BAYI
7 Juli 2020

3 Resep MPASI 8 Bulan Berbahan Telur Puyuh, Kaya Nutrisi!

Ini lho Moms resep MPASI dari telur puyuh yang kaya nutrisi
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Begita
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Telur puyuh menjadi salah satu alternatif bahan Makanan Pendamping ASI (MPASI) untuk Si Kecil. Selain bentuknya yang mungil dan mudah dipotong menjadi beberapa bagian agar lebih gampang ditelan, kandungan nutrisi pada telur puyuh diyakini lebih baik daripada telur ayam.

Sama seperti telur pada umumnya, telur puyuh merupakan satu sumber lemak dan protein yang hebat. Ditambah lagi mengandung banyak zat besi dan bahkan beberapa seng yang dibutuhkan bayi untuk berkembang, seperti dikutip dari National Library of Medicine.

Telur juga mengandung semua vitamin kecuali vitamin C dan untuk telur puyuh memiliki berton-ton selenium dan vitamin B, terutama vitamin B12.

Jika dibandingkan dengan telur ayam yang punya 11 persen protein, telur puyuh punya 13 persennya. Telur puyuh juga sumber kolesterol dan kolin terbaik yang penting untuk pembentukan tulang, perkembangan otak, dan pertumbuhan sel.

Singkatnya telur puyuh adalah salah satu bergizi yang bisa Moms berikan kepada bayi Moms.

Sama seperti telur dari unggas lainya, telur puyuh bisa segera diberikan pada bayi saat bayi siap memulai makan makanan padat. Umumnya ini sudah bisa dilakukan pada usia enam bulan.

Namun akan lebih baik jika diberikan pada usia 9 sampai 12 bulan saat bayi sudah bisa menggenggam makanan kecil mereka.

Baca Juga: Kapan Boleh Memberi MPASI Telur?

Penyajian MPASI Telur Puyuh

Tanda-tanda-Bayi-Harus-Mulai-MPASI-sebelum-6-bulan-Hero.jpg

Yang terpenting dari memberi telur sebagai MPASI untuk bayi adalah telur harus matang sempurna. Merebusnya jadi pilihan yang paling baik. Untuk mengurangi risiko tersedak, potong seperempat telur yang sudah matang atau potong menjadi dua.

Untuk mendeteksi kemungkinan alergi telur pada bayi hendaknya moms memberi telur sebagai MPASI dengan jumlah kecil terlebih dahulu.

Beberapa bayi memiliki reaksi parah terhadap jumlah telur terkecil, jadi perhatikan dengan cermat tanda-tanda alergi atau sensitivitas.

Resep MPASI Telur Puyuh

Kaya Nutrisi, Ini X Resep MPASI 8 Bulan Berbahan Telur Puyuh

Foto: Pixabay

Setelah paham manfaat dan cara penyajian telur puyuh sebagai MPASI, nih Orami kasih tiga resep MPASI berbahan dasar telur puyuh yang tentunya bakal disukai sama si bayi.

Baca Juga: 5 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Memberikan MPASI Telur Kepada Bayi

1. Kari Telur Puyuh

XX Menu MPASI Untuk Kenalkan Santan Pada Bayi 4.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Resep MPASI telur puyuh yang pertama adalah kari telur puyuh. Bahan-bahan yang Moms perlu siapkan adalah telur puyuh, bawang merah, bawang putih, minyak kelapa, ketumbar, jinten, bubuk kari hijau, dan santan. Bahan-bahan ini aman untuk bayi terutama dengan usia sembilan bulan ke atas.

Cara memasaknya adalah rebus telur puyuh hingga matang sempurna sekitar 4 menit. Untuk memisahkan kulit dengan telurnya lebih mudah moms bisa memindahkan telur dari panci rebusan ke mangkuk es. Setelah dingin, kupas cangkang dan potong masing-masing telur menjadi dua kemudian sisihkan.

Moms bisa beralih ke pembuatan kuah karinya. Pilih 1 bawang bombai kecil dan 1 siung bawang putih lalu tumis di atas satu sendok minyak kelapa yang telah dipanaskan pada api sedang. Tumis sampai harum, sekitar 1 menit kemudian tambahkan sedikit ketumbar, jintan tanah, dan bubuk kari hijau, aduk untuk melapisi bawang.

Tambahkan 1,5 cangkir santan, aduk rata, lalu tambahkan telur puyuh rebus. Rebus dengan api kecil selama beberapa menit, lalu angkat.

2. Orak-arik Telur Puyuh

olahan telur favorit anak telur orak-arik.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Resep MPASI telur puyuh yang selanjutnya adalah orak-arik telur puyuh. Siapkan bahan berupa telur puyuh, satu sendok makan susu, minyak zaitun, air, lada, keju, dan sayuran seperti paprika, bayam, tomat, atau brokoli

Cara pembuatannya, campur telur puyuh dalam mangkuk dan tambahkan satu sendok makan susu, minyak zaitun, dan air agar makanan tidak kenyal. Tambahkan merica dan panaskan campuran dalam wajan.

Untuk rasa asin moms bisa campur dengan keju parut. Selain itu untuk menambah nutrisi bisa membuat topping dengan paprika, bayam, tomat atau brokoli tadi.

Baca Juga: 6 Manfaat Telur untuk MPASI Bayi dan Resepnya

3. Sandwich Telur Puyuh

sandwichtelur.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Resep MPASI telur puyuh yang selanjutnya adalah sandwich telur puyuh. Untuk memasak ini Moms memerlukan telur puyuh, sayuran, roti, dan keju.

Cara memasaknya, pecahkan telur dalam mangkuk kemudian aduk dan buat orak-arik di atas wajan yang telah dipanaskan. Setelah itu masak sayuran sebagai topping. Cukup ditumis saja.

Lalu siapkan roti yang sudah dioles mentega. Masukkan orak arik telur puyuh tadi dan sayuran yang sudah ditumis. Parut keju untuk memberi rasa asin. Potong kecil-kecil dan hidangkan.

Nah, itulah resep MPASI telur puyuh yang bisa Moms buat untuk Si Kecil. Dengan kandungan gizinya yang tinggi, tidak ada salahnya untuk memberikan telur puyuh kepada Si Kecil. Selamat mencoba Moms!

Artikel Terkait