NEWBORN
6 Maret 2019

Resep MPASI yang Bagus untuk Vitamin Mata

Jika dibuat menarik, Si Kecil pasti suka
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Andra Nur
Disunting oleh Andra Nur

Mata merupakan organ penting yang kesehatannya harus dijaga. Sejak kecil, anak sudah harus dibiasakan makan makanan yang punya kandungan baik untuk mata. Pastinya bisa dimulai saat anak mengenal MPASI.

Menurut Shania Khialani, Nutritionist dari Medinutrition.com, terdapat beberapa jenis bahan makanan terbukti memiliki kandungan yang bisa membantu menyehatkan mata sejak kecil.
Kira-kira, bahan makanan apa saja ya yang cocok dijadikan MPASI untuk membantu menjaga kesehatan mata Si Kecil? Berikut daftarnya!

Wortel

wortel vitamin a

Foto : Shutterstock

Semua orang tahu bahwa wortel punya kandungan yang baik untuk kesehatan mata. Shania mengatakan, wortel punya kandungan betakaroten yang akan melindungi mata. Ide penyajiannya buat Si Kecil? 
Moms bisa memberikan wortel  dalam bentuk potongan yang sudah direbus sebagai finger food, dicampur salad, pasta, atau sup. Anak pasti suka rasa wortel yang manis. Atau bisa juga dijus dan sajikan dengan gelas tertutup, karena meskipun rasanya manis tapi aroma wortel cukup tajam 

Sayuran Hijau

shutterstock 127762526

Foto : Shutterstock

Sayuran hijau mengandung lutein dan zeaxanthin yang bisa meningkatkan penglihatan. Kandungan antioksidan pada sayuran hijau juga bisa melindungi mata dari sinar matahari.
Ada beberapa sayuran hijau yang bisa Moms sajikan untuk Si Kecil, seperti bayam dan kale. Moms tinggal memasaknya menjadi sayur bening atau di-blanch sebentar. Atau bisa juga jadi campuran dalam pasta carbonara. Si Kecil pasti suka.

Baca juga : Pas untuk Jadi Camilan, Ini Resep Bayam Crispy

Salmon

shutterstock 116313982

Foto : Shutterstock

Salmon punya kandungan omega 3 yang tinggi. Kandungan ini akan melindungi retina mata dari peradangan.
Untuk penyajiannya, Moms hanya perlu menggorengnya sebentar, memakai minyak zaitun dan garam hingga berwarna coklat keemasan.

Salmon punya cita rasa yang gurih sehingga tidak membutuhkan banyak bumbu.

Baca juga : Heboh Krisdayanti Suntik DNA Salmon, Ternyata Manfaatnya Segudang Lho

Avokad

shutterstock 146681096

Foto : Shutterstock

Menurut Angel Planells, Nutrisionist dan Founder ACP Nutrition di Seattle, Avokad punya kandungan lutein yang tinggi. Kandungan ini akan membantu meningkatkan penglihatan dan mengurangi risiko katarak serta penyakit mata degeneratif. 
Moms bisa menyajikan avokad yang dipotong atau dihancurkan langsung untuk Si Kecil. Ide lain, dijadikan guacamole atau atau tambahkan sebagai isian sandwich.

Baca juga : Resep Simple Cold Sandwich nan Segar

Telur

food17

Foto : Shutterstock

Telur, terutama kuning telur juga memiliki kandungan senyawa antioksidan Lutein dan Zeaxanthin yang baik bagi kesehatan mata.

Keduanya terdapat pada kuning telur dan juga merupakan antioksidan yang tinggi, sebagai pembentuk retina mata. Kerusakan mata dan kekurangan kedua zat tersebut juga akan mempercepat penuaan mata sehingga dapat mengganggu pengelihatan.

Moms hanya perlu merebusnya atau dibuat telur orak-arik. Tambahkan keju, pasti makin lezat.

Baca juga : Bukan Daging yang Jadi Sumber Protein Terbaik, Tapi Telur, Kok Bisa?

Itulah beberapa bahan MPASI yang bagus untuk kesehatan mata. Tertarik mencoba? Selamat mencoba Moms!

(AND/ PAS)

Artikel Terkait