RESEP
31 Juli 2020

Resep Selai Srikaya Homemade untuk Olesan Roti

Ada resep selai srikaya biasa dan ada resep selai srikaya pandan, Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fitria Rahmadianti
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Siapa suka selai srikaya? Ternyata proses pembuatannya butuh waktu berjam-jam. Namun, resep selai srikaya homemade ini cuma butuh waktu 10 menit!

Selai srikaya tidak menggunakan buah srikaya. Rasanya manis sekaligus gurih karena mengandung gula, santan, dan telur. Karena tekstur yang kental dan rasanya yang legit (rich), selai tersebut disebut srikaya atau kaya dalam Bahasa Melayu.

Selai srikaya bisa berwarna kuning, cokelat, atau bahkan hijau. Perbedaan warna ini tergantung dari kepekatan warna kuning telur, menggunakan ekstrak pandan atau daun pandan, dan karamelisasi gula. Selai srikaya berwarna hijau biasa disebut "selai srikaya pandan" atau "pandan kaya". Aroma pandannya lebih kuat.

Selai srikaya populer di Asia Tenggara, khususnya di Malaysia, Singapura, Brunei, Filipina, Thailand, dan Indonesia (terutama di Palembang).

Olesan roti ini sangat mirip dengan hidangan tradisional Portugis bernama doce de ovos yang konon dibawa oleh orang Portugal saat menjajah Melaka di abad ke-15. Selai srikaya konon ditemukan oleh keturunan Portugis di Melaka.

Srikaya juga menjadi sebutan untuk kue berbahan sama, yakni santan, telur, dan gula. Contohnya adalah ketan srikaya dan sarikayo khas Minang. Cara mengolah dan konsistensinya saja yang berbeda.

Baca Juga: Alasan Moms Harus Makan Roti Gandum daripada Roti Putih

Resep Selai Srikaya Homemade Praktis

Proses pembuatan selai srikaya tradisional membutuhkan waktu berjam-jam dan harus diaduk terus. Namun, dengan resep selai srikaya homemade dari situs What to Cook Today ini, Moms bisa membuat selai srikaya yang tak kalah enak dalam waktu hanya 10 menit.

Bahan:

  • 200 ml santan kental (coconut cream)
  • 4 kuning telur dari telur besar, kocok

Selai Srikaya Biasa:

  • 50 gram gula pasir
  • 50 gram gula palem
  • 3 helai daun pandan, ikat

Selai Srikaya Pandan:

  • 2 sdt ekstrak pandan atau 50 ml jus pandan
  • 80 gram gula pasir
  • 20 gram gula palem

Baca Juga: Bikin Kenyang, Ini 5 Rekomendasi Roti Nogat yang Wajib Dicoba!

Cara Membuat:

  1. Masukkan santan, gula pasir dan palem, serta daun pandan atau ekstrak pandan ke panci
  2. Masak sampai gula larut dengan api sedang. Tidak perlu sampai mendidih, cukup hangat saja.
  3. Tuangkan ¼ campuran santan ke wadah berisi kuning telur, aduk rata, lalu tuangkan kembali ke panci. Aduk rata.
  4. Lanjutkan memasak selai srikaya dengan api sedang sampai kekentalan yang diinginkan tercapai, kira-kira 10 menit. Aduk sesekali. Kalau Moms menggunakan jus pandan, Moms mungkin membutuhkan waktu lebih lama.
  5. Matikan api. Buang daun pandan. Selai akan semakin mengental saat dingin.
  6. Setelah benar-benar dingin, pindahkan selai ke botol kaca dan tutup rapat. Di suhu ruang, selai srikaya tahan empat hari, sedangkan di kulkas 1-2 minggu dan di freezer selama dua bulan.

Baca Juga: Resep Crepes Stroberi untuk Si Kecil, Gampang Banget Bikinnya!

Oleskan selai srikaya ke roti panggang menjadi kaya toast atau ke roti kukus sebagai roti kukus srikaya. Nikmati saat sarapan bersama teh tarik atau kopi susu dan telur rebus. Duh, enak banget, Moms!

Yuk, buktikan sendiri kalau resep selai srikaya homemade ini praktis!

Artikel Terkait