saus yang terbuat dari kecap dan mustard.

Baca Juga: Resep Fire Cheesy Galbi khas Korea, Pedas dan Gurih!

Samgak Kimbap

Secara harfiah berarti "kimbap segitiga". Varietas ini mirip dengan onigiri Jepang, dan dijual di toko swalayan di Korea Selatan. Isinya bisa sangat bervariasi.

Kimbap Telanjang

Tidak seperti kimbap biasa, nori ada kimbap ada di dalam dan bagian nasinya ada di luar. Kimbap telanjang mirip dengan gulungan gaya Jepang, tetapi menggunakan bahan yang digunakan dalam kimbap gaya Korea (ham, fillet daging, acar lobak, bayam, dll.) dan juga disajikan dengan keju atau saus.

Itu dia Moms, resep untuk membuat kimbap Korea yang lezat serta variannya. Mudah dibuat, bukan? Coba di rumah, yuk!

Baca Juga: Buat Pecinta Sushi, Sudah Tahu Belum Tata Cara Makan Sushi yang Benar?

Artikel Terkait