RESEP
2 November 2020

Resep Pancake Durian: Bahan-bahan dan Cara Membuatnya

Pancake yang satu ini dikenal sebagai salah satu oleh-oleh khas Kota Medan.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Lolita
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Pancake, panekuk, atau kue dadar merupakan salah satu panganan yang biasanya disantap saat sarapan di sebagian negara-negara Eropa. Meski begitu, pancake sudah dikenal sejak zaman Romawi kuno.

Pancake berbentuk bulat gepeng dan tipis. Masyarakat biasanya menambahkan selai atau buah-buahan ketika menyantap makanan ringan tersebut. Jauh sebelum pancake populer di kalangan orang Eropa, bangsa Romawi lebih dulu mengenal pancake. Kue ini terbuat dari susu, tepung, telur dan beberapa bahan lainnya yang kemudian dipanggang di atas wajan berbentuk bulat atau ceper. Bangsa Romawi menyebut pancake 'Alita Dolcia' yang berarti makanan manis.

Baca Juga: Inspirasi Menu Buka Puasa: Pancake Siram Cokelat

Dalam perjalanan kepopulerannya, dikutip dari buku Oxford Companion to Food oleh Alan Davidson, menyebut bahwa pancake mulai dikenal oleh daratan luas termasuk bangsa Eropa pada tahun 1430. Seiring perkembangan zaman, pancake mulai diadopsi oleh negara-negara lain dengan sebutan yang berbeda. Misalnya di Jerman, pancake dibuat berbentuk padat dengan campuran kentang yang dinamai pfannkuchen. Sedangkan di Perancis, pancake dibuat tipis, krispi, yang dikenal dengan crepes.

Di Indonesia juga mengenal pancake sebagai kue dadar tipis lalu di dalamnya berisi gula jawa dan parutan kelapa. Tapi, seiring tren kuliner yang berubah-ubah, pancake di Indonesia pun diolah dengan berbagai caria. Salah satunya pancake durian. Pancake yang satu ini dikenal sebagai salah satu oleh-oleh khas Kota Medan sebagai penghasil durian terbesar di Indonesia. Bagi Moms pecinta durian, pastikan untuk mencoba jajanan ini karena dijamin akan ketagihan oleh kelezatannya.

Baca Juga: Mau Nyobain Japanese Fluffy Pancake? Datang ke 5 Restoran Ini!

Resep Pancake Durian untuk Dijual

resep pancake durian

Foto: Instagram.com/ayu_iriantie

Pancake durian tak hanya lezat untuk dinikmati, namun juga bisa menjadi lahan bisnis kuliner yang menjanjikan. Kepopulerannya yang hampir dikenal seluruh masyarakat Indonesia membuat pancake durian jadi salah satu kudapan favorit banyak orang. Berikut ini resep pancake durian untuk dijual.

Bahan-bahan

Ada dua bahan yang harus Moms siapkan terpisah yakni untuk pancake atau kue dadar dan untuk isian pancake durian.

Bahan Pancake

- 1 sdm gula halus

- 1/2 sdt garam

- 1 kuning telur

- 400 ml susu cair

- 1 dm mentega leleh

- pewarna hijau

Bahan Isian Pancake

- 100 gr bubuk whipped cream

- 200 ml air es

- 1 buah durian montong

- 1/4 sdt garam

- 2 sdm gula halus

Baca Juga: Resep Pancake Cokelat

Cara Membuat Pancake Durian untuk Dijual

Ada dua langkah yang harus Moms lakukan untuk membuat pancake durian yang nikmat dan laku dijual.

Membuat Pancake

Pertama, campurkan tepung terigu, gula halus, dan garam dari bahan-bahan membuat pancake yang sudah disiapkan hingga merata.

Kedua, tambahkan kuning telur, susu cair dan mentega. Lalu campur adonan hingga merata dan halus tanpa gumpalan.

Ketiga, oleskan mentega secara tipis ke wajan saat membuat pancake agar pancake tidak berminyak dan matang sempurna.

Keempat, Tuang satu sendok sayur adonan ke wajan yang datar atau menggunakan teflon dan masak menggunakan api kecil. Saat membolak balik pancake, lakukan hati-hati agar tidak sobek.

Kelima, setiap pancake yang sudah matang lapisi daun pisang agar tidak lengket.

Baca Juga: Resep Banana Pancake Praktis, Pas untuk Sarapan Si Kecil!

Membuat Isian Pancake Durian

Pertama campurkan bubuk whipped cream dengan air es lalu kocok hingga kaku dan menggumpal. Lalu tambahkan gula halus dan garam kemudian aduk hingga merata dan sisihkan.

Kedua, ambil selembar pancake yang sudah matang dan dingin lalu isi dengan adonan whipped cream yang sudah disisihkan.

Ketiga, tambahkan daging durian di atas krim dan lipat seperti amplop. Terakhir, simpan dalam kulkas dan kini pancake durian siap dipasarkan.

Tips untuk memulai usaha pancake durian ialah dengan membuat sosial media dan menjualnya di ecommerce ternama agar lebih mudah dikenal orang. Jika perlu, Moms bisa membayar selebgram-selebgram yang hobi kulineran untuk mereview pancake durian buatan Moms.

Baca Juga: Resep Pancake Lava Viral, Lumer dan Lembut!

Resep Pancake Durian Sederhana, Enak dan Lembut

4-pancakedurian.jpg

Foto: Orami Photo Stocks

Jika Moms penasaran membuat sendiri pancake durian ini di rumah, Moms tak perlu khawatir. Sebab, resep pancake durian ini sederhana dan tetap lezat seperti pancake durian asli Medan. Moms hanya perlu meluangkan waktu memasak 30 menit untuk membuat kudapan tersebut. Selain itu, bahan-bahannya pun mudah di temukan di sekitar rumah bahkan di dapur Moms. Berikut resep pancake durian sederhana yang enak dan lembut

Bahan-bahan

Ada dua bahan yang harus Moms siapkan saat membuat pancake durian nikmat ini yakni bahan kulit pancake dan bahan isian pancake. Berikut bahan-bahan yang perlu disiapkan.

Bahan-bahan Kulit Pancake

- 150 gr tepung terigu protein sedang

- 400 ml susu cair

- 15 gr gula tepung

- 1 sdm tepung sagu

- 10 tetes pewarna kuning tua atau hijau

- 1 kuning telur

- 1/2 sdt garam

- 1 sdm margarin

Bahan-bahan Isian Pancake

- 100 ml krim kental

- 1/4 sdt garam

- 700 gr daging durian

- 2 sdm gula tepung

Baca Juga: 3 Resep Pancake dengan Buah dan Sayuran untuk Sarapan Balita

Persiapan Peralatan dan Cara Membuat Pancake Durian

Setelah semua bahan-bahan untuk membuat kulit dan isian sudah disiapkan, kini saatnya mempersiapkan peralatan dan memasak pancake durian. Selamat mencoba!

Cara Membuat Kulit Pancake Durian dan Alat yang Dipersiapkan

Pertama, adapun peralatan yang harus Moms siapkan saat membuat pancake durian ialah baskom, sendok sayur, wajan anti lengket, dan piring saji. Mempersiapkan peralatan di awal memasak adalah langkah yang penting agar Moms tidak kerepotan mencari peralatan dan proses memasak pun jadi lebih cepat.

Kedua, jika peralatan sudah siap, hal pertama yang harus dilakukan ialah memecahkan telur lalu pisahkan kuning dan putih telur. Ambil bagian kuningnya saja dan aduk merata.

Ketiga, selanjutnya, masukkan mentega ke wajan dan nyalakan api kecil. Jika mentega sudah meleleh, masukkan ke dalam kuning telur lalu aduk dengan spatula hingga merata.

Keempat, campurkan adonan lainnya seperti terigu gula, susu, sagu, pewarna, dan garam lalu aduk hingga semua tercampur rata.

Kelima, tuangkan 1 sendok sayur ke wajan yang sudah dipanaskan dengan api kecil lalu ratakan adonan ke wajan dan bolak balik hingga matang. Setelah kulit pancake jadi, sisihkan dan diamkan hingga dingin.

Cara Membuat Isian Pancake Durian

Pertama, kocok krim kental dengan mixer hingga mengental merata dan tidak menggumpal. Kemudian tambahkan buah durian tanpa biji ke dalam adonan dan aduk hingga tercampur rata.

Kedua, berikutnya tambahkan garam dan campurkan dengan gula tepung hingga merata. Aduk bahan tersebut menjadi satu, lalu masukkan ke dalam wadah terpisah dan sisihkan.

Ketiga, setelah adonan isian jadi, ambil selembar kulit pancake lalu masukkan satu sendok makan isian durian lalu lipat hingga semua bagian tertutup rata. Lalu, masukkan ke kulkas dan disantap saat dingin.

Baca Juga: Resep Banana Pancake Praktis, Pas untuk Sarapan Si Kecil!

Sensasi lembut, manis, dan aroma khas durian bisa Moms cicipi dalam satu gigitan. Sederhana bukan? Nah, itulah resep pancake durian yang bisa Moms coba di rumah. Selain durian, Moms juga bisa mengganti isinya dengan buah mangga, stroberi, anggur, dan lainnya. Selamat mencoba di rumah!

Artikel Terkait