RESEP
5 Juni 2020

Resep Oreo Supreme Homemade, Enggak Perlu Bayar Mahal!

Biskuit red velvet ini modalnya tak sampai Rp 500 ribu, Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fitria Rahmadianti
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Oreo Supreme menimbulkan kehebohan karena harganya yang selangit. Moms yang penasaran dengan rasanya tapi enggan mengeluarkan uang banyak, praktikkan resep Oreo Supreme homemade ini saja, yuk!

Merek biskuit sandwich terkenal Oreo bekerja sama dengan merek pakaian dan toko skateboard Supreme untuk menghasilkan produk yang disebut Oreo Supreme.

Biskuit berwarna merah ini diluncurkan pada 26 Maret 2020 di Amerika Serikat sebagai bagian dari kampanye Spring/Summer 2020 Supreme. Kontan, para penggemar Oreo, Supreme, sekaligus masyarakat umum gempar dibuatnya!

Konon, Oreo Supreme di negara asalnya dijual seharga USD 3 (Rp 45.000) per kemasan isi tiga keping biskuit. Memang harganya jauh lebih mahal dibanding Oreo klasik. Namun, harga tersebut tidak ada apa-apanya dengan harga Oreo Supreme di marketplace Indonesia, yakni sekitar Rp 500 ribu per kemasan isi tiga keping!

Produk ini memang tidak didistribusikan resmi di Indonesia sehingga harus didatangkan langsung dari Amerika Serikat. Selain itu, faktor edisi terbatas, viral, dan gengsi membuat sebagian orang bersedia merogoh kocek lebih dalam hanya demi mendapatkan “biskuit sultan” ini.

Baca Juga: Resep: Puding Oreo

Oreo Supreme Sama dengan Oreo Red Velvet?

oreo supreme vs oreo red velvet.jpg

Foto: amazon.com

Menjelang Lebaran, hadir varian baru Oreo di Indonesia yakni Oreo Red Velvet. Oreo edisi terbatas ini dijual dalam kaleng Oreo Selection bersama varian Oreo lain. Harga per kalengnya hanya sekitar Rp 50.000.

Karena Oreo Supreme disebut-sebut memiliki rasa red velvet, samakah biskuit mahal tersebut dengan Oreo Red Velvet?

Dirangkum Orami dari berbagai sumber, Oreo Supreme dan Oreo Red Velvet memang memiliki ciri khas red velvet, yakni ada sedikit rasa kakao, berwarna merah, dan dilengkapi krim keju. Keduanya lebih manis daripada Oreo klasik yang berwarna hitam.

Namun, Oreo Supreme dikatakan berdiameter sedikit lebih besar dan lebih renyah daripada Oreo klasik. Krimnya lebih tebal karena berbasis Oreo Double Stuff. Orang-orang yang sudah mencobanya mengaku biskuit ini enak walau tetap saja tak sesuai dengan harganya.

Warna Oreo Supreme lebih cerah karena mengikuti warna merek Supreme, sedangkan Oreo Red Velvet cenderung agak marun. Logo dan motif keduanya tentu saja berbeda. Pada Oreo Supreme, di depannya ada logo Supreme, sedangkan di belakangnya logo Oreo. Sementara itu, pada Oreo Red Velvet bagian depan dan belakangnya sama-sama bercetak Oreo.

Baca Juga: Manisnya Berbuka dengan Crepe Gulung Vla Oreo

Resep Oreo Supreme Homemade

Resep Oreo Supreme Homemade.jpg

Foto: pbs.org

Daripada mengeluarkan uang Rp 500.000 hanya untuk tiga keping biskuit, lebih baik buat sendiri, Moms. Resep Oreo Supreme homemade ini tak membutuhkan biaya sedemikian banyak, tapi bisa menghasilkan sestoples biskuit. Moms bisa menyantapnya sampai puas!

Bahan Oreo Supreme Homemade

Biskuit

  • 180 gram terigu serbaguna
  • 2 sdm bubuk kakao
  • 1 sdt baking soda
  • ¼ sdt baking powder
  • ¼ sdt garam
  • 200 gram gula pasir
  • 8 sdm unsalted butter, lembutkan
  • 1 butir telur ayam ukuran besar
  • 1 sdm pewarna makanan cair merah

Krim

  • 57 gram unsalted butter, lembutkan
  • 2 sdm mentega putih
  • 85 gram cream cheese, lembutkan
  • 240 gram gula halus
  • ¼ sdt garam
  • 1 sdm heavy cream (jika dibutuhkan)

Baca Juga: Fakta Unik Oreo Supreme yang Harganya Fantastis, Direview Selebgram Juga!

Cara Membuat Oreo Supreme Homemade

Biskuit

  1. Tempatkan rak oven di sepertiga bagian atas dan bawah oven, lalu panaskan oven hingga 1900C. Sisihkan.
  2. Alasi dua buah loyang kue kering dengan kertas roti. Sisihkan.
  3. Campur terigu, bubuk kakao, baking soda, baking powder, dan garam di wadah dan aduk rata. Sisihkan.
  4. Kocok butter dan gula dengan mikser sampai pucat dan mengembang.
  5. Masukkan telur dan pewarna makanan. Kocok kembali.
  6. Turunkan kecepatan mikser, lalu masukkan campuran terigu. Kocok hingga tercampur rata.
  7. Ambil satu sendok makan munjung adonan, lalu bentuk menjadi bola. Tempatkan di loyang dan beri jarak dengan bola adonan lain.
  8. Tekan sedikit bola adonan menggunakan jari agar permukaannya agak pipih dan rata. Moms juga bisa menggunakan pantat gelas.
  9. Masukkan loyang ke oven dan panggang adonan selama 7-8 menit sampai pinggirannya tampak mengeras. Keluarkan loyang dari oven.
  10. Biarkan biskuit dingin sempurna sebelum memberikan krim.

Krim

  1. Kocok butter, mentega putih, dan cream cheese menggunakan mikser sampai mengembang.
  2. Sedikit demi sedikit, tambahkan garam dan gula halus. Kocok sampai rata. Jika adonan terlalu kental, tambahkan heavy cream.
  3. Masukkan adonan krim ke plastik segitiga dan lubangi ujungnya.
  4. Ambil satu keping biskuit dan balikkan, lalu semprotkan krim di atasnya. Tutup dengan satu keping biskuit lain. Ulangi sampai semua biskuit habis.
  5. Simpan biskuit di wadah kedap udara.

Mentega putih digunakan agar krim berwarna lebih putih cerah dan lebih kokoh. Jika tidak ada, Moms bisa menggantinya dengan butter sedikit lebih banyak.

Baca Juga: 3 Resep Minuman dari Oreo yang Menyegarkan

Memang tak ada logo Supreme dan Oreonya, Moms, tapi resep Oreo Supreme homemade ini tak kalah enak, kok. Bahkan, biskuit ini bisa jadi ide unik untuk suguhan Lebaran. Tertarik mencoba?

Artikel Terkait